SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Jangan Emosi, Begini Cara Menghadapi Rekan Kerja Toxic

Idealnya, setiap karyawan pasti menginginkan lingkungan kerja yang nyaman dan rekan kerja yang bersahabat. Tapi realita yang terjadi kadang nggak selalu sesuai dengan yang diimpikan.

Di lingkungan kerja ada berbagai macam karakter dan sifat rekan kerja, terutama di dalam perusahaan atau organisasi berskala besar.

Pasti ada saja rekan kerja yang dianggap toxic. Karyawan yang sering membuat nggak nyaman karyawan lain. Yang kadang membuat rekan kerja jadi tertekan, bahkan bisa mengganggu kesehatan mentalnya.

Rekan kerja toxic punya kebiasaan sering mengganggu rekan kerja lain dalam hal pribadi maupun pekerjaan. Seperti meremehkan orang lain, menambah beban pekerjaan kepada yang lain atau sengaja membatasi kinerja seluruh tim. Perilakunya terkesan positif meski sebenarnya palsu.

Tapi kamu nggak boleh menghindari 'penyakit' itu. Kamu hanya perlu mempelajari strategi yang tepat untuk menghadapinya. Alih-alih merasa tersiksa oleh rekan kerja toxic, kamu seharusnya justru bisa meningkatkan produktivitas dan merasakan lebih banyak kegembiraan.

Baca juga: Mengenal Warehouse Officer di Industri Logistik dan Shipping

Tips Menghadapi Rekan Kerja Toxic

Percaya Diri

Pertama-tama, penting untuk memahami dan memantapkan posisi diri sendiri. Jangan biarkan perilaku toxic teman kerja meruntuhkan kepercayaan diri kamu. Ingatlah bahwa kamu memiliki kualitas dan kemampuan hebat. Dengan rasa percaya diri, kamu pasti bisa menghadapi situasi dengan kepala dingin.

Baca Situasi 

Saat salah satu rekan kerja menunjukan perilaku toxic, luangkan waktu untuk menilai situasinya. Perhatikan dan analisa apa yang dikatakannya, misalnya saat rapat atau berinteraksi dengan anggota tim lainnya. Dengan begitu kamu bisa memahami secara lebih mendalam perilaku toxic yang dilakukannya.

Kumpulkan Bukti

Kamu bisa menyimpan kiriman email atau chat dari rekan kerja yang toxic tersebut yang berisi pesan merendahkan atau bertindak bak manajer dengan memberikan perintah seenaknya. Kalau hal itu berdampak langsung ke kamu, buat catatan setiap interaksi negatif terjadi.

Ajak Diskusi

Ajak bicara rekan kerja yang toxic tersebut dan sertakan bukti-bukti yang sudah kamu kumpulkan. Mungkin saja, sebagian orang tidak menyadari bahwa sikap mereka menyebarkan racun.

Atau bisa juga hal tersebut merupakan cara mereka melepaskan stres secara tidak sadar. Tetap lakukan diskusi itu dengan cara-cara profesional dan sesuai aturan.

Baca juga: Lowongan Kerja Sera Grup Astra Terbaru Mei 2024

Kendalikan Diri

Kalau kamu 'malas' berbicara dengan si rekan kerja toxic tersebut atau kesulitan untuk menyampaikannya, kamu bisa mempelajari teknik pengaturan diri.

Metode relaksasi ini mengatasi ketegangan sistem saraf sehingga menjaga suasana kerja lebih sehat dan mencegah stres saat berada di rumah.

Dukungan Rekan Kerja

Bangun hubungan baik dengan rekan kerja lainnya sehingga bisa menjadi fondasi yang kuat untuk menghadapi rekan kerja toxic. Saling berbagi pengalaman atau mendengarkan cerita bisa jadi cara untuk memahami bahwa kamu tidak sendirian dalam menghadapinya.

Cari Bantuan

Jika situasinya terus memburuk, jangan ragu untuk mencari bantuan. Bicarakan dengan atasan atau HRD untuk mencari solusi yang tepat. Kadang-kadang, penanganan profesional diperlukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Berikan bukti yang kamu kumpulkan sebagai bahan pendukung.

Itulah beberapa cara dalam menghadapi rekan kerja yang toxic. Dengan sikap bijak, komunikasi yang efektif, dan dukungan dari rekan kerja lainnya, kamu dapat melewati situasi ini. Ingatlah bahwa kebahagiaan dan kesehatan mental adalah prioritas utama.

Kebahagiaan di tempat kerja nggak hanya tergantung dari karakter orang-orang didalamnya, tapi juga sangat bergantung pada budaya kerja yang dibangun oleh perusahaan.

Baca juga: 5 Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Impian

Makanya penting untuk mempelajari latar belakang hingga budaya kerja perusahaan. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.

264
Tags
SERA