SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Kapal RORO, Jenis dan Fungsinya Dalam Kegiatan Logistik

Kegiatan logistik merupakan kegiatan pemindahan barang, baik berupa barang bahan baku maupun barang jadi hasil produksi. Industri ini punya peran yang sangat penting dalam proses ekonomi produktif.


Efektifitas dan efisiensi biaya dalam proses logistik juga sangat menentukan seberapa besar pertumbuhan ekonomi yang terjadi di sebuah wilayah dan negara. Semakin efektif prosesnya, disertai dengan biaya yang efisien akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang terjadi. Begitu pula sebaliknya.


Sebab, jika proses logistik efektif dan berbiaya murah maka harga barang hasil produksi yang dihasilkan oleh industri juga menjadi lebih murah.


Jika barang-barang tersebut berharga terjangkau maka tingkat konsumsi masyarakat juga semakin meningkat. Alhasil, dengan tingginya konsumsi maka perputaran roda produksi sektor industri juga menjadi lebih cepat, dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi pun semakin tinggi.


Sementara, efektifitas dan tingkat efisiensi biaya logistik sangat ditentukan oleh sarana transportasi. Sebab, armada transportasi baik darat, laut, maupun udara merupakan bagian yang juga cukup vital dari kegiatan ekonomi. Dalam hal ini kaitannya dengan arus distribusi agar hasil produksi bisa tersebar secara merata.


Baca juga : Mengenal Jasa Logistik Dan Perbedaannya Dengan Freight Forwarding


Sementara Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan mayoritas wilayah perairan, membuat keberadaan transportasi laut khususnya kapal menjadi titik krusial dalam proses logistik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kapal yang efektif dan efisien dalam proses tersebut.


Apa itu Kapal Roro

Salah satu jenis kapal yang memenuhi kriteria itu adalah kapal jenis RORO atau kapal Roll-on/Roll-off.  Sebab di kapal ini kendaraan pengangkut barang-barang yakni truk kecil hingga besar bisa Roll On (masuk) dan Roll Off (keluar) dengan otomotif yang digerakkan oleh mesin tanpa perlu ditarik ke kapal menggunakan crane atau alat penarik lainnya seperti di kapal-kapal jenis lain.


Terlebih, pada kapal RORO ini juga dilengkapi jalan khusus untuk penumpang. Alhasil, para penumpang tidak akan terganggu oleh proses masuk dan keluarnya truk-truk yang diangkut oleh kapal roro ini.


Fungsi Kapal Roro

Selain itu, kapal RORO juga dilengkapi akomodasi untuk pengangkutan penumpang. Hal ini mengadopsi kapal Landing Craft Tank (LCT) atau kapal militer pengangkut kendaraan tempur tank. Kendaraan itu diangkut langsung masuk dan keluar kapal menggunakan penggerak khusus.


Di Indonesia, kapal RORO juga digunakan sebagai moda transportasi di jalur angkutan sungai, danau, dan penyeberangan selat. Namun, yang terbanyak digunakan sebagai sarana transportasi penyeberangan selat dan pelayaran di perairan pesisir.


Baca juga : Pengertian Warehouse, Jenis Dan Fungsinya Dalam Jasa Logistik


Itulah gambaran betapa pentingnya kapal RORO dalam menunjang efektivitas proses pengangkutan kendaraan pembawa barang dari satu pulau ke pulau. Begitu pula dengan efisiensi waktu proses pengangkutan maupun biaya logistik.


Pemahaman ini sangat penting dilakukan karena begitu pentingnya peran sektor logistik. Namun, efektifitas dan efisiensi logistik tidak hanya ditentukan oleh jenis kapal yang digunakan semata, tetapi juga bagaimana kemudahan, kelancaran, dan kecepatan layanan dan pengurusannya.


Pilih Perusahaan Logistik dengan Reputasi Baik

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan perusahaan jasa logistik, memastikan kredibilitas dan reputasi perusahaan logistik yang akan digunakan wajib dilakukan.


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


Baca juga : Ini Kriteria Gudang Logistik Yang Baik Untuk Penyimpanan Barang


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


615
Tags
SELOG