SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ditengah Pandemi Covid 19, Sektor Logistik Paling Disukai oleh Pengembang Lokal maupun Internasional

Adanya pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan terhadap banyak sektor bisnis, dan membuat harus ekstra keras agar dapat bertahan. Tapi tidak bagi sektor bisnis logistik, karena bisnis ini jadi bisnis yang paling diminati oleh pengembang lokal maupun internasional.

Sektor logistik ini terbukti tangguh di tengah pandemi dan permintaan sewa masih kuat di triwulan II-2020. Di sisi lain, bisnis properti sedang menghadapi tantangan berat seperti turunnya perminaat, harga jual dan harga sewa yang tertekan serta relokasi sejumlah penyewa. 

Lihat saja sektor ritel, sebagian besar mall tutup atau beroperasi secara terbatas selama periode Maret hingga Juni. Hanya beberapa toko dan layanan tertentu yang tetap buka. Dengan kondisi tersebut, aktivitas sewa tertunda dan hanya beberapa perjanjian sewa baru yang disepakati selama triwulan ini. 

Namun demikian, pertumbuhan sewa selama beberapa tahun terakhir nampaknya akan terhenti sementara karena operator mall dan para penyewa melakukan penyesuaian di masa adaptasi kebiasaan baru.


Bukan Lagi Bisnis Properti, Sektor Logistik lah Yang Kini Memiliki Peluang Besar

Sebelum pandemi, bisnis properti inilah yang menjadi favorit bagi pengembang lokal maupun internasional. Tapi setelah pandemi, sektor logistik menjadi favorit. Hal ini dikarenakan besarnya peluang di sisi sosial ekonomi. 

Sektor logistik juga terbukti sangat tangguh di tengah pandemi dan permintaan sewa pun masih kuat pada Triwulan II-2020. Operator dan pengembang juga menunjukkan minat yang tinggi terhadap pengembangan pusat-pusat data (data centres). Hal ini merupakan segmen pasar yang relatif baru di Indonesia, dan sejumlah operator mengincar area kawasan industri maupun lokasi-lokasi yang lebih strategis di tengah kota.


Salah Satu Lini Bisnis PT. Serasi Autoraya

Sektor logistik ini juga menjadi salah satu unit bisnis dari PT. Serasi Autoraya (SERA) yang tergabung dalam Grup Astra. Di bawah brand SELOG yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda.

PT Serasi Logistik Indonesia (SELOG) ini menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh. 

SELOG memang memiliki spesialiasis di bidang jasa transportrasi logistik jalur darat dan freight forwading. Saat ini Selog memiliki 575 truk. Sementara itu, untuk mengakomodasi jalur laut, khusus dikelola oleh PT Toyofuji Serasi Indonesia yang memiliki 5 kapal Roro (roll on-roll off). 

SELOG kini juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time. 

Untuk info lebih lengkap mengenai SELOG Anda bisa cek langsung di tautan ini https://www.sera.astra.co.id/en/news/2019/10/tata-kelola-supply-chain-management-demi-kemajuan-bisnis


101
Tags
SERA