This site uses cookie, to continue browsing this site means you agree to our cookie policy Find out more here. Use Latest Chrome version for the best experience.
Banyak orang berpikir kesuksesan hanya bisa diraih lewat pendidikan yang tinggi serta penguasaan hard skill. Padahal, di dunia kerja modern, ada keterampilan lain yang justru sering jadi penentu, yaitu soft skill.
Soft skill adalah kemampuan non-teknis yang berkaitan dengan cara seseorang berinteraksi, berkomunikasi, hingga beradaptasi dengan lingkungannya.
Keterampilan ini sifatnya universal, dibutuhkan hampir di semua bidang kerja serta dan bisa menjadi pembeda besar dalam perjalanan karir seseorang. Soft skill mencakup beberapa atribut personal dan interpersonal, seperti:
Kemampuan komunikasi
Kerja sama tim
Kepemimpinan
Empati
Adaptabilitas
Manajemen waktu
Berbeda dengan hard skill yang biasanya spesifik pada satu bidang pekerjaan, soft skill justru membuat seseorang bisa bekerja lebih efektif, membangun hubungan yang positif, serta mampu memberi kontribusi nyata dalam jangka panjang.
Baca juga: Ini Contoh Self Reward Terbaik dan Manfaatnya
Setidaknya ada 5 Soft Skill yang paling penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut diantaranya.
Kemampuan menyampaikan ide dan mendengarkan orang lain dengan baik sangat penting di dunia kerja. Kemampuan komunikasi terbagi lagi menjadi dua, yakni:
Verbal: tatap muka, telepon, video call
Non-verbal: email, chat, bahasa tubuh
Tanpa komunikasi yang efektif, pesan jadi mudah disalahartikan. Jadi, sebaiknya latih kemampuan berbicara dengan jelas, padat, dan sesuai audiens.
Setiap pekerjaan menuntut kamu untuk mampu berpikir kritis dan membuat keputusan yang tepat. Dengan menguasai skill ini, kamu jadi punya kemampuan untuk:
Menilai situasi secara objektif
Meminimalkan risiko
Mengambil keputusan cepat namun terukur
Setiap keputusan yang bijak tentu dapat meningkatkan kepercayaan tim dan manajemen, sekaligus mendukung karirmu untuk melangkah lebih baik.
Baca juga: Pemerintah Mulai Kaji UMP 2026, Naik Berapa Persen?
Tidak hanya untuk manajer, skill kepemimpinan juga penting dikuasai oleh karyawan di semua level. Sehingga mampu menjalankan peran di dalam tim sebagai berikut:
Memahami sudut pandang anggota tim
Mendelegasikan tugas dengan tepat
Memberi motivasi dan arahan
Bersikap adil, jujur, serta tegas
Dengan kepemimpinan yang baik, kamu bisa saling memberi motivasi untuk menjaga kinerja tetap maksimal.
Kemampuan mengatur waktu dengan efektif membuat seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan minim stres.
Salah satu metode populer yang bisa coba digunakan adalah Eisenhower Matrix dengan membagi tugas berdasarkan:
Penting & mendesak ? harus dikerjakan segera
Penting tapi tidak mendesak ? bisa dijadwalkan
Tidak penting tapi mendesak ? bisa didelegasikan
Tidak penting & tidak mendesak ? sebaiknya dihindari
Selain itu, fokus pada prioritas juga dapat membantu kamu bekerja lebih produktif. Jadi, mulai sekarang bisa coba terapkan cara ini.
Pekerjaan/proyek besar tentu tidak akan bisa selesai tanpa adanya kolaborasi. Untuk itu diperlukan kerja sama tim yang baik. Berikut manfaat kerja sama dalam dunia kerja.
Membagi tugas sesuai keahlian anggota
Menyelesaikan proyek lebih cepat
Menumbuhkan rasa kebersamaan
Selain itu, kolaborasi dan kerja sama tim yang solid juga akan menciptakan hasil kerja yang lebih maksimal.
Baca juga: Tips Melamar Kerja Online, Lebih Praktis
Berbeda dengan hard skill, soft skill tidak selalu diajarkan di sekolah atau lembaga pendidikan lain. Tapi meski begitu, soft skill tetap bisa terus diasah dengan tiga cara berikut:
Perbanyak komunikasi & interaksi ? pahami cara orang lain berperilaku dan berikan feedback.
Refleksi diri ? kenali soft skill apa yang perlu ditingkatkan, misalnya kesabaran atau empati.
Ikut kegiatan & organisasi ? kesempatan untuk melatih teamwork, leadership, hingga networking.
Menguasai soft skill akan membantu kamu berkembang lebih cepat. Tapi selain itu, pastikan juga kamu bekerja di perusahaan yang peduli pada pengembangan karyawan.
Salah perusahaan yang bisa jadi tujuan untuk berkarir adalahPT Serasi Autoraya (SERA), bagian dari Grup Astra dan telah berpengalaman di industri sewa kendaraan, logistik, serta lelang sejak 1990.
SERA rutin membuka peluang karir untuk berbagai posisi, memberikan kesempatan berkembang bagi talenta muda maupun profesional berpengalaman.
Baca juga:Lowongan Kerja September 2025 SERA Group Astra
Kalau kamu mencari tempat kerja dengan reputasi solid dan jenjang karir yang jelas, SERA bisa jadi pilihan tepat. Info lebih lengkap tentang lowongan kerja cek langsung di halaman career.sera.astra.co.id