SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mau Tukar Tambah Mobil? Pahami Dulu Kekurangan dan Kelebihannya

Trade in atau tukar tambah bisa menjadi solusi menarik bagi Anda yang mengincar mobil baru. Banyak tempat dan media daring yang menawarkan tukar tambah, bahkan ada dealer resmi agen pemegang merek yang juga punya layanan tukar tambah. Namun, sebelum Anda melakukan itu, kenali dulu keuntungan dan kerugiannya.

Keunggulan pertama dari tukar tambah adalah praktis dan mudah. Apalagi kalau Anda memilih dealer yang sudah profesional dan terpercaya. Mereka akan mengurus semua transaksi, sedangkan Anda cukup melakukan negosiasi harga.

“Lantas melihat unit yang Anda kehendaki dan menandatangani dokumen yang dibutuhkan,” demikian seperti dikutip dari Liputan6.com, (24/09/2018).

Keunggulan berikutnya, proses tukar tambah lebih cepat dan sederhana dibanding dengan metode jual beli biasa. Anda harus mengunggah foto dan keterangan mengenai mobil bekas Anda ke media jual beli dan tawar menawar dengan pelanggan. Belum lagi Anda masih harus mencari mobil pengganti. Tukar tambah biasanya hanya membutuhkan hitungan hari.

Tidak menutup kemungkinan juga Anda mendapat harga lebih murah dari mobil baru yang diinginkan. Keunggulan ini berlaku apabila kendaraan baru tersebut berasal dari satu dealer yang sama. Hasil uang yang didapat dari mobil bekas Anda langsung masuk untuk membiayai DP atau cicilan pertama mobil baru. Dari situ bisa dinegosiasikan soal diskon dari DP maupun cicilan yang harus Anda bayar.

Di sisi lain, ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan. Salah satunya, soal harga. Mungkin saja harga mobil lama Anda dapat ditaksir dengan harga di bawah pasaran. Anda dapat negosiasi lebih jika kondisi mobil memang masih sangat baik dan termasuk dalam model yang populer.

Kelemahan lain, tidak semua model dan merek bisa dijadikan sebagai bahan tukar yang baik. Misalnya, mobil yang kurang populer atau sudah terlalu tua dapat tidak disetujui dealer untuk ditukar tambah. Walaupun disetujui, harganya dapat sangat anjlok karena cenderung  susah untuk dijual kembali.

Secara umum, tren tukar tambah kendaran lawas dengan baru semakin tumbuh subur di Indonesia. Bahkan, menurut data dari JD Power, setiap tahun replacement buyer bertambah. “Artinya, banyak orang yang membeli mobil baru dengan cara tukar tambah,” demikian seperti dikutip dari Kompas.com, (12/04/2017).

Walaupun tukar tambah relatif lebih menguntungkan dibanding beli, Anda harus tetap seksama dalam memilih. Tidak hanya menentukan mobil apa yang menjadi mobil baru Anda nanti, tapi juga tentukan showroom di mana Anda berencana untuk melakukan tukar tambah. Pilihlah showroom terpercaya yang sudah memiliki banyak pengalaman, termasuk mobil88.

Untuk melakukan tukar tambah mobil bekas, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghubungi showroom melalui menu bantuan dan lengkapi form online via web atau aplikasi. Anda juga dapat menghubungi showroom mobil88 yang ada di lokasi terdekat.

Kemudian, staf appraisal mobil88 akan menilai kondisi mobil Anda beserta legalitas dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan penawaran harga. Appraisal akan mengajukan penawaran harga terbaik berdasarkan hasil penilain. Anda pun dapat langsung melakukan negosiasi harga. mobil88 memastikan akan  memberikan penawaran harga yang fair sesuai kondisi mobil Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memilih mobil pengganti yang diinginkan di showroom kami sesuai dengan nilai tukar yang telah disepakati. Dan pastinya mobil Anda sudah terlindungi garansi dan bisa langsung Anda bawa pulang.

Berada di bawah naungan PT Serasi Autoraya (SERA), mobil88 ini terbuka untuk siapa pun yang ingin membeli mobil bekas berkualitas. Hingga saat ini, 20 cabang showroom mobil88 telah tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Sebagai showroom yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun, mobil88 berani memberikan jaminan buyback guarantee mencakup mobil bukan bekas tabrakan atau terendam banjir. Selain itu, nomor rangka dan mesin dijamin sesuai STNK serta BPKB. Odometer pun tidak diputar balik.

25
Tags