SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Perluasan Ganjil Genap Berimbas Positif untuk Mobil Bekas

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memperluas kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan pribadi roda empat. Kebijakan ini akan mulai berlaku 9 September 2019. Sebelumnya, dilakukan masa uji coba selama satu bulan atau mulai 8 Agustus 2019.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, kebijakan tersebut ditujukan untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi roda empat seiring dengan kualitas udara di Jakarta yang semakin memburuk.

"Terkait dengan kualitas lingkungan, jika kita tetapkan pembatasan lalu lintas dengan data yang kami lakukan evaluasi pada semester I kemarin, kualitas udara pada koridor-koridor di jalan yang ditetapkan ganjil-genap itu meningkat,” ujarnya. (BBC News Indonesia, 8/82019).

Pemprov menambah waktu masa berlakunya ganjil-genap. Dari yang semula pukul 16.00 - 20.00 WIB, diperpanjang satu jam menjadi pukul 21.00 WIB. Sementara itu, untuk waktu pemberlakuan ganjil-genap di pagi hari akan tetap sama, yakni mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB. Kebijakan hanya berlaku pada Senin sampai Jumat.

Wakil Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, I Made Agus Prasatya mengatakan, pihaknya siap untuk menerjunkan anggotanya dalam rangka sosialisasi selama satu bulan. Sampai 8 September, kepolisian akan memberikan tindakan preventif apabila ada yang melanggar. “Tapi saat pemberlakuan pada 9 September nanti bila ada pelanggaran akan dilakukan tindakan penegakan hukum," kata Made.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, selain mengurangi polusi udara, kebijakan ganjil genap juga untuk mengatasi kemacetan. Efektivitasnya sudah terlihat dari kebijakan serupa saat berlangsungnya Asian Games dan Asian Paragames beberapa waktu lalu.

"Indikasinya, laju kecepatan kendaraan di beberapa ruas jalan itu bertambah hingga 30%," kata Yusuf (Detik.com, 9/8/2019).

Yusuf tidak khawatir atas kemungkinan ada warga yang menambah kepemilikan kendaraan atau menggunakan pelat nomor ganda. Sebab, polisi di lapangan sudah memiliki aplikasi yang dapat mendeteksi hal semacam itu.

Total, tercatat ada 25 jalan yang bakal diterapkan ganjil genap di Jakarta. Langkah ini pun dinilai positif para pengusaha mobil bekas. Sebab, kebijakan ini memungkinkan para konsumen semakin minat mobil bekas sehingga berdampak positif terhadap penjualan unit kendaraan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, mencari mobil bekas kini semakin mudah dan nyaman. Termasuk di yang menyediakan berbagai fitur menarik melalui website dan aplikasi. Berbagai pilihan unit ditawarkan, memfasilitasi calon pelanggan untuk mengantisipasi kebijakan ganjil genap.

Kenyamanan semakin dirasakan karena beli mobil apa pun di via e-store, baik melalui website maupun aplikasi, calon konsumen bisa mendapatkan benefit 3 Days Drive & Switch. Fasilitas ini merupakan nilai tambah dari mobil88 e-store yang memungkinkan konsumen mengganti mobil bekas yang telah dibeli dengan mobil lain di mobil88 e-store . Penggantian dapat dilakukan dalam jangka waktu tiga hari dari tanggal pembelian pada invoice.

Proses penukarannya pun mudah. Pertama, konsumen dapat menghubungi dan membuat janji terlebih dahulu dengan Sales Advisor yang sebelumnya membantu proses transaksi. Kemudian, mobil dibawa ke showroom mobil88 e-store yang berlokasi di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat.Wajib untuk membawa dokumen yang diperlukan untuk proses penukaran, yakni surat surat mobil, surat penyerahan mobil, bukti pembelian/invoice.

Tim quality control mobil88 e-store akan melakukan pengecekan untuk memastikan mobil dalam kondisi memenuhi syarat untuk ditukar. Apabila dinyatakan memenuhi persayaratan, pelanggan dapat langsung memilih mobil yang tersedia pada stock mobil88 e-store untuk ditukar.


39
Tags