SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Hati-hati, Kenali Ciri dan Modus Penipuan Lamaran Kerja

Informasi lowongan kerja bisa jadi merupakan salah satu kabar yang cukup dinanti oleh sebagian orang, terutama lulusan baru yang sedang menanti pekerjaan pertama.


Apalagi di era digital seperti sekarang, sangat mudah mendapati info lowongan kerja yang berseliweran di jagat internet. Namun, perlu diwaspadai, karena banyak dijumpai penipuan berkedok lamaran kerja.


Mengutip dari berbagai sumber, penipuan lowongan kerja sering terjadi di Indonesia. Modusnya sangat beragam dan cukup sulit mengenalinya. Namun ada beberapa ciri yang bisa mengindikasi lowongan kerja palsu tersebut.


5 Ciri Penipuan Lamaran Kerja


Persyaratan terlalu umum dan mudah

Lowongan kerja palsu biasanya memiliki persyaratan kerja yang sangat umum dan mudah, sehingga siapa pun bisa memenuhinya. Misalnya, lowongan kerja hanya dengan syarat lulusan SMA atau sarjana dari jurusan apa pun tanpa pengalaman kerja.


Baca juga : Lowongan Kerja Paling Banyak Dicari Tahun 2023


Penawaran gaji terlalu tinggi

Gaji jadi indikator utama pencari kerja dalam mengirimkan lamaran. Sehingga pemberian gaji yang terlalu tinggi dengan jobdesk yang mudah, rasanya patut dicurigai. Karena hal itu hanya bertujuan untuk menarik perhatian pencari kerja.


Identitas perusahaan tidak jelas

Karena hanya sebuah kedok, informasi perusahaan yang memberikan lowongan kerja palsu juga pasti sulit dikenali dan tidak jelas. Informasi yang diberikan biasanya asal dan simpang siur, seperti alamat perusahaan, nomor telepon, atau website perusahaan.


Proses rekrutmen tidak standar

Lowongan kerja palsu juga biasanya memiliki proses perekrutan yang tidak standar. Misalnya, proses perekrutan yang dilakukan melalui WhatsApp atau Telegram, atau proses perekrutan yang mengharuskan Anda membayar sejumlah uang.


Meminta data pribadi

Penipuan lowongan kerja juga tak jarang meminta data pribadi yang sensitif, seperti nomor kartu kredit, PIN ATM, atau data KTP. Padahal informasi tersebut tentu belum ada kaitannya saat Anda baru melamar kerja.


Jika menemukan lowongan kerja dengan ciri-ciri di atas, sebaiknya waspada dan tidak melanjutkan proses lamaran kerja. Anda bisa mengecek kebenaran lowongan kerja tersebut dengan menghubungi perusahaan langsung atau mencari informasinya lewat website.


Baca juga : Cara Membuat Cv Biar Auto Diterima Kerja


3 Modus Penipuan Lowongan Kerja


Transfer biaya

Biasanya penipu akan meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi, biaya pelatihan, atau biaya lainnya. Setelah Anda mentransfer uang, penipu akan menghilang dan tidak bisa dihubungi lagi.


Sistem kerja online

Penipu akan menawarkan Anda pekerjaan online yang mudah dan bisa dikerjakan dari manapun tanpa harus ke kantor.


Setelah menerima pekerjaan tersebut, penipu akan meminta Anda untuk melakukan transfer sejumlah uang. Setelahnya mereka akan menghilang bak ditelan bumi.


Modus kerja di luar negeri

Modus yang terakhir dengan menawarkan Anda pekerjaan di luar negeri beserta iming-iming gaji tinggi. Biasanya, komplotan penipu akan meminta Anda untuk membayar sejumlah uang untuk biaya pengurusan visa.


Itulah beberapa ciri dan modus operandi penipuan lowongan kerja yang harus diwaspadai. Agar tidak terjebak dengan aksi kejahatan semacam ini, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari lowongan kerja.


Baca juga : Umr 2023, Daerah Mana Paling Tinggi?


Tips Mencegah Penipuan Lowongan Kerja


  • Riset perusahaan yang membuka lowongan kerja. Anda bisa mencari informasi tentang perusahaan di internet atau menghubungi perusahaan langsung.

  • Jangan mudah tergiur dengan gaji yang terlalu tinggi. Pastikan gaji yang ditawarkan sesuai dengan standar industri.

  • Tidak sembarangan memberi data pribadi yang sensitif. Jika diminta, cukup berikan data pribadi yang diperlukan selama proses lamaran kerja berlangsung.

  • Bertindaklah hati-hati. Jika ada hal yang tidak jelas tentang lowongan kerja, sebaiknya Anda tidak meneruskan proses lamaran kerja.


Dengan semakin maraknya penipuan lamaran kerja dengan modus yang beragam, sudah sewajarnya untuk lebih selektif lagi memilih lowongan. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming gaji besar.


Yang terpenting perhatikan betul perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Pastikan perusahaan tersebut sudah dikenal reputasi dan kredibilitasnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

915
Tags
SERA