SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ciri Rekan Kerja yang Baik, Sudah Ketemu Orangnya?

Mulai dari Diri Sendiri 

Banyak orang mengeluh tentang sifat atau karakter rekan kerjanya di kantor yang dinilai buruk. Mulai dari keluhan tentang teman yang sulit bekerjasama, egois, nggak disiplin dan lainnya. Kamu pasti juga pernah mengeluh tentang teman kerja bukan?


Terlepas dari berbagai kekurangan yang dimiliki rekan kerja, menurutmu apakah kamu sendiri sudah memiliki ciri-ciri dan karakter sebagai rekan kerja yang baik? Ingat ya, karyawan yang baik nggak hanya bisa menyelesaikan tugas dari atasan, tapi juga menjadi teman yang baik di kantor.


Kalau selama ini kamu belum pernah mengevaluasi diri, mulailah dari sekarang. Mengetahui apakah diri sendiri sudah menjadi rekan kerja yang baik ternyata sangat penting karena merupakan salah satu faktor yang memengaruhi produktivitas di tempat kerja.


Nah berikut ini adalah sejumlah sifat atau karakter positif seorang karyawan sekaligus teman kerja. Cocokkan mana yang ada pada dirimu dan mana yang masih menjadi kekuranganmu.


Baca juga: Mengenal Tipe Dan Karakter Karyawan Di Tempat Kerja


Bisa Diandalkan

Rekan kerja yang baik harus bisa diandalkan dan menjadi salah satu penentu utama apakah seseorang merupakan rekan kerja yang baik atau tidak. Teman-teman di kantor harus dapat mengandalkanmu dalam menyelesaikan tugas.


Nggak cuma itu, kamu juga harus bisa jadi orang yang bertanggung jawab, termasuk bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi saat bekerja.


Sikap Positif

Bersikap positif bukan sekadar murah senyum dan dapat diajak kerja sama. Lebih dari itu adalah memiliki pandangan optimis karena sangat dibutuhkan di tempat kerja.


Optimisme jadi penyokong yang ampuh bagi rekan lainnya, khususnya di saat-saat yang sulit. Untuk bisa selalu positif, kamu harus bisa melatih kecerdasan dalam mengelola emosi.


Saling Menghargai 

Rekan kerja yang baik harus bisa menghargai sesama. Dalam bekerja pasti ada masalah, baik yang terkait pekerjaan maupun personal. Tidak peduli seberapa rumitnya, perlakukan semua orang dengan rasa hormat.


Sampaikan rasa tidak suka atau persetujuan kamu dengan tutur kata yang baik sehingga bisa diselesaikan secara dewasa. Dalam situasi sehari-hari tanpa ada masalah pun kamu harus selalu memilih kata-kata yang sopan dan memperlakukan orang lain sebaik mungkin.


Baca juga: Jenis Pekerjaan Paling Cocok Berdasarkan Zodiak


Empati

Empati punya arti memahami apa yang dirasakan orang lain. Dengan empati, suasana kerja yang nyaman untuk semua orang bisa terwujud. Pasalnya, empati berperan penting dalam membangun hubungan interpersonal dengan rekan kerja maupun atasan.


Terima Masukan

Untuk bisa berkembang, seseorang harus bisa menerima masukan. Menerima kritik dan saran memang tidak mudah, tetapi dampaknya tentu sangat baik. Bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi perusahaan.


Teratur

Yang dimaksud teratur adalah mengetahui cara menyusun jadwal dan prioritas kerja.  Kemampuan ini membuat kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sehingga tidak menyulitkan rekan kerja dan orang yang bekerja denganmu akan senang.


Jujur

Untuk jadi rekan kerja yang dapat dipercaya, seorang karyawan harus mampu menunjukkan bahwa ia jujur dalam melaksanakan tugas. Termasuk juga jujur juga saat melakukan kesalahan. Kamu harus mampu mengakui kesalahan dan belajar dari kejadian tersebut agar menjadi lebih baik.


Dedikasi

Rekan kerja yang baik harus berdedikasi terhadap perusahaan dan pekerjaan. Orang yang berdedikasi akan serius menyelesaikan pekerjaan sehingga ia menjadi anggota tim yang membawa hasil positif.


Tapi berdedikasi bukan berarti nggak memiliki work-life balance sama sekali, ya. Kamu juga harus tahu kapan waktunya meluangkan waktu untuk bersantai.


Baca juga: Mengenal Profesi Data Scientist Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya


Kolaboratif

Rekan kerja yang baik punya sifat kolaboratif, yaitu mampu bekerja sama dalam tim. Seseorang yang kolaboratif akan membuat rekan kerja senang bekerja sama dan pada akhirnya mempermudah pencapaian target di kantor.


Self-starter

Self-starter berarti bisa memulai dari diri sendiri tanpa tergantung orang lain. Sebagai rekan kerja yang baik, kamu harus punya keinginan di dalam diri untuk mulai walau tanpa ada dorongan pihak lain.


Self-starter bisa berlaku untuk pekerjaan, misalnya memberi usul atau menyelesaikan masalah. Tapi juga bisa berarti personal seperti inisiatif untuk membantu teman di kantor.


Rendah Hati

Tidak ada yang suka rekan kerja sombong dan gemar pamer. Jadilah rekan kerja yang rendah hati, tidak perlu menyombongkan diri dan memamerkan pencapaianmu. Atau memamerkan apa pun.


Mau Mendengar

Jadilah seorang pendengar yang baik nggak cuma saat rekan berkeluh kesah, tapi juga saat berdiskusi tentang pekerjaan. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu dapat memikirkan solusi paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan.


Problem-solver

Problem-solver adalah orang yang mampu memberi ide dan saran untuk menyelesaikan suatu kendala dalam pekerjaan. Untuk menjadi problem-solver, kamu perlu punya kemampuan untuk bergerak dan menyelesaikan masalah.


Baca juga: Lowongan Kerja Terbaru Sera Grup Astra 2024 Di Jakarta


Komunikatif

Rekan kerja yang baik mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif karena sifat-sifat baik di atas akan kurang maksimal tanpa kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik juga membantu berbagai sisi positif yang kamu miliki sekaligus meredam berbagai kondisi negatif yang ada.


Fleksibel

Fleksibel berarti mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di perusahaan. Sifat ini sangat diperlukan terutama di lingkungan kerja yang kreatif maupun industri yang kompetitif. Rekan kerja yang fleksibel mampu terus berkembang sesuai kebutuhan dan memberi dampak positif.


Itulah sejumlah ciri-ciri rekan kerja yang baik. Yuk introspeksi diri, sudah berapa banyak sifat yang kamu miliki untuk masuk dalam kategori rekan kerja yang baik?


Tapi tenang, nggak harus memiliki semua sifat tersebut, tapi semakin banyak sifat-sifat tersebut kamu miliki akan semakin baik. Apalagi jika teman-teman kerja juga berusaha memiliki sifat tersebut di atas. Pasti makin kompak dan bahagia.


Baca juga : Berapa Besar Gaji Fresh Graduate Yang Ideal?


Selain itu, lingkungan perusahaan juga berpengaruh terhadap kinerja dan kenyamanan karyawan. Makanya, saat mencari lowongan kerja, penting untuk mempelajari latar belakang hingga budaya kerja di perusahaan tersebut. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.


Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.


844
Tags
SERA