SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Dampak Langsung Pembangunan Infrastruktur pada Bisnis Logistik

Infrastruktur Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sebuah pernyataan yang menyebut infrastruktur adalah urat nadi yang menentukan kemajuan ekonomi, bukanlah omong kosong belaka. Sebab, kehadiran jalan tol, pelabuhan, bandara, hingga jalur kereta api sangat menunjang kemajuan ekonomi sebuah bangsa.


Jika ekonomi negara maju, maka kemajuan sosial masyarakat pun akan terjadi. Fakta ini telah terjadi di berbagai negara di dunia. Termasuk di Indonesia, seperti yang dinyatakan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, beberapa waktu lalu.


Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu menegaskan ada kaitan yang erat antara jalan tol dengan tingkat kemajuan ekonomi nasional.


Sebab, jalan tol yang berfungsi sebagai jalan bebas hambatan bukan hanya berperan penting dalam kelancaran arus mobilitas orang saja, tetapi juga pengiriman barang.


Semakin lancar arus pengiriman barang, maka semakin lancar juga pergerakan roda bisnis perusahaan-perusahaan yang ada di sebuah negara. Jika bisnis berlangsung secara efektif dan efisien, maka akan menopang pertumbuhan ekonomi lebih maksimal.


“Apalagi, saat ini yang kita lihat, jalan tol juga sangat mendukung akses menuju bandar udara, pelabuhan, maupun ke sentra-sentra pertumbuhan ekonomi seperti industri dan area pemukiman masyarakat,” papar Danang.


Baca juga : Pengertian Dan Keunggulan Contract Logistic


Semua titik-titik yang dihubungkan oleh jalan tol tersebut  merupakan sarana vital bagi kegiatan logistik. Sehingga, jadi bukti nyata bahwa keberadaan infrastruktur sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan logistik yang merupakan kegiatan pengelolaan (penyimpanan dan pemeliharaan) barang, sekaligus pendistribusiannya.


Peran Penting Infrastruktur Transportasi dalam Industri Logistik

Pernyataan serupa diungkap Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi. Dia menyebut dalam praktik rantai pasok (supply chain) infrastruktur transportasi hingga telekomunikasi memegang peran vital dalam mewujudkan berjalannya proses supply dan demand di proses produksi maupun distribusi barang.


“Keberadaan jalan (terutama jalan tol) jalur kereta api, bandar udara, serta pelabuhan merupakan hal yang sangat vital dalam proses itu,” kata dia.


Dengan kata lain infrastruktur sangat menentukan kelangsungan bisnis logistik maupun perusahaan pengguna jasa logistik. Semakin bagus dan lengkap infrastruktur maka bisnis juga akan semakin efektif dan efisien.


Begitupun sebaliknya. Meski, bagi perusahaan pengguna jasa logistik juga harus diperhatikan bahwa keuntungan tidak akan maksimal jika perusahaan jasa logistik yang menjadi mitra tidak profesional.


Baca juga : Pahami Ini Saat Menggunakan Shipping Agency


Untuk menjaga efektifitas dan efisiensi dalam proses logistik bisa mempercayakan proses tersebut ke perusahaan logistik terpercaya dengan reputasi dan kredibilitas yang telah diakui.


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Dengan pengalaman 35 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


616
Tags
SELOG SERA