SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ini Kriteria Gudang Logistik yang Baik untuk Penyimpanan Barang

Gudang Logistik Aspek Penting Untuk Penyimpanan Barang

Dalam kegiatan logistik atau pemindahan dan distribusi barang dari tempat produksi ke pasar atau konsumen, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri, kegiatan penyimpanan barang merupakan aspek yang sangat penting dan menentukan.


Terlebih, pengiriman barang seringkali tidak bisa dilakukan dalam waktu yang tepat seperti yang diharapkan, karena berbagai alasan.


Sehingga, kegiatan penyimpanan sementara barang-barang itu wajib diperhatikan. Kegiatan penyimpan inilah membutuhkan tempat yang layak dan memenuhi standar, dan tempat seperti ini dinamakan gudang.


Dengan menyimpan barang di gudang yang tepat, bukan hanya akan menjaga kualitas barang yang bersangkutan tetapi juga menghindarkan terjadinya kerugian. Sebab, barang yang rusak dan dikirim ke pembeli, kemungkinan ditolak sangat besar.


Karena itu pula, mendapatkan gudang yang baik adalah harus dilakukan. Gudang yang baik tentu harus memenuhi standar minimal yang berlaku secara alamiah dan umum.


Baca juga : Mengenal Stevedoring, Istilah Bongkar Muat Di Pelabuhan


5 Ciri Gudang Logistik yang Baik

Punya Prosedur Tetap dan Jelas

Prosedur itu menjadi acuan dalam mengatur berbagai macam hal yang ada di dalam gudang. Wujudnya berupa aturan kerja atau sistem kerja dan tahapan pekerjaan di gudang yang bersangkutan. Baik cara kerja pekerja gudang maupun cara memperlakukan barang yang disimpan.


Kondisi Gudang Memadai

Sebagai tempat penyimpanan yang bertujuan untuk melindungi barang di dalamnya tentu keberadaan gudang haruslah memadai, artinya ruang di dalamnya luas dan mampu menampung barang dalam jumlah banyak.


Sistem Penerangan

Gudang yang baik harus memiliki sistem penerangan yang baik juga. Sehingga barang yang disimpan di dalamnya akan dengan  mudah dapat ditemukan. Selain itu, sirkulasi udara di dalam gudang juga perlu diperhatikan agar kondisinya tidak lembab, sehingga aman untuk menyimpan barang dalam kurun waktu lama.


Memiliki Area Khusus

Tempat atau ruangan khusus ini dimaksudkan untuk menyimpan barang-barang yang membutuhkan perlakuan penyimpanan secara khusus, baik dalam hal luasan tempat, suhu, maupun perlindungan seperti barang yang mudah terbakar, mudah rusak strukturnya,dan lain-lain.


Sistem Manajemen Gudang

Sistem ini penting, karena menandakan keberadaan barang yang disimpan di dalam gudang terus dipantau di dijaga kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga pemilik barang mendapatkan jaminan, barang miliknya aman.


Baca juga : Tips Memilih Perusahaan Logistik Yang Tepat


Semua ciri gudang yang baik itu bisa dengan mudah  jika Anda menggunakan jasa layanan pergudangan dari SELOG, lini bisnis PT Serasi Autoraya atau SERA. Setiap gudang SELOG telah memenuhi standar kualitas gudang yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan bisnis.


Jaringan bisnis PT Astra International Tbk ini dikenal luas sebagai salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic Indonesia (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Baca juga : Begini Pentingnya Peran Logistik Dalam Proses Distribusi


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan. Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Sehingga, selain menyediakan jasa layanan pergudangan, pengiriman, dan distribusi barang secara cepat dan tepat, juga aman.


Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


3987
Tags
SELOG