SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Asal Menyalip Truk, Ada Blind Spot yang Anda Tidak Tahu!

Mengemudi memang bukan pekerjaan yang mudah, apalagi kalau Anda sering mengemudi di jalan raya yang dipenuhi oleh truk. Pasalnya berkendara di tengah kerumunan truk ini butuh skill khusus, mengingat adanya blind spot atau area pandang yang terhalang dari perspektif sopir truk ini. 

Blind spot ini menjadi titik lemah dalam berkendara dan juga dipercaya sebagai salah satu faktor utama penyebab kecelakaan. Perlu dipahami, masing-masing kendaraan punya titik buta berbeda-beda. Di mana semakin besar kendaraan berarti area blind spot pun semakin besar. Makanya sebagai pengemudi kendaraan dan berada di jalan bersama truk besar tentunya Anda harus lebih waspada. 


Baca juga : Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor, Jangan Sampai Terjadi Pada Anda


Titik Blind Spot Pada Truck

Blind spot pada truk memang cukup banyak, tidak hanya area pandang yang tidak ada ke belakang tapi juga visibilitas ke depan dari sopir truk ini terbatas. Jika Anda terlalu dekat, maka biasanya sopir truk ini tidak akan bisa melihatnya. Contoh jika ada pengemudi motor atau orang yang berjarak 1 sampa 2 meter di depan truk, maka bisa-bisa Anda tertabrak karena si sopir tidak melihat Anda.

Untuk itu dibutuhkan interaksi dengan pengemudi lain terutama sopir truk agar mereka tahu akan keberadaan Anda. Misalnya dengan membunyikan klakson atau menggunakan lampu dim. Pastikan supir tersebut mengetahui keberadaan Anda. 

Atau Anda bisa juga melihat apakah Anda dalam zona aman atau tidak dengan melihat si sopir truk melalui pantulan spion truk itu. Jika Anda bisa melihat sopir tersebut maka Anda tidak berada dalam blind spot truk tersebut. Sebaliknya bila sopir tidak terlihat, maka Anda berada di area blind spot-nya dan sebisa mungkin langsung jauhi truk itu.


Perhatikan jarak aman

Selain blind spot ini, Anda juga harus tetap menjaga jarak aman dalam berkendara terutama dengan truk. Anda bisa mencoba dengan trik ini yaitu manfaatkan spion tengah, jika ban depannya sudah terlihat menapak semua, maka jarak aman teratasi.

Ingat juga jika ada celah untuk bisa menjauh, lebih baik Anda jauhi saja. Karena truk bermuatan itu tidak bisa melakukan pengereman mendadak. Akan ada jarak pengereman yang panjang sampai truk itu bisa benar-benar berhenti. 

Kalau ada di belakang truk, jangan lupa untuk berikan sinyal kalau Anda ada di belakangnya. Jika ada kesempatan untuk menyalip, lebih baik segera lakukan dan menjauh dari truk tersebut. 


Menyalip truk dengan aman

Dalam menyalip truk, tentu ada cara yang aman yaitu dengan memberikan sinyal berupa klakson atau lampu dim sebagai tanda Anda akan menyalipnya. Perhatikan juga jarak untuk Anda masuk kembali ke jalur, mengingat panjang truk yang harus disesuaikan dengan kecepatannya. Pastikan jarak sudah aman dengan melihat di spion tengah seperti tadi.

Langkah-langkah ini juga bisa Anda terapkan ketika berkendara dengan truk di jalan tol ya. Tapi jika Anda mengalami masalah di jalan tol, Anda bisa cek cara aman menggunakan jalur darurat di jalan tol seperti di artikel berikut ini : Begini Cara Menggunakan Jalur Darurat Di Jalan Tol.

77
Tags