SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Potensi Besar Pengiriman Ekspres Sehari

Perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) atau kerap disebut sebagai e-commerce memberikan dampak besar pada industri logistik. Yaitu, dampak terhadap layanan same day delivery atau kiriman sehari sampai.


Menurut Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo), tren belanja daring yang terus meningkat membuat tuntutan pelanggan semakin tinggi, khususnya, agar pengiriman cepat tiba di tujuan dengan kondisi yang tetap terjaga baik.


Oleh karena itu, Ketua Umum Asperindo Mohamad Feriadi mengatakan, potensi bisnis dengan layanan kiriman sehari sampai kian menarik.


"Tentunya mereka berharap kecepatan dalam hal delivery jadi penting, wajarnya seorang pembeli beli sesuatu, berharap barangnya bisa segera diterima, teori yang sama berlaku di dunia online," ujar Feriadi. (Bisnis.com, 05/11/2019).


Merujuk hasil survei Paxel Buy & Send Insights, bahwa kecepatan pengiriman menjadi isu utama pelanggan dalam memilih jasa kurirnya. Hal paling utama yang dipertimbangkan ketika memilih penyedia jasa logistik adalah kecepatan pengiriman.


Berdasarkan survei tersebut, pertimbangan pelanggan memilih jasa pengiriman yakni 36 persen kecepatan pengiriman, 29 persen ongkos kirim murah, 26 persen kemudahan pengiriman, dan 8 persen posisi paket dapat diperiksa.


Melihat tren tersebut, Feriadi menilai, menjadi potensi yang sangat menarik bagi industri logistik. Sebab, semula, konsumen tidak terlalu mengkhawatirkan masalah kecepatan pengiriman. "Ternyata kebanyakan pelanggan berharap kecepatan itu menjadi hal yang penting dalam setiap transaksi," kata Feriadi.


Saat ini, Feriadi mengatakan, aktivitas same day delivery masih dilakukan oleh masing-masing perusahaan anggota Asperindo. Ke depan, ia berharap para anggota Asperindo dapat mengembangkan platform kolaborasi antarperusahaan jasa pengiriman ekspres. Kerja sama ini akan semakin memperluas jaringan masing-masing perusahaan.


Feriadi menyebutkan, masih ada tantangan untuk mengembangkan layanan kiriman sehari sampai. Yaitu, keberadaan infrastruktur yang menjadi salah satu kunci penting kesuksesan bisnis jasa pengiriman ekspres.


Pada 2019, baik pemain logistik dan pelaku e-commerce dihadapkan dengan permasalahan bagaimana barang bisa sampai ke tangan konsumen dengan cepat. Riset PwC menemukan, konsumen Indonesia menginginkan barang yang mereka beli dapat diterima pada hari yang sama ketika mereka melakukan transaksi.


“Bahkan, sebanyak 72 persen responden menyebutkan bahwa mereka lebih tertarik dengan promosi dalam bentuk bebas biaya pengiriman dibandingkan promosi lainnya,” seperti dikutip Markeeters.com (31/12/2018).


Tren peningkatan penggunaan layanan kiriman sehari sampai ini terutama dirasakan saat bulan puasa. Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Ilham Masita, menuturkan, selama Ramadhan, konsumen lebih ingin produknya cepat sampai, sehingga jumlah pengiriman melonjak tajam. (MNews.com, 24/06/2019).


Sebagai bagian dari industri, SELOG juga terlibat dalam perkembangan yang ada. SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam. SELOG sendiri merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA), anak usaha PT Astra International Tbk di bidang infrastruktur dan logistik.


Salah satunya courier services dengan layanan same day service yang termasuk dalam layanan standar. Layanan ini memungkinkan barang pesanan konsumen tiba dalam sehari.


Layanan standar lainnya yang ditawarkan SELOG adalah next day service, dan regular service. Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.


215
Tags
SELOG