SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pemerintah Kaji Jalur Khusus Angkutan Logistik

Kementerian Perhubungan mengkaji jalur khusus bagi angkutan logistik sepanjang Jakarta hingga Karawang. Kajian ini guna mengantisipasi kemacetan di wilayah Jabodetabek dan mengakomodasi kebutuhan antarkawasan industri.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan, kajian jalur khusus bagi angkutan logistik berawal dari keluhan para pengusaha logistik atas macetnya wilayah Jabodetabek yang diterima pemerintah. Kemacetan tersebut menyebabkan aktivitas logistik menjadi tidak efisien.

"Salah satunya mereka meminta kepada kita untuk ada semacam penghargaan yang diberikan kepada mereka, jalur khusus atau apa nanti sedang kami lakukan kajian," katanya di sela-sela Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Bisnis.com, Kamis (18/7/2019).

Saat ini, Budi menjelaskan, pemerintah sedang melakukan survei beberapa pusat industri yang pergerakan antar kompleks kawasan industri dapat saling terkoneksi. Menurutnya, kendaraan logistik ini memerlukan kemudahan di tengah situasi kemacetan di luar musim puncak seperti Lebaran dan libur lainnya. Sebab, pergerakan angkutan barang menggerakkan perekonomian nasional.

Selama ini, koneksi antarkawasan industri melalui jalur tol dinilai Budi membuat perjalanan jadi tidak efisien. Padahal, bisa saja kendaraan barang melalui jalur khusus yang lebih cepat. "Selama ini mereka pakai tol, makanya terhambat. Jadi biaya logistik tinggi, kemudian lama juga, mulai dari Jakarta sampai Karawang. Mudah-mudahan ada titik temu," ujarnya.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Kemenhub Ahmad Yani mengatakan, pihaknya serius mengkaji pembuatan jalan baru khusus angkutan logistik. Khususnya di kawasan industri seperti Cikampek menuju Pelabuhan Tanjung Priok dan atau Pelabuhan Patimban, Subang.

Dengan pembuatan jalan khusus bagi angkutan logistik, Ahmad berharap dapat memudahkan aktivitas pergerakan barang sehingga biaya dan waktu menjadi lebih efisien. “Jalan khusus untuk logistik, bisa saja membuat ada jalan baru yang tidak dilalui lagi oleh kendaraan pribadi, terutama yang ke pelabuhan,” ucapnya. (Poskotanews.com, Senin (22/7/2019).

Sebagai bagian dari industri logistik, PT Serasi Autoraya (SERA) melalui SELOG juga melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guna mendorong pertumbuhan ekonomi. SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, salah satunya courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi.

Layanan standar meliputi same day servicenext day service, dan regular service. Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

42
Tags
SELOG SERA