SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor, Jangan Sampai Terjadi Pada Anda

Rata-rata pemilik mobil pasti pernah mengalami kendala tiba-tiba mobil tidak bisa distarter. Hal tersebut bisa saja terjadi karena Anda tidak pernah mengecek kondisi aki mobil, hingga akhirnya aki jadi soak atau tekor. Apalagi ketika kondisi seperti sekarang yang memang mobil jadi lebih lama hanya parkir di garasi saja. 

Komponen ini memang sangat penting, karena berfungsi sebagai sumber listrik untuk seluruh perangkat mobil, seperti menyalakan mesin, AC, perangkat audio, ataupun lampu. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil wajib hukumnya untuk menjaga kondisi aki agar tidak soak atau bermasalah. Namun, perlu diketahui bahwa aki juga bisa habis karena umur pemakaian. 

Untuk mengenali kondisi aki, berikut ini ada beberapa hal yang dapat menyebabkan aki mobil menjadi tekor, dan ini wajib diketahui si pemilik mobil, apa saja?


1. Terlalu Lama Nongkrong di Garasi

Di saat seperti sekarang ini karena adanya pandemik, maka mobil yang lebih sering parkir di garasi menjadi penyebab utama yang bisa mempengaruhi kondisi aki. Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, apalagi sama sekali tidak pernah dinyalakan maka kesehatan aki mobil akan menurun.

Hal ini disebabkan karena ketika mesin mobil tidak dinyalakan, aki tidak akan bisa menyimpan daya. Dapat dibayangkan jika sumber utama kelistrikan di dalam mobil tidak memiliki daya sama sekali, tentu saja hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara bisa saja terjadi, seperti mobil tiba-tiba mogok, kelistrikan mobil tidak berfungsi, dan sebagainya. Ada baiknya ketika mobil hanya parkir saja di garasi disarankan untuk melepas terminal aki terlebih dahulu.


2. Air aki habis

Berkurangnya air aki merupakan hal yang lumrah. Pada tipe aki basah, mengecek kondisi aki bisa diperhatikan pada batas atas dan bawah cairan elektrolit. Bila batas cairan mendekati batas bawah berarti harus ditambah. Karena setiap kali mobil digunakan terjadi proses pengisian arus setrum dari alternator ke aki. Pada saat itulah air menguap, sehingga lama-kelamaan akan berkurang jumlahnya.

Fungsi air aki adalah menjadi pengantar arus listrik yang dipasok oleh alternator ke sel-sel aki. Oleh karena itu, bila sel tidak terendam air, proses pengisian arus listrik tidak akan maksimal. Selain itu, sel yang tidak terendam air, akan cepat rusak. Pasalnya, sel tersebut akan cepat mengalami oksidasi karena kandungan asam di sekelilingnya yang bercampur udara. Akibatnya, sel cepat rusak. Oleh karena itu sangat disarankan mengisi air aki minimal sebulan sekali.


3. Air aki keruh

Aki yang bermasalah juga bisa dilihat dari air aki yang keruh. Hal tersebut karena kotoran-kotoran yang menumpuk sekian lama dan bisa dilihat saat membuka penutup air aki. Tidak hanya warna air aki yang keruh, tapi juga sel-sel yang ada di dalamnya bengkok dan ada warna putihnya.


4. Alternator rusak

Alternator atau biasa disebut dengan dynamo ampere adalah peranti yang berfungsi sebagai generator yang menghasilkan arus listrik Alternating Current (AC) dan sekaligus mengubahnya menjadi arus Direct Current (DC). Komponen ini juga menjadi pembangkit energi listrik yang diisikan ke aki. Bila alternator atau dynamo ampere ini telah aus, arus listrik yang dihasilkan menjadi tidak stabil, dan jika tidak segera diganti atau direparasi maka akan berdampak pada aki.


5. Modifikasi berlebihan

Memodifikasi mobil memang menyenangkan bagi sebagian orang, tapi jangan salah karena ketika melakukan modifikasi, terutama di bagian audio mobil maka beban pada aki secara otomatis akan bertambah berat. Sistem audio pasti membutuhkan daya listrik cukup besar, sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang digunakan. Jika tidak, maka jangan salahkan aki jika tidak bertahan lama. 


6. Umur aki yang normal

Sekarang ini ada beberapa pilihan untuk aki mobil, baik aki basah maupun aki kering. Dan biasanya pabrikan mobil memberikan garansi untuk aki mobil ini hingga 2 tahun atau 50 ribu km. Dengan ini, harap dipahami jika usia aki akan berbeda-beda sesuai dengan pemakaiannya. Begitu juga dengan kondisi mobil apakah masih standar atau sudah ada modifikasi. 

Kalau sampai mengalami aki tekor atau soak di jalan, maka pastikan Anda mengetahui layanan emergency dari pabrikan mobil Anda. PT. Serasi Autoraya (SERA), sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik juga memiliki layanan emergency bagi para pelanggannya, yang dinamakan Emergency Road Assistance . Untuk informasi selengkapnya, bisa Anda cek langsung di sini ya https://www.sera.astra.co.id/id/news/2019/10/aman-berkendara-dengan-layanan-free-assistance-road

3487
Tags
SERA