SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Karib dengan Teknologi Internet, Lelang Online Sasar Generasi Milenial

Seiring kemajuan teknologi informasi, kini masyarakat sangat dipermudah dalam melakukan berbagai aktivitas, tak terkecuali saat ingin mengikuti lelang kendaraan. Kini lelang kendaraan sudah bisa dilakukan secara online. Prosesnya lebih cepat, dan lebih mudah.

Pasar lelang online ini adalah salah satu strategi dan peluang besar untuk menggaet kalangan milenial. Apalagi salah satu karakteristik utama dari milenial adalah pengguna perangkat mobile dan media sosial selama hampir 24 jam setiap hari.

Menariknya, sesuai dengan survei Google, kaum milenial juga suka berbelanja secara online dan bermain media sosial melalui smartphone, demikian seperti dikutip dari IDN Times.  Kegiatan belanja online mereka juga cenderung beragam mulai tiket perjalanan, hotel, elektronik, dan lain-lain.

Jadi, tidak heran, apabila kini banyak perusahaan yang memiliki akun media sosial agar tidak kehilangan konsumen potensial tersebut.

Lembaga survei Alvara Research Center juga menyebutkan, keterkaitan erat antara generasi milenial dengan belanja online. CEO dan pendiri Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan, ada kaitan kuat generasi milenial yang berumur 17-39 tahun dalam mengakses aplikasi bisnis daring (e-commerce).

"Generasi milenial selalu melekat dengan media digital. Ini diperantarai oleh smartphone. Dari situ penggunaan aplikasi e-commerce tinggi sekali," kata Hasanuddin seperti dikutip dari Alinea.id (09/07/2019).

Kini, cakupan belanja online milenial juga semakin luas, salah satunya termasuk transaksi lelang kendaraan online.

Ketua Umum Persatuan Balai Lelang Indonesia (Perbali) Doxa Manurung mengatakan, lelang online memberikan keuntungan kepada penjual maupun pembeli. Bagi penjual, platform online memungkinkan mereka mendapatkan informasi baik jadwal dan lokasi lelang.

“Selain itu, mereka berkesempatan bisa menjual asetnya dengan harga jual yang terbaik karena banyak calon pembeli lelang online yang memperebutkan,” kata dia (Kompas.com, 19/03/2019).

Sementara itu, bagi pembeli, keuntungan yang didapat adalah bisa mengetahui jadwal, lokasi dan katalog barang lelang tanpa harus datang ke lokasi. Balai lelang IBID , salah satu balai lelang kendaraan ternama di Indonesia, mislanya, telah mencantumkan Market Auction Price (MAP) yakni harga acuan pasar serta Astra Car Valuation (ACV).

MAP dapat menjadi indikator agar calon pembeli mengetahui apakah tawaran mereka sudah ketinggian atau tidak. Sementara itu, ACV bisa dimanfaatkan sebagai dasar inspeksi secara saintifik karena memperlihatkan data dan riwayat mobil.

Kini proses lelang online semakin mudah melalui sistem live auction yang ditawarkan IBID - Balai Lelang Serasi . Melalui fitur ini, peserta online dapat melakukan bidding atau menawar mobil secara real time dengan mereka yang datang ke lokasi atau disebut floor bidding. Fitur baru ini memberikan kesempatan lebih besar kepada calon peserta untuk mendapat mobil incaran.

Berdiri sejak tahun 2007,IBID merupakan anak perusahaan PT Serasi Auto Raya yang bernaung dibawah bendera Grup Astra. Siapa pun dapat berpartisipasi menjadi peserta dalam lelang, baik perusahaan atau pun per orangan, dari pembelian skala besar hingga pembelian secara satuan secara offline ataupun online.

IBID selalu mengadakan lelang rutin setiap minggu di lebih dari 10 kota besar, dan hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 30 kota lelang di Indonesia. Hingga akhir 2016, sekitar 27.000 kendaraan roda empat telah terjual melalui lebih dari 500 lelang setiap tahunnya.


49
Tags
IBID