SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pengertian Warehouse, Jenis dan Fungsinya Dalam Jasa Logistik

Mengenal Fungsi dan Jenis Warehouse di Industri Logistik

Jika dicermati dalam proses konsumsi dalam kehidupan kita sehari-hari, disadari atau tidak, dan diketahui maupun tidak ternyata kegiatan warehouse (pergudangan) dan transportasi ternyata memberikan kontribusi yang sangat besar. Kelancaran dan murahnya biaya dalam dua kegiatan tersebut sangat menentukan besaran harga produk yang kita konsumsi sehari-hari.


Di sinilah, peran penting kegiatan warehouse dan transportasi terlihat dan ikut menentukan hajat hidup orang banyak. Tidak hanya itu, dalam pertumbuhan ekonomi nasional pun, keduanya memberikan peran yang cukup vital.


Warehouse dan transportasi tak ubahnya aliran darah yang membawa oksigen ke jantung pada manusia, dan jalan (baik jalan nasional hingga jalan tol merupakan urat nadinya) merupakan tiga serangkai yang menjadi kata kunci untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Dan fakta telah membuktikan hal itu.


Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, sepanjang tahun 2022 lalu, sektor pergudangan transportasi tumbuh 19,87 persen. Angka pertumbuhan tersebut merupakan yang tertinggi dibanding sektor-sektor lain.


Sementara, di tahun 2023 ini, selama Januari hingga Maret atau kuartal pertama pertumbuhan sektor pergudangan dan transportasi mencapai 15,93 persen. Lagi-lagi, angka pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi di antara sektor-sektor ekonomi yang ada.


Baca juga : Ini Kriteria Gudang Logistik Yang Baik Untuk Penyimpanan Barang


Pengertian dan Fungsi Warehouse

Lantas apa sebenarnya warehouse itu? Dan apa pula fungsinya dalam kegiatan ekonomi produktif atau bisnis? Berbagai literatur ekonomi menyatakan warehouse adalah tempat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai barang atau istilah umumnya disebut sebagai gudang.


Barang yang disimpan di tempat ini biasanya berupa bahan baku untuk produksi, bahan setengah jadi, hingga produk jadi.


Dengan fungsi sebagai tempat penyimpanan barang yang memiliki standar operasional berupa tata aturan kerja, hingga informasi jumlah barang yang tersimpang maupun yang dikeluarkan, warehouse memiliki peran penting sebagai sumber informasi data persediaan yang diperlukan perusahaan.


Dengan data tersebut, pabrikan atau perusahaan bisa mengukur tingkat kebutuhan bahan baku produk yang harus dibuatnya, stok persediaan yang masih ada, barang atau produk jadi yang didistribusikan ke pasar. Bahkan, perusahaan bisa mengetahui tingkat penyerapan produk di pasar.


Itulah peran penting warehouse dalam kegiatan produksi. Sedangkan dalam kegiatan pemasaran, perannya juga tidak jauh berbeda, karena warehouse memiliki fungsi untuk menyimpan barang hasil produksi yang belum semuanya terkirim ke distributor.


Begitu pun dalam kegiatan ekspor. Umumnya, karena mengantri jadwal pengangkutan ke negara tujuan, barang-barang yang diekspor juga disimpan di dalam gudang, meski kurun waktunya berbeda-beda.


Dari sejumlah penjelasan itu, secara umum warehouse berfungsi sebagai tempat menyimpang barang, sebagai terminal konsolidasi dan pengamanan persediaan produk, pusat distribusi, hingga sebagai tempat memilah dan memecah volume barang untuk didistribusikan. Fungsi-fungsi ini saling terkait.


Baca juga : Mengenal Stevedoring, Istilah Bongkar Muat Di Pelabuhan


Jenis Warehouse

Warehouse terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari gudang bahan baku atau raw material warehouse, working process storage atau gudang barang yang tengah diproduksi, serta gudang barang jadi atau hasil produksi.


Melihat peran penting warehouse ini, tentu bagi Anda pelaku bisnis memilih jasa pergudangan yang tepat adalah sebuah keharusan jika ingin roda bisnis berputar lancar dan mencapai keuntungan yang maksimal.


Ketepatan disini memiliki arti kegiatan pergudangan yang dilakukan benar-benar cepat, tepat, efektif, sekaligus efisien yang benar-benar mendukung kegiatan bisnis yang tengah dijalani.


Pilih Perusahaan Logistik Terpercaya

Namun, Anda yang ingin lebih praktis dan efisien dalam manajemen warehouse bisa mempercayakan proses tersebut ke perusahaan logistik terpercaya. Meski harus dicari perusahaan logistik terpercaya dengan reputasi dan kredibilitas yang diakui.


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


Baca juga : Tips Memilih Perusahaan Logistik Yang Tepat


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/

10056
Tags
SELOG