SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

5 Negara Dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Sistem transportasi umumnya menunjukkan kualitas dari sebuah negara dan juga kemajuan bangsanya. Untuk itu sektor transportasi juga seharusnya dijaga dan semakin ditingkatkan demi kesejahteraan sebuah bangsa.

Karena dari sistem transportasi ini juga lah bisa meningkatkan pendapatan negara terutama dari wisatawan asing. Sehingga banyak dari negara-negara di dunia yang memiliki sistem transportasi terbaik, di mana semuanya terkoneksi dengan baik. 

Dalam laporan Travel And Tourism Competitiveness 2019 oleh World Economic Forum, 140 negara diurutkan berdasarkan 14 kategori, termasuk dalam sektor sistem transportasinya. Kira-kira Indonesia ada di urutan berapa ya?

Berdasarkan data dari World Economic Forum 2019 itu, berikut ini daftar 5 negara dengan sistem transportasi terbaik di dunia.


1. Hong Kong

Meskipun sempat dilanda badai protes oleh penduduknya beberapa waktu lalu, tapi Hong Kong tetap berada di peringkat teratas. Pasalnya sistem transportasi di Hong Kong didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sebagian besar wilayah di Hong Kong sudah dijangkau oleh MTR, sebutan untuk kereta bawah tanah di Hong Kong. 

Sementara itu, wilayah yang tak terjangkau MTR tetap bisa dicapai dengan bus, trem, atau taksi. Bahkan, antarpulaunya juga terkoneksi dengan baik lewat layanan feri. Berkat sistem transportasi yang terkoneksi itu, masyarakat bisa bepergian dengan mudah dan nyaman di Hong Kong.


2. Singapura

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah pernah mencicipi transportasi umum di Singapura. Negara tetangga ini memang menjadi destinasi liburan banyak orang Indonesia, letaknya yang sangat dekat dan layanan publik yang baik menjadi alasan banyak orang datang ke Singapura. 

Di Singapura, layanan transportasi public sangat memanjakan penduduknya. Di sini tersedia layanan Moda Raya Transportasi (MRT), bus, dan taksi yang terkoneksi dengan baik. MRT menjadi cara tercepat untuk bepergian di Negeri Merlion ini. Jaringan busnya pun menjangkau hampir ke seluruh wilayahnya dengan tarif sangat terjangkau. 

Jika ingin lebih nyaman dan praktis, taksi bisa dipilih sebagai alternatif meski tarifnya lebih mahal, terutama di jam-jam tertentu. Berkat kualitas sistem dan infrastrukturnya, Singapura berada di peringkat dua dari segi transportasinya.


3. Belanda

Negeri Kincir Angin ini sangat terkenal dengan jalur sepedanya yang sangat layak. Selain itu infrastruktur transportasi di Belanda juga dibangun dengan baik, meliputi jalan raya, kereta api, transportasi air dan udara. Kota-kota utama di Belanda terhubung dengan kereta api. Selain itu, dengan banyaknya kanal, tak heran negara ini berada di peringkat teratas di sektor transportasi airnya.


4. Swiss

Swiss terkenal dengan jaringan kereta api yang padat. Total jaringan transportasi umumnya mencapai 24.500 km dengan lebih dari 2.600 stasiun dan pemberhentian. Di dalam kota juga semua jalan terhubung dengan trem dan bus. Tak hanya itu, rute perlintasan Alpen memegang peranan penting di Eropa. Pasalnya, rute ini menghubungkan Eropa Utara dan Eropa Selatan yang terpisah Pegunungan Alpen. Sementara itu, jaringan jalan rayanya didanai oleh pajak kendaraan dan pendapatan jalan tol.


5. Jepang

Jepang merupakan negara dengan sistem transportasi kereta yang sangat baik dan meliputi ke penjuru negeri. Sistem transportasi di Jepang terkenal dengan layanannya yang tepat waktu dan sangat efisien, terutama di wilayah metropolitan dan kota-kota besar. Tak heran masyarakatnya lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

Lantas Indonesia berada di urutan berapa? Sayangnya Indonesia sendiri berada di peringkat 66 dari 140 negara. Meskipun saat ini Indonesia sudah punya kereta bawah tanah MRT, LRT dan juga Commuter Line, namun hal ini dianggap masih belum merata hingga ke penjuru Nusantara. Selain ini tingkat konektivitas antara satu moda transportasi dengan lainnya juga masih belum baik. 

Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh pemimpin bangsa ini, terutama dalam segi kualitas infrastruktur, keamanan, keselamatan, dan pemerataannya di wilayah-wilayah terpencil.

Sistem transportasi memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Namun, sistem transportasi yang baik pun, harus didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni, sebagai salah satunya adalah sumber daya manusia yang mau dan mengerti sebuah peraturan, termasuk peraturan berlalu lintas. 

Bicara tentang peraturan berlalu lintas, tahukah kamu, bahwa jalur darurat pada jalan tol juga memiliki peraturan bagi siapapun yang ingin menggunakannya? Untuk lebih lengkapnya, baca di"Cara menggunakan jalur darurat di jalan tol".


1737
Tags
TRAC SERA