SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jaga Kondisi Tubuh Saat Work From Home, Lakukan Hal Ini Agar Tetap Fit

Saat pandemi Covid-19 datang, semua orang diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home. Meski dianggap bisa bekerja sambil santai-santai di rumah, tapi Anda tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh. 

Apalagi kondisi seperti sekarang ini juga membuat banyak sarana olahraga yang ditutup, untuk itu Anda harus tetap menjaga kesehatan meski hanya di rumah saja. Kapanpun dan dimanapun menjaga kesehatan adalah hal penting.


Lalu bagaimana caranya agar Anda tetap sehat saat work from home?


1. Jaga Asupan Cairan Tubuh

Meskipun hanya di rumah, tapi Anda tetap harus mengkonsumsi air mineral, terutama saat sedang bekerja. Pasalnya menurut studi yang dilakukan oleh University of East London, dengan  mengkonsumsi air mineral saat bekerja dapat meningkatkan produktivitas hingga 14 persen. 

Dengan menjaga asupan cairan tubuh maka fungsi otak akan membaik sehingga dapat memberikan fokus dan juga konsentrasi lebih. Sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi air mineral sebanyak delapan gelas sehari.


2. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh, karena tubuh Anda butuh asupan kalori agar bisa berfungsi dengan baik. Usahakan tetap menjaga makanan yang bergizi seimbang, seperti sayuran dan buah yang mengandung serat dan mineral. Serta konsumsi protein seperti daging, susu, dan telur secara proporsional. Karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. 

Mengkonsumsi gula berlebih juga harus dikurangi ketika Anda work from home. Banyak pekerja remote yang mengeluhkan bahwa dengan mereka bekerja di rumah berat badan mereka seketika membengkak.


Baca juga : Tips Work From Home Agar Tetap Produktif


3. Olahraga Teratur

Setelah makanan dan minuman terpenuhi, tetap Anda harus rajin berolahraga. Meskipun banyak sarana dan tempat olahraga yang ditutup, bukan berarti Anda bisa malas-malasan di rumah. Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah lho, salah satunya olahraga aerobik atau senam. Latihan senam aerobik yang dapat Anda lakukan ketika work from home adalah lompat tali selama 100 hitungan, berjalan cepat mengitari seluruh ruangan di rumah selama 10 menit, atau naik-turun anak tangga selama 10 menit. Anda dapat melakukan itu 2 hingga 3 kali dalam sehari.


4. Kurangi Cemilan

Biasanya ketika bosan di rumah, maka cenderung akan banyak makan cemilan, apakah itu cemilan manis atau asin. Tapi ternyata itu tidak baik, karena pada cemilan manis artinya Anda mengkonsumsi gula dan jika berlebih dapat meningkatkan kinerja tubuh dan hal itu akan membuat Anda cepat lelah. Sebaiknya konsumsi gula sehari itu dibatasi hingga 50 gram atau 5-9 sendok teh per-hari.


5.Tetap Positif dengan Membaca

Di rumah saja berarti Anda punya banyak waktu luang, tapi usahakan dimanfaatkan untuk sesuatu yang positif. Seperti membaca, apakah itu buku, artikel, komik, atau bahkan kumpulan berita. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk membaca, karena dapat meningkatkan daya ingat dan juga meningkatkan penalaran serta daya analitis. Selain meningkatkan daya ingat, membaca buku juga dapat mengurangi stress lho.

143
Tags
SERA