SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

5 Fitur Mobil yang Bikin Nyaman Pengendara

Walau saat ini ada banyak pilihan moda transportasi, mobil masih menjadi salah satu alat yang favorit. Khususnya bagi masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi dalam kesehariannya.


Di tengah berbagai kesibukan dan kondisi jalan yang padat, mobil tidak hanya dituntut handal sebagai moda transportasi, tapi juga nyaman menghadapi berbagai tantangan di jalan raya.


Tak heran bila mobil-mobil keluaran terkini sudah dilengkapi banyak fitur, baik untuk keselamatan maupun kenyamanan. Khusus untuk fitur kenyamanan, setidaknya ada 5 fitur yang memudahkan atau memanjakan pengemudi dalam berkendara. Berikut diantaranya.


Cruise Control

Ketika mengemudi untuk menempuh perjalanan jauh dengan jarak tempuh ratusan kilometer, terkadang kaki terasa lelah karena harus menginjak atau menahan pedal gas terus menerus.


Untuk mengurangi rasa lelah pada kaki kanan, fitur Cruise Control memberi kenyamanan karena memungkinkan mobil tetap melaju pada kecepatan stabil tanpa harus menginjak pedal gas. Beberapa pabrikan menyebutnya dengan speed control atau autocruise.


Baca juga : Mobil Masuk Bengkel? Rental Mobil Bisa Jadi Solusi


Fitur ini tergolong mudah digunakan. Kemudikan mobil pada kecepatan yang diinginkan – misalnya 60 km/jam – lalu tekan tombol cruise control dan mobil dengan sendirinya akan mempertahankan kecepatan tersebut.


Namun pada beberapa merek dan tipe mobil terdapat batas kecepatan Cruise Control minimal 40 km/jam, jadi saat mobil berada di bawah kecepatan tersebut, fitur ini tidak bisa aktif.


Wireless Electric Vehicle Charging Station (WEVCS)

Kehidupan masyarakat modern tidak bisa lepas dari perangkat ponsel atau smartphone. Beberapa tipe ponsel telah dilengkapi fitur wireless charging, khususnya pada smartphone flagship atau premium. Pabrikan mobil pun menghadirkan fitur Wireless Electric Vehicle Charging Station (WEVCS).


Dulu, fitur ini hanya ada pada mobil-mobil mewah seharga Rp. 500 juta hingga Rp. 1 miliar ke atas. Namun kini, fitur ini kian marak dijumpai pada mobil-mobil umum seperti Toyota Avanza, Hyundai Stargazer, Mitsubishi Xpander dan lainnya dengan harga di bawah Rp. 300 jutaan.


Fitur ini tentu sangat berguna dan memberi kenyamanan ketika dalam perjalanan kehabisan baterai ponsel. Selain itu, fitur ini juga praktis karena tidak perlu repot menyediakan tipe kabel yang sesuai dengan jenis ponsel.


Sistem Navigasi

Fitur navigasi biasanya terintegrasi dengan head unit mobil. Tentu saja navigasi juga terdapat pada ponsel, tapi sistem navigasi mobil lebih unggul dari segi tampilan karena menggunakan ukuran layar yang jauh lebih besar sehingga lebih mudah saat membaca peta.


Baca juga : Deretan Mobil Mewah Yang Bisa Disewa Di TRAC


Karena terintegrasi dengan head unit, pengemudi pun tidak perlu repot memasang holder seperti bila menggunakan ponsel. Yang terpenting juga, tidak perlu khawatir kehabisan baterai seperti pada ponsel.


Sistem navigasi pada mobil umumnya menggunakan satelit GPS dan koneksi internet. Tidak hanya arah jalan, beberapa navigasi seperti Google Maps juga bisa memberi informasi kondisi jalan. Apakah jalan yang dilalui sedang macet parah atau lancar.


Terdapat juga informasi lain seperti ada perbaikan jalan atau kecelakaan yang membuat perjalanan terhambat. Fitur ini akan berguna untuk pengemudi agar hemat waktu dan bisa mencari jalan alternatif.


Keyless Entry

Dulu teknologi remote control pada kunci mobil sudah dianggap sangat canggih karena bisa membuka kunci mobil walau dari jarak jauh.


Meskipun lebih memudahkan dibanding anak kunci biasa, tetapi ternyata tetap masih merepotkan ketika sedang membawa banyak barang karena harus merogoh remote control dari saku atau tas.


Kemudian hadir teknologi Keyless Entry yang lebih praktis karena hanya dengan mengantongi atau mendekatkan remote ke mobil, maka sudah bisa membuka dan menutup pintu.


Kini fitur Keyless Entry sudah banyak digunakan berbagai mobil dari semua kelas, mulai dari city car hingga mobil mewah.


Baca juga : Jangan Mudah Tergiur, Kenali Modus Penipuan Rental Mobil Di Musim Liburan


Kamera dan Sensor Parkir

Memarkir mobil termasuk salah satu hal paling sulit untuk dipelajari dan dilakukan. Terutama jika area parkirnya kurang mendukung, seperti tempat yang sempit atau terdapat tembok maupun pilar.


Untuk memudahkan pengemudi dalam memarkir mobil, kini hampir setiap mobil yang dijual sudah menggunakan sensor parkir untuk tanda peringatan bahwa jarak mobil terlalu dekat dengan objek lain.


Pada beberapa mobil, sensor tersebut bahkan dilengkapi juga dengan kamera parkir/mundur. Bahkan saat ini semakin canggih dengan penggunaan teknologi kamera 360 derajat.


Kamera parkir 360 derajat dilengkapi dengan 4 kamera di depan, belakang, dan samping kanan-kiri. Melalui head unit, pengemudi bisa memastikan apakah jarak di sekitar mobil sudah aman atau belum.


Lebih Nyaman Rental Mobil Harian di TRAC

Itulah 5 fitur mobil yang dirancang untuk memberi kemudahan dan kenyamanan saat berkendara. Nah, biar lebih nyaman lagi, kamu bisa rental mobil untuk menunjang mobilitas setiap hari.


Selain lebih leluasa pilih jenis mobil sesuai kebutuhan, kamu juga nggak perlu pusing dengan urusan perawatan rutin mobil.


Tapi jangan sembarangan pilih layanan rental mobil, pastikan dulu reputasi dan kredibilitasnya baik, seperti TRAC. Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal.


TRAC punya layanan rental mobil harian lepas kunci atau dengan pengemudi. Pilihan mobil yang tersedia beragam, terawat dan pastinya siap pakai. Buat aktivitas harian, kamu bisa pilih mobil irit BBM seperti Agya, Ayla, Avanza hingga Innova.


Untuk kemudahan transaksi, kamu bisa pesan langsung di halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan juga App Store.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC, mulai dari sewa bus pariwisata, sewa mobil bulanan, airport transfer hingga sewa motor perusahaan, kamu bisa mengunjungi situs resmi TRAC www.trac.astra.co.id


488
Tags
TRAC