SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Beragam Jenis Kendaraan Logistik

Apa Saja Jenis Kendaraan di Industri Logistik, Simak Informasi Detail Berikut Ini


Jenis kendaraan logistik tentu beragam dan punya fungsi berbeda dari kendaraan angkutan orang. Karena secara harfiah, kata logistik memiliki arti pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan (untuk mengganti) perlengkapan, perbekalan dan ketenagaan.


Baca juga : Pertumbuhan Bisnis Logistik Di Era Digital


Sedangkan, secara umum, logistik adalah proses perpindahan produk barang atau jasa, energi, sumber daya alam lainnya dari titik awal sampai ke titik pengguna.


Satu hal yang perlu dipahami, dalam industri logistik, komponen penting selain pengadaan persediaan, penanganan dan penyimpanan, struktur fasilitas adalah transportasi. Sebab, transportasi logistik merupakan sarana dan prasarana perhubungan untuk kelancaran distribusi logistik.


Umumnya, perusahaan penyedia jasa logistik menyediakan pilihan jenis kendaraan logistik yang beragam. Baik dalam ukuran, maupun kapasitas angkutnya.


Sehingga, pengguna jasa logistik bisa memilih kendaraan yang tepat, serta dinilai lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan bisnis, demi meraup keuntungan yang maksimal.


Secara umum, ada beberapa jenis kendaraan logistik yang disediakan oleh perusahaan jasa logistik, salah satunya truk.


Baca juga :Pentingnya Manajemen Sistem Keselamatan Dalam Bisnis Transportasi


Truk merupakan jenis kendaraan yang berguna untuk mengangkut barang dengan bentuk yang lebih besar dibanding dengan jenis-jenis mobil penumpang.


Selain itu truk juga mempunyai rata-rata tenaga yang jauh lebih besar dengan menggunakan mesin diesel dengan beraneka ukuran.


8 Jenis Truk Sebagai Kendaraan Logistik


Pick Up

Kendaraan ini adalah kendaraan sewa truk ringan yang mempunyai kabin tertutup serta bak terbuka untuk membawa barang bawaan atau kargo.


Umumnya mobil pickup ini berguna untuk kepentingan komersial serta juga berguna untuk pekerjaan yang membutuhkan antar jemput barang atau muatan tidak terlalu banyak.


Rata-rata pickup memiliki volume maksimal yaitu 1 CBM (CuBic Meter) atau 1 ton sampai maksimal 1,5 ton. Kecuali dengan pickup bak terbuka yang punya volume maksimal 6 CBM.


Truk Engkel

Selain Pickup ada juga jenis colt diesel engkel atau truk engkel. Truk ini memiliki jenis ukuran yang lebih besar namun sama-sama memiliki jumlah sumbu roda yang ada pada 2 roda depan dan 2 roda belakang.


Sementara, untuk kapasitas muatannya, Truk engkel juga terbilang lebih besar dari pada pickup. Karena mampu membawa muatan 2 hingga 5 ton.


Truk Box

Truk Box CDD (Double). Jenis truk colt diesel double ini dapat terlihat sekilas dari bentuknya. Tipe truk ini memang hampir sama dengan truk engkel.


Namun perbedaan yang paling terlihat dan terletak dari jumlah yang digunakan yang sudah menggunakan 4 Roda. 


Sementara untuk jual sumbu yang berguna masih tetap sama yakni 2 sumbu. Namun masing masing sumbu, roda belakang menopang 2 roda. Sementara jika terlihat dari ukurannya, Truk ini memiliki jumlah muatan yang lebih besar, yakni sekitar 6 ton dengan volume muatan yaitu 12 CBM.


Baca juga :Mengenal Lebih Jauh Transportasi Dan Logistik Di Indonesia


Tronton

Ada pula truk Tronton yang memiliki kapasitas muatan lebih dari 10 ton. Truk Tronton ini merupakan salah satu tipe truk yang kita sering temui di jalan.


Tidak hanya kapasitas muatannya, jika terlihat dari sumbu rodanya, jenis truk yang satu ini memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 roda bagian depan dan 2 sumbu roda bagian belakang.


Trinton

Truk ini merupakan gabungan truk tronton dan trintin. Jenis truk ini dapat memuat barang jauh yang lebih besar yang mencapai 30 Ton dan juga memiliki 4 sumbu roda.


Sumbu roda tersebut terbagi menjadi dua yaitu 2 sumbu roda depan dan 2 sumbu roda belakang. Truk ini memiliki jumlah 12 buah roda.


Trailer

Truk panjang ini sering kita temukan pada pabrik-pabrik besar yang dalam sekali pengiriman bisa mencapai 20 hingga 60 Ton. Truk ini sering kita temukan juga di daerah pelabuhan.


Memiliki jumlah sumbu roda 6 bahkan dari jumlah bannya truk trailer ini memiliki ban atau roda sebanyak 16 hingga 24 buah roda.


Baca juga :Fungsi Penting Transportasi Dalam Logistik


Truk Kontainer

Truk kontainer sendiri adalah sebuah istilah sebuah truk yang mengangkat kontainer. Keberadaan trailer sendiri juga tak dapat terpisahkan oleh container, mengapa? Pada dasarnya kontainer adalah sebuah peti kemas yang menjadi wadah untuk barang yang hendak terkirim.


Sedangkan tempat untuk mewadahi kontainer tersebut adalah trailer. Banyak sekali jenis kontainer dari jenis dan ukurannya.


Truk Wingbox

Jenis truk terakhir adalah truk wingbox. Ini adalah sebuah armada yang terbilang menjadi favorit bila dibanding dengan truk tronton. Pasalnya pada truk jenis ini, Anda bisa mempercepat proses bongkar dan muat barang. Akses bongkar muat dengan truk wingbox ini bisa melalui 3 sisi yaitu kanan kiri.


Jangan Asal Memilih Penyedia Jasa Logistik

Setelah memahami jenis-jenis angkutan yang tersedia, dan kebutuhan yang ada di perusahaan, satu hal yang perlu dicermati perusahaan pengguna jasa logistik adalah mencari perusahaan penyedia jasa logistik yang terpercaya. Bicara soal perusahaan logistik terpercaya di Indonesia, SERA Logistic atau SELOG adalah jawabannya.


Baca juga :Transportasi Dan Logistik Terbukti Memicu Pertumbuhan Perekonomian Nasional


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/

3316
Tags
SELOG