SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Catat! 5 Soft Skill Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Apa Itu Soft Skill dan Kenapa Penting?

Banyak orang berpikir kesuksesan hanya bisa diraih lewat pendidikan yang tinggi serta penguasaan hard skill. Padahal, di dunia kerja modern, ada keterampilan lain yang justru sering jadi penentu, yaitu soft skill.

Soft skill adalah kemampuan non-teknis yang berkaitan dengan cara seseorang berinteraksi, berkomunikasi, hingga beradaptasi dengan lingkungannya.

Keterampilan ini sifatnya universal, dibutuhkan hampir di semua bidang kerja serta dan bisa menjadi pembeda besar dalam perjalanan karir seseorang. Soft skill mencakup beberapa atribut personal dan interpersonal, seperti:

  • Kemampuan komunikasi

  • Kerja sama tim

  • Kepemimpinan

  • Empati

  • Adaptabilitas

  • Manajemen waktu

Berbeda dengan hard skill yang biasanya spesifik pada satu bidang pekerjaan, soft skill justru membuat seseorang bisa bekerja lebih efektif, membangun hubungan yang positif, serta mampu memberi kontribusi nyata dalam jangka panjang.


Baca juga: Ini Contoh Self Reward Terbaik dan Manfaatnya

Setidaknya ada 5 Soft Skill yang paling penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut diantaranya.

1. Skill Komunikasi

Kemampuan menyampaikan ide dan mendengarkan orang lain dengan baik sangat penting di dunia kerja. Kemampuan komunikasi terbagi lagi menjadi dua, yakni:

  • Verbal: tatap muka, telepon, video call

  • Non-verbal: email, chat, bahasa tubuh

Tanpa komunikasi yang efektif, pesan jadi mudah disalahartikan. Jadi, sebaiknya latih kemampuan berbicara dengan jelas, padat, dan sesuai audiens.

2. Skill Pengambilan Keputusan

Setiap pekerjaan menuntut kamu untuk mampu berpikir kritis dan membuat keputusan yang tepat. Dengan menguasai skill ini, kamu jadi punya kemampuan untuk:

  • Menilai situasi secara objektif

  • Meminimalkan risiko

  • Mengambil keputusan cepat namun terukur

Setiap keputusan yang bijak tentu dapat meningkatkan kepercayaan tim dan manajemen, sekaligus mendukung karirmu untuk melangkah lebih baik.


Baca juga: Pemerintah Mulai Kaji UMP 2026, Naik Berapa Persen?

3. Skill Kepemimpinan

Tidak hanya untuk manajer, skill kepemimpinan juga penting dikuasai oleh karyawan di semua level. Sehingga mampu menjalankan peran di dalam tim sebagai berikut:

  • Memahami sudut pandang anggota tim

  • Mendelegasikan tugas dengan tepat

  • Memberi motivasi dan arahan

  • Bersikap adil, jujur, serta tegas

Dengan kepemimpinan yang baik, kamu bisa saling memberi motivasi untuk menjaga kinerja tetap maksimal.

4. Skill Manajemen Waktu

Kemampuan mengatur waktu dengan efektif membuat seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan minim stres.

Salah satu metode populer yang bisa coba digunakan adalah Eisenhower Matrix dengan  membagi tugas berdasarkan:

  • Penting & mendesak ? harus dikerjakan segera

  • Penting tapi tidak mendesak ? bisa dijadwalkan

  • Tidak penting tapi mendesak ? bisa didelegasikan

  • Tidak penting & tidak mendesak ? sebaiknya dihindari

Selain itu, fokus pada prioritas juga dapat membantu kamu bekerja lebih produktif. Jadi, mulai sekarang bisa coba terapkan cara ini.

5. Skill Kerja Sama Tim

Pekerjaan/proyek besar tentu tidak akan bisa selesai tanpa adanya kolaborasi. Untuk itu diperlukan kerja sama tim yang baik. Berikut manfaat kerja sama dalam dunia kerja.

  • Membagi tugas sesuai keahlian anggota

  • Menyelesaikan proyek lebih cepat

  • Menumbuhkan rasa kebersamaan

Selain itu, kolaborasi dan kerja sama tim yang solid juga akan menciptakan hasil kerja yang lebih maksimal.


Baca juga: Tips Melamar Kerja Online, Lebih Praktis

3 Cara Melatih Soft Skill

Berbeda dengan hard skill, soft skill tidak selalu diajarkan di sekolah atau lembaga pendidikan lain. Tapi meski begitu, soft skill tetap bisa terus diasah dengan tiga cara berikut:

  1. Perbanyak komunikasi & interaksi ? pahami cara orang lain berperilaku dan berikan feedback.

  2. Refleksi diri ? kenali soft skill apa yang perlu ditingkatkan, misalnya kesabaran atau empati.

  3. Ikut kegiatan & organisasi ? kesempatan untuk melatih teamwork, leadership, hingga networking.

Menguasai soft skill akan membantu kamu berkembang lebih cepat. Tapi selain itu, pastikan juga kamu bekerja di perusahaan yang peduli pada pengembangan karyawan.

Salah perusahaan yang bisa jadi tujuan untuk berkarir adalahPT Serasi Autoraya (SERA), bagian dari Grup Astra dan telah berpengalaman di industri sewa kendaraan, logistik, serta lelang sejak 1990.

SERA rutin membuka peluang karir untuk berbagai posisi, memberikan kesempatan berkembang bagi talenta muda maupun profesional berpengalaman.

Baca juga:Lowongan Kerja September 2025 SERA Group Astra

Kalau kamu mencari tempat kerja dengan reputasi solid dan jenjang karir yang jelas, SERA bisa jadi pilihan tepat. Info lebih lengkap tentang lowongan kerja cek langsung di halaman career.sera.astra.co.id

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram@serasiautoraya dan LinkedinSerasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir danlowongan kerja terbaru.

33
Tags
SERA