SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

7 Mobil Paling Irit yang Cocok buat Mudik

Bulan Maret ini umat Muslim akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Khusus di Indonesia, Ramadhan sangat erat kaitannya dengan Hari Raya Idul Fitri dan kebiasaan mudik ke kampung halaman.


Meski ada banyak moda transportasi yang bisa dipilih saat melakukan perjalanan mudik, salah satunya adalah dengan menggunakan mobil. Tapi pada kenyataannya, banyak pemudik yang memilih mobil karena dianggap lebih irit dan fungsional dibanding moda transportasi lain.


Urusan penghematan memang menjadi sangat penting karena saat mudik, biaya yang harus diperhitungkan bukan saja transportasi (bensin dan tol) tapi juga berbagai biaya lain seperti berbagi “THR” dengan keluarga di kampung dan biaya-biaya lain.


Tentu saja tidak semua mobil bisa dikategorikan irit. Itu sebabnya sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya rencanakan mobil apa yang akan digunakan. Untuk memudahkan konsumen dalam memilih, berikut ini adalah beberapa mobil yang sudah terbukti memiliki reputasi sebagai mobil yang irit bahan bakar.


Baca juga : 5 Fitur Mobil Yang Bikin Nyaman Pengendara


Daftar Mobil Paling Irit BBM


Suzuki Ignis

Mobil ini menjadi salah satu city car dengan konsumsi BBM irit, yakni konsumsinya bisa mencapai 23 km/liter. Iritnya mobil ini tidak lepas dari mesin 1.2 Liter dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan 4 percepatan Automatic Gear Shift. Mobil ini sudah meluncur sejak tahun 2020.


Honda Brio

Honda Brio adalah city car bermesin 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga 88 hp dan torsi 110 Nm. Mirip teknologi VVT-i, teknologi i-VTEC pada Honda Brio memungkinkan efisiensi bahan bakar sehingga bisa mendapat konsumsi BBM yang lebih irit.


Pada rute kombinasi, hatchback ini mampu mencapai konsumsi bensin 17 km/liter. Sedangkan di rute bebas hambatan bisa mencapai 22 km/liter.


Daihatsu Ayla/Toyota Agya

Daihatsu Ayla merupakan mobil LCGC dengan kapasitas mesin 1.200 cc yang hadir dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Untuk konsumsi bahan bakarnya, Daihatsu Ayla mampu  mencapai 20 km/liter hingga 26 km/liter tergantung kondisi lalu lintas.


Toyota Agya yang merupakan saudara kembar Daihatsu Ayla juga mengandalkan mesin 1.200 cc yang sama. Wajar bila secara rata-rata Agya memiliki konsumsi BBM kurang lebih sama dengan Ayla.


Baca juga : Mobil Masuk Bengkel? Rental Mobil Bisa Jadi Solusi


Daihatsu Sigra/Toyota Calya

Daihatsu Sigra masuk dalam kategori mobil LCGC. Memiliki mesin 1200cc, mobil ini juga hemat BBM. Apalagi jika dibawa ke luar kota karena hanya mengonsumsi BBM 17 km/liter hingga 21 km/liter.


Satu kelebihan Sigra dibandingkan Ayla adalah mampu mengangkut 7 penumpang (7-seater). Toyota Calya yang merupakan saudara kembar Daihatsu Sigra juga merupakan MPV mini 7-seater. Konsumsi bensinnya pun kurang lebih setara dengan Sigra.


Daihatsu Xenia/Toyota Avanza

Bila mobil-mobil di atas masuk dalam kategori LCGC, Daihatsu Xenia jelas tidak masuk ke dalam kelas LCGC, melainkan kategori low MPV. Mobil ini juga irit dalam hal konsumsi BBM, yaitu antara 14 km/liter hingga 18 km/liter untuk rute dalam dan luar kota.


Sama seperti Xenia, Toyota Avanza juga masuk dalam kategori low MPV dengan kapasitas 7-seater. Tidak perlu khawatir soal konsumsi BBM nya karena mobil ini punya catatan kurang lebih sama dengan Xenia.


Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan salah satu low MPV pesaing Toyota Avanza. Produk andalan Suzuki ini mengusung mesin 1.462 cc yang menghasilkan tenaga 103 hp. Untuk masalah konsumsi bahan bakar, bukan rahasia lagi jika Ertiga dikenal sangat irit BBM di segmen 7-seater. Mobil ini bisa mencatat konsumsi bensin 14,5 km/liter hingga 18,6 km/liter tergantung rute jalan.


Baca juga : Deretan Mobil Mewah Yang Bisa Disewa Di TRAC


Toyota Innova Zenix

Toyota Innova Zenix merupakan salah satu varian dari keluarga Toyota Innova dan tersedia dalam pilihan mesin hybrid. Teknologi ini menjadi faktor kunci hematnya BBM Innova Zenix.


Konsumsi bensinnya berkisar antara 14 km/liter di dalam kota hingga 21 km/liter di rute luar kota. Untuk sebuah mobil dengan postur besar, angka konsumsi bensin tersebut sangat irit.


Itulah beberapa mobil yang terbukti memiliki konsumsi bahan bakar irit. Kalau mau lebih hemat lagi, buat mudik lebaran nanti kamu bisa rental mobil biar nggak perlu repot lagi harus perawatan dan service mobil sebelum berangkat.


Tapi jangan sembarangan pilih layanan rental mobil, pastikan dulu reputasi dan kredibilitasnya baik, seperti TRAC. Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal.


TRAC punya layanan rental mobil harian lepas kunci atau dengan pengemudi. Pilihan mobil yang tersedia beragam, terawat dan pastinya siap pakai. Buat aktivitas harian, kamu bisa pilih mobil irit BBM seperti Agya, Ayla, Avanza hingga Innova. Pilihan mobil selengkapnya cek disini.


Baca juga : Jangan Mudah Tergiur, Kenali Modus Penipuan Rental Mobil Di Musim Liburan


Untuk kemudahan transaksi, kamu bisa pesan langsung di halaman reservasi di website TRAC. Atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan juga Appstore.


Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC, mulai dari sewa bus pariwisata, sewa mobil bulanan, airport transfer hingga sewa motor perusahaan, kamu bisa mengunjungi situs resmi TRAC www.trac.astra.co.id


923
Tags
TRAC