SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Menghilangkan Stress saat Bekerja di Kantor

Stress di tempat kerja kerap jadi masalah umum yang dapat mempengaruhi produktivitas, kesejahteraan, hingga kesehatan mental. Sebab, selama kurang-lebih 8 jam bekerja di kantor, karyawan seringkali menghadapi tekanan yang membuatnya merasa cemas dan perasaan tidak nyaman.


Meski begitu, sebagai kalangan profesional, Anda juga harus mampu mengelola stress agar tidak mengganggu kinerja . Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa tetap tenang dan efektif dalam menghadapi setiap tekanan dan beban kerja yang datang.


7 Cara Menghilangkan Stress saat Kerja


Kelola Waktu dengan Bijak

Salah satu penyebab stres di kantor adalah tekanan deadline dan tumpukan pekerjaan yang tak kunjung selesai. Untuk mengatasinya, buat manajemen waktu secara bijak.


Atur jadwal kerja harian yang terstruktur dan prioritaskan tugas-tugas paling penting. Gunakan teknik manajemen waktu seperti Pomodoro atau metode Eisenhower untuk membantu Anda tetap fokus dan efisien.


Baca juga : Beberapa Mitos di Dunia Kerja yang Sering Terdengar


Istirahat Sejenak

Seringkali, bekerja terus-menerus tanpa istirahat dapat menyebabkan stres dan kelelahan. Cobalah untuk mengambil istirahat singkat setiap beberapa jam untuk menyegarkan otak dan tubuh. Berjalan-jalan sebentar, minum segelas air, atau melakukan latihan pernapasan sederhana dapat membantu meredakan ketegangan.


Ngobrol dengan Rekan Kerja

Jangan ragu untuk ngobrol dengan rekan kerja Anda tentang perasaan stres yang dialami. Terkadang, berbagi pengalaman dengan orang terdekat, dapat memberi dukungan emosional bahkan solusi untuk masalah yang dihadapi.


Selain itu, membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang jauh lebih sehat dan produktif.


Buat Batasan dalam Pekerjaan

Jangan biarkan pekerjaan mengambil alih hidup Anda sepenuhnya. Tetapkan batasan dalam pekerjaan Anda, terutama ketika bekerja dari rumah atau harus bekerja lembur.


Sebisa mungkin hindari membawa pekerjaan ke rumah dan berikan diri Anda waktu luang, untuk sekedar bersantai, melakukan hobi atau kegiatan-kegiatan apapun yang Anda sukai.


Berlatih Teknik Relaksasi

Berbagai teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres. Cobalah untuk menerapkan beberapa teknik itu dalam rutinitas harian Anda. Bahkan, Anda bisa meluangkan beberapa menit setiap pagi atau sore untuk relaksasi dan meredakan stres.


Minta Bantuan

Jika stres di tempat kerja Anda menjadi terlalu berat, jangan ragu untuk mencari dukungan dari pihak manajemen atau departemen sumber daya manusia.


Perusahaan biasanya memfasilitasi hal ini untuk membantu Anda menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan beban kerja, hubungan dengan rekan kerja, atau faktor lain yang dapat memicu stres.


Baca juga : Hati-Hati, Kenali Ciri Dan Modus Penipuan Lamaran Kerja


Jaga Keseimbangan Hidup

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sangat penting untuk menghindari stres yang berlebihan. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk bersantai, berolahraga, berkumpul dengan keluarga dan teman, serta melakukan hal-hal yang Anda sukai di luar pekerjaan.


Dalam menghadapi stres saat bekerja di kantor, yang paling penting adalah mengenali tanda-tanda stres dan mencari cara untuk mengatasinya. Setiap individu mungkin memiliki cara dan metode berbeda untuk mengurangi stres, jadi penting untuk mengeksplorasi apa yang paling cocok untuk Anda.


Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat menciptakan suasana kerja yang lebih seimbang dan menyenangkan, sehingga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas hidup yang Anda miliki.


Itulah beberapa cara menghilangkan stress saat kerja yang bisa coba Anda terapkan. Selain kemampuan soft skill penting juga menguasai keahlian yang berkaitan dengan tujuan karir Anda. Jangan patah semangat untuk terus mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


470
Tags
SERA