SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pembangunan Infrastruktur Berlanjut, Bisnis Logistik Diperkirakan Terus Tumbuh

Pada tahun depan, pemerintah masih gencar membangun infrastruktur. Komitmen ini dinilai dapat memicu pertumbuhan dan terus menggairahkan industri logistik. Salah satunya adalah di sektor transportasi darat berbasis jalan.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita mengatakan, sampai akhir tahun, bisnis logistik berbasis jalan akan tumbuh sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu. Pada tahun depan, pertumbuhannya diperkirakan tidak jauh dari itu, yakni delapan sampai sembilan persen. Angka itu masih lebih tinggi apabila dibandingkan pertumbuhan ekonomi yang diproyeksi berada pada tingkat 5,3 persen

Zaldi mengakui, pertumbuhan 10 persen tidak lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bisnis logistik pada tahun-tahun sebelumnya yang berada di rentang antara 12 persen hingga 14 persen. “Kendati demikian, prospek bisnis logistik pada 2020, tetap harus diwaspadai," kata Zaldi (Detik.com, 3/9/2019).

Salah satu faktor pendorong utama pertumbuhan logistik adalah belanja online atau daring. Nilai perputaran uang dalam e-commerce terus membengkak. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat, penjualan e-commerce global tumbuh 13 persen, menjadi kurang lebih sebesar 29 triliun dolar AS pada 2017.

Transaksi perdagangan elektronik business to business (B2B) terus mendominasi dengan menyumbang 88 persen dari semua penjualan daring. Namun, business to consumer (B2C) menjadi segmen dengan pertumbuhan terbanyak, naik 22 persen hingga mencapai 3,9 triliun pada 2017 dolar AS, demikian seperti dikutip dari Sindonews.com (29/9/2019).

Data tersebut meenggambarkan besarnya peluang bagi industri logistik atau jasa pengantar barang dan dokumen pada era digital. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) juga memprediksi potensi pertumbuhan bisnis logistik secara keseluruhan bisa mencapai lebih dari 30 persen hingga 2020.

Ketua Kompartemen Bidang E-commerce DPP ALFI Yan Henry Joewana menyebutkan, estimasi pertumbuhan sektor logistik secara menyeluruh dapat mencapai Rp 40 triliun atau lebih per tahunnya.

Potensi bisnis di sektor logistik juga sudah diakui East Ventures, perusahaan model ventura yang memberikan pendanaan tahap awal pada start up teknologi di Indonesia, Asia Tenggara dan Jepang. Menurut Partner East Venture Melisa Irene, logistik menyimpan potensi besar untuk dikembangkan oleh perusahaan rintisan atau start up di Indonesia, di samping sektor new retail.

Bidang new retail merupakan konsep di mana kita berpikir bahwa cara retail akan berubah, termasuk menyediakan platform online dan offline sekaligus. “Sementara, sektor logistik yang potensial adalah bisnis kirim barang dan juga waresix (sewa gudang online),” tutur Irene. (Antara, 16/5/2019).

Di tengah perkembangannya, sektor logistik tetap menghadapi berbagai tantangan. Seperti yang dikutip di elogistik.id, (24/10/2017), tantangan itu bervariasi di tengah perkembangan e-commerce. Mulai dari memastikan produk sesuai dengan keinginan konsumen dengan tepat waktu, meminimalisir hingga menghilangkan kemungkinan cacat produk, hingga penyediaan reverse logistic.

Reverse logistic dibutuhkan ketika konsumen meminta pengembalian produk karena rusak ataupun apabila mereka ingin melakukan penukaran tipe, ukuran, warna produk, dan hal-hal lainnya.

Teknologi juga semakin digunakan untuk kemudahan monitoring logistik. Berbagai media seperti email, newsletter, media sosial, iklan, pesan singkat dan telepon digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen dan memberitahu informasi terkini mengenai status dari pengiriman pesanan mereka.

Sebagai bagian dari industri logistik, PT Serasi Autoraya (SERA) melalui SELOG juga melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guna mendorong pertumbuhan ekonomi. SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, termasuk courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi.

Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service. Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

26
Tags
SELOG