SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Pentingnya Peran Logistik dalam Perkembangan E-Commerce yang Semakin Melesat

Bisnis E-Commerce di Indonesia semakin berkembang, seiring dengan berkembangnya dunia teknologi. Apalagi di kala pandemi menyerang seluruh dunia, semua orang tidak bisa beraktivitas di luar rumah. Sehingga semua kegiatan belanja dilakukan melalui online atau e-commerce. Hal inilah yang mendorong semakin pesatnya perkembangan bisnis logistik di Indonesia.

Di Indonesia, saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kemudian berlanjut menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat orang enggan untuk pergi keluar rumah. Di sinilah industri logistik dan e-commerce saling bahu membahu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Namun semakin berkembangnya bisnis logistik dan e-commerce ini juga tetap dibutuhkan solusi yang lebih baik lagi. Termasuk hal-hal terkait dengan pengiriman, di mana pihak logistik bisa memastikan dengan baik pengiriman barang customer dengan tepat waktu.

Pada dasarnya bisnis e-commerce memang melakukan sourcing dan delivery dengan tujuan mendapatkan barang-barang dari supplier sehingga bisa diperdagangkan kembali secara online. Sedangkan faktor pengiriman juga sangat penting di dalam bisnis e-commerce, terlebih bagi partner logistik untuk memastikan pengiriman barang dengan tepat waktu. 

Kendala yang dialami oleh konsumen dengan e-commerce dan juga logistiknya adalah ketepatan waktu dan barang yang dikirim tidak sampai ke alamat konsumen. Nah, seperti yang Anda ketahui bahwa pengiriman dan transportasi memang sangat penting sekali dalam bisnis e-commerce tersebut. Mengapa demikian? karena memang pada umumnya kegiatan dari logistik e-commerce ini mencakup beberapa hal seperti processing, transportasi dan delivery. Jika salah satunya mengalami kendala tentu hal ini tidak akan berjalan dengan baik.

Oleh sebab itu, bisnis e-commerce ini membutuhkan partner logistik ecommerce perusahaan sehingga semua kegiatan dari bisnis tersebut bisa berjalan lancar. Biasanya yang sering sekali terjadi yaitu pada saat proses transportasi dan delivery. Di mana barang yang dikirimkan dari suatu daerah ke daerah lainnya sering mengalami keterlambatan dan tidak sesuai waktu yang dijanjikan. 

Terkadang ada juga pihak jasa logistik melakukan pengantaran barang yang tidak sesuai alamat konsumen. Oleh karena itu, jika perusahan e-commerce menerapkan solusi logistik dengan baik maka semua permasalahan akan terselesaikan dengan baik pula.

Sektor logistik ini ternyata juga menjadi salah satu unit bisnis dari SERA yang tergabung dalam Grup Astra. Di bawah brand SELOG, yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda.

PT Serasi Logistik Indonesia (SELOG) ini menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh. 

Tak hanya itu, tapi SELOG juga memiliki layanan SELOG Express untuk pengiriman dokumen dan paket. Saat ini SELOG melayani segmen industri yang luas, antara lain otomotif, consumer goods, alat berat, kebutuhan bahan pokok dan lainnya.

SELOG kini juga telah menerapkan layanan Warehouse Management System (WMS). Layanan WMS ini memungkinkan proses pelacakan secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time. 

SELOG hadir memberikan jasa logistik end to end dengan layanan yang beragam, salah satunya courier services. Secara umum, jasa kurir ekspres ini terbagi dalam dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service. 

Sementara itu, dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (valuable, perishable, dangerous goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi tautan berikut ini


4745
Tags
TRAC