SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Perbedaan Warehouse dan Logistik yang Mesti Dipahami

Sampai saat ini masyarakat, bahkan sebagian pelaku usaha masih belum memahami secara benar perbedaan antara warehouse dan logistik. Banyak yang beranggapan warehouse adalah pergudangan yang merupakan bagian dari serangkaian kegiatan dalam bisnis logistik.


Padahal, baik warehouse maupun logistik  jelas punya kegiatan dan fungsi yang berbeda. Sehingga, dampak terhadap kegiatan bisnis juga berbeda.


Definisi Warehouse dan Logistik

Sejumlah literatur ekonomi menyebut warehouse adalah bangunan atau gudang yang bersifat komersial untuk menyimpan barang baik mentah maupun jadi. Sehingga barang-barang tersebut aman dan siap setiap saat diambil untuk proses produksi.


Umumnya, perusahaan warehouse atau penyedia jasa pergudangan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari proses pembongkaran, penerimaan, pengecekan, serta penyimpanan barang. Bahkan menindaklanjuti jika terdapat keluhan.


Sementara logistik merupakan rangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan hingga pengawasan perpindahan produk dari tempat produksi hingga ke lokasi konsumen atau pengguna.


Baca juga : Dampak Langsung Pembangunan Infrastruktur Pada Bisnis Logistik


Artinya, kegiatan logistik jauh lebih luas ketimbang warehouse karena mulai dari perencanaan pemindahan barang atau transportasi, penyimpanan atau pergudangan, hingga pengiriman barang ke konsumen di titik akhir.


Perusahaan logistik menggunakan pergudangan hanya untuk menyimpan sementara produk. Barang yang disimpan di gudang merupakan barang milik perusahaan lain yang menggunakan jasa layanan mereka untuk kemudahan distribusi ke pelanggan dari satu alamat ke alamat lainnya.


Dengan kata lain, warehouse merupakan bagian dari kegiatan logistik. Warehouse merupakan salah satu mata rantai dari kegiatan logistik yang kegiatan dengan fungsi penyimpanan barang.


Meski begitu, baik logistik maupun warehouse mempunyai fungsi penting bagi kegiatan produksi barang maupun distribusinya hingga sampai ke konsumen.


Keuntungan Menggunakan Layanan Logistik

Dengan menggunakan jasa logistik, perusahaan akan lebih efisien dan efektif dalam pengiriman barang. Perusahaan hanya cukup menyerahkan kegiatan mulai dari pemindahan barang dari pusat produksi ke gudang, pengawasan penyimpanan barang, hingga distribusi barang dari gudang ke titik tujuan akhir.


Baca juga : Pengertian Dan Keunggulan Contract Logistic


Kemudian dengan menyerahkan ke satu perusahaan logistik, maka pengelolaan waktu dan anggaran juga jadi lebih efisien. Meski, juga harus dilihat dari kebutuhan perusahaan apakah hanya sekadar membutuhkan tempat penyimpanan barang saja, atau sekaligus mendistribusikannya ke pelanggan.


Jika kebutuhan hanya untuk penyimpanan barang, maka warehouse adalah tempat yang tepat untuk dipilih. Sebab, dengan pemilihan itu maka efisiensi penggunaan anggaran bisa dihemat.


Namun, demikian untuk mendapatkan tingkat efisiensi dan efektifitas pengelolaan, penyimpangan, hingga pengiriman barang secara maksimal, perlu dilihat perusahaan logistik yang dipilih.


Umumnya, perusahaan logistik yang efektif dan efisien adalah perusahaan yang memiliki konsep layanan terpadu alias one stop service.


Pengalaman dan jaringan, baik sarana transportasi, gudang, kantor cabang, hingga pemilikan teknologi pemantauan proses pengiriman barang juga sangat menentukan tingkat efisiensi dan efektifitas proses logistik tersebut.


Baca juga : Pahami Ini Saat Menggunakan Shipping Agency


Selain itu, reputasinya sebagai perusahaan logistik yang terpercaya dan dikenal luas juga harus diperhatikan. Salah satunya SELOG perusahaan logistik yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA dan bagian dari PT Astra International Tbk.


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Contract Logistics

Merupakan jasa logistik terintegrasi dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring sehingga pelanggan bisa fokus pada kompetensi inti dan peningkatan keuntungan bisnis.


Shipping Services

Jasa pengiriman dan distribusi kargo di dalam negeri dengan moda transportasi laut berkualitas yang mengutamakan pada pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat, dan muatan lainnya.


Shipping Agency

 Jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan S5 Agency World sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.


Freight Forwarding

Merupakan jasa pengiriman alat berat atau kargo lainnya menggunakan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.


Baca juga : NLE Masih Jadi Fokus Pemerintah Untuk Pertumbuhan Logistik Di 2024


Warehouse and Yard Management

 Jasa pengelolaan dan penyimpanan barang untuk kebutuhan supply chain menggunakan Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai.


WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang secara real time. Tersedia juga layanan tambahan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang tiba dengan aman tanpa kerusakan apa pun.


Courier Services

 Jasa kurir ekspres untuk mengirimkan paket dengan kendaraan yang sesuai kebutuhan. Jasa ini terbagi dalam layanan standar (same day, next day, dan regular service).


Serta layanan solusi bagi yang membutuhkan layanan khusus VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau paket/barang berat yang terlalu besar bila dikirimkan dengan layanan kargo biasa.


Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


631
Tags
SELOG