SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Fitur MAP IBID, Cara Mudah Cek Harga Mobil Bekas

Banyak orang yang merasa bingung saat akan menjual mobilnya, terutama soal harga jual yang pas. Di lain sisi, tidak sedikit juga calon pembeli mobil bekas yang kurang paham pasaran harga mobil incarannya.


Hal ini wajar karena mobil bekas memang punya begitu banyak variabel yang menentukan harga jualnya. Mulai dari merek, varian, tipe, warna, transmisi, kondisi, tahun dan lainnya. Bagi orang awam, tentu akan muncul pertanyaan tentang berapa harga yang masuk akal dan wajar untuk mobil bekas?


Tapi hal itu tidak akan jadi masalah kalau beli mobil bekas di balai lelang IBID karena ada fitur MAP (Market Auction Price). Fitur ini berfungsi sebagai peta bagi para penitip dan penawar untuk mengetahui harga pasar mobil sepanjang waktu.


Dengan fitur ini masyarakat umum bisa dengan mudah mengecek harga kendaraan yang ingin dijual atau dibeli. Lalu, bagaimana menggunakannya? Berikut penjelasannya.


Baca juga : Menang Lelang Mobil Berkali-kali Pakai NPL Unlimited


Apa itu Fitur MAP? 

MAP merupakan fitur yang menyediakan informasi harga pasar mobil lelang terlengkap di Indonesia. Harga pasar ini termasuk harga jual maupun harga beli mobil bekas.


Ribuan data statistik harga pasar mobil dari berbagai macam merek dan jenis ini diakumulasi berdasarkan riset pasar 6 bulan terakhir. Pengguna yang telah terdaftar dapat menjelajahi harga pasar mobil dengan memasukkan detail kendaraan yang diinginkan.


Selain itu, fitur MAP juga terintegrasi dengan sistem inspeksi kendaraan Astra Car Valuation (ACV) yang dilakukan sebelum lelang mobil berlangsung. Sehingga harga yang muncul pada fitur MAP disesuaikan dengan grade hasil inspeksi komponen dan dokumen mobil.


Dengan fitur ini, kamu jadi lebih mudah menciptakan strategi untuk menentukan harga dasar maupun mengetahui kisaran harga beli mobil untuk melakukan penawaran lewat lelang.


Baca juga : Selain Barang Pribadi, Perlengkapan Kantor Juga Bisa Titip Jual Di IBID


Cara Menggunakan Fitur MAP

Fitur MAP bisa diakses melalui situs web atau aplikasi MAP yang bisa di download di Google Play Store. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, lakukan pendaftaran akun dengan mengisi nama, alamat email, dan kata sandi. Lalu buka email untuk verifikasi data. Setelah berhasil terdaftar, login kembali untuk mengakses fitur MAP.


Untuk mencari harga pasar mobil bekas di lelang IBID, masukkan detail kendaraan yang diinginkan di kolom pencarian. Lengkapi data kondisi eksterior, interior, mesin, dan rangka kendaraan. Selanjutnya klik ‘Cek Harga’ dan estimasi harga kendaraan pun akan muncul.


Widget untuk Memantau Harga

Pengguna juga bisa membuat widget berisi diagram harga pasar mobil bekas yang dapat dipantau setiap waktu di MAP. Fitur ini sangat berguna bagi penitip maupun penawar yang rutin mengikuti lelang.


Caranya, pertama pilih tab Insights. Lalu ketuk Tambah Widget dan atur nama widget, misalnya ‘AVANZA’. Selanjutnya tentukan model diagram yang ingin digunakan dan tetapkan metrik data yang ingin ditampilkan, seperti harga tertinggi, harga terendah, atau harga rata-rata.


Kemudian masukkan periode lelang. Isi detail filter yang dibutuhkan, seperti merek, seri, tipe, silinder, tahun, transmisi, periode data, lokasi lelang, dan grade. Setelah data terisi, klik ‘Simpan Perubahan’. Fitur widget pun akan tampil sesuai pengaturan.


Baca juga : Ikut Lelang Mobil Bekas Di Ibid Nggak Perlu Was-Was Pakai ACV


Itulah beberapa informasi tentang fitur MAP yang memberi cara mudah melakukan pengecekan harga mobil bekas di balai lelang IBID.


Buat kamu yang ingin jual mobil bekas lewat lelang, IBID - Balai Lelang Serasi siap memberikan rekomendasi harga jual terbaik berdasarkan proses inspeksi yang dilakukan oleh para inspektor ahli dari Astra Car Valuation (ACV).


IBID TIDAK HANYA LELANG MOBIL BEKAS

Tak hanya lelang mobil, IBID juga mengadakan lelang untuk berbagai produk lain. Untuk produk peralatan kantor yang dijual secara lelang melalui IBID di antaranya adalah komputer, laptop, printer, kursi, hingga meja kantor.


Jadi buat kamu yang ingin jual peralatan kantor dalam jumlah besar dalam satu waktu, Ielang bisa jadi cara yang tepat dan mudah.


Barang-barang sisa produksi atau yang dikenal dengan istilah scrap juga bisa dijual melalui lelang. Seperti peti kemas, besi-besi sisa produksi, bahan-bahan mentah sisa produksi, atau alat-alat produksi yang sudah tidak terpakai.


Baca juga : Selain Mobil Bekas, Ini Sederet Barang Yang Bisa Titip Jual di IBID


Serta jenis barang non otomotif lainnya berupa gadget dan aksesoris/barang koleksi. Gadget tidak hanya terbatas pada ponsel dan tablet, tapi juga termasuk PC, game console, drone, dan berbagai gadget lainnya.


Sedangkan aksesoris dan barang koleksi mencakup barang-barang dengan nilai jual yang tinggi seperti alat musik, lukisan, mainan, tas, dan barang-barang impor yang tidak dijual di Indonesia.


Kamu bisa terus ikuti perkembangan barang-barang lelang yang tersedia di IBID melalui instagram @ibid_balailelangserasi, website https://www.ibid.astra.co.id/ atau juga bisa langsung men-download aplikasi IBID di Google Play Store dan Apple App Store.


418
Tags
IBID