SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Geliat Industri Logistik di Tengah Pandemi, Diminati Pengembang Lokal dan Internasional

Adanya pandemi banyak membuat bisnis dan industri yang terpuruk, tapi tidak dengan sektor logistik. Justru bisnis ini yang tetap berkibar di tengah serbuan pandemi akibat segala sesuatunya dilakukan secara online termasuk dalam hal berbelanja. 

Ya, meningkatnya aktivitas digital masyarakat saat pandemi membuat sektor logistik ini tetap bergairah. Aktivitas inilah yang mendongkrak sektor logistik dan jasa pengiriman. Jika melihat pada  data dari Kementerian Keuangan yang mengatakan segmen logistik relatif stabil selama pandemi. 

Kegiatan logistik yang masih dapat bertahan bahkan mengalami pertumbuhan positif adalah layanan logistik e-commerce dan layanan pengiriman barang (courier service). Bahkan, transaksi pembelian lewat e-commerce meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta transaksi dengan total nilai transaksi naik 9,9 persen menjadi Rp20,7 triliun. 

Sektor logistik ini ternyata juga menjadi salah satu unit bisnis dari PT Serasi Autoraya (SERA) yang tergabung dalam Grup Astra yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Awalnya bisnis SERA adalah jasa penyewaan kendaraan, namun pada tahun 1990, SERA mengembangkan bisnisnya ke bidang penjualan kendaraan bekas dan jasa pengelolaan logistik.

Untuk bisnis logistik ini, SERA menggunakan brand SELOG, yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. PT Serasi Logistik Indonesia (SELOG) ini menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh. 

SELOG memang memiliki spesialisasi di bidang jasa transportrasi logistik jalur darat dan freight forwading. SELOG kini mengelola 1.600 unit truk dengan 12 kapal angkut. Setiap tahun, SELOG juga menangani kurang lebih 935.000 pengiriman kargo. Sementara itu, untuk mengakomodasi jalur laut, khusus dikelola oleh PT Toyofuji Serasi Indonesia yang memiliki 5 kapal Roro (roll on-roll off). 

SELOG kini juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time. 

SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, salah satunya courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service. 

Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi tautan berikut ini.

3013
Tags
TRAC