SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Saat Tidak Bisa Jawab Pertanyaan Interview Kerja

Wawancara kerja merupakan langkah awal dalam proses seleksi karyawan. Namun wawancara kerja juga merupakan salah satu faktor yang paling menentukan sehingga jadi momen paling krusial bagi setiap kandidat.

Agar berhasil dalam wawancara kerja, sangat dianjurkan bagi para pelamar untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Baik persiapan secara fisik, waktu hingga mental.

Ada banyak buku atau sumber literatur yang mengulas tentang persiapan menghadapi wawancara kerja. Termasuk juga persiapan dalam mengantisipasi berbagai pertanyaan yang diberikan oleh perekrut.

Layaknya olahragawan yang akan bertanding, diperlukan latihan agar kamu bisa memberi jawaban yang baik dan tepat. Terus bagaimana kalau ada pertanyaan diluar prediksi? Berikut ini 8 tips yang bisa dicoba untuk mengatasi situasi tersebut.

Baca juga: Jangan Emosi, Begini Cara Menghadapi Rekan Kerja Toxic

8 Cara Antisipasi Jika Tidak Bisa Jawab Pertanyaan Interview Kerja

Jangan Panik

Hindari rasa panik karena dapat membuat kamu nggak bisa berpikir jernih. Untuk meminimalisasinya, mulailah dengan mempelajari pertanyaan dasar yang seringkali ditanyakan dan pertanyaan terkait posisi yang dilamar.

Namun bila rasa panik tetap ada karena tidak mampu menjawab pertanyaan, usahakan untuk tidak menunjukkannya. Tunjukkan bahasa tubuh yang tetap asertif dan percaya diri agar terlihat sebagai pribadi yang tenang dan mampu mengatasi kondisi di luar perkiraan.

Tetap Tenang 

Salah satu cara yang bisa membantu tetap tenang adalah dengan mengatur nafas secara baik. Yaitu bernapas dengan ritme yang perlahan dan stabil. Aliran oksigen yang bergerak menuju otak secara teratur membantu kamu untuk berpikir lebih jernih.

Kalau merasa gugup, atau kurang memahami pertanyaannya, segera beri tahu interviewer. Dengan cara ini kamu menunjukkan diri sebagai orang yang terbuka dan jujur. Cara ini juga bisa jati trik untuk mencairkan suasana.

Baca juga: Mengenal Warehouse Officer di Industri Logistik dan Shipping

Klarifikasi Pertanyaan

Kalau tidak bisa menjawab karena kurang memahami pertanyaan, tanyakan kembali apakah pertanyaan yang kamu tangkap sesuai dengan dimaksud. Keberanian bertanya akan menimbulkan kesan asertif dan kepercayaan diri. Tentunya dengan cara yang santun dan minta dijelaskan lebih detail pertanyaan yang dimaksud.

Jangan Pura-pura Mengerti

Kalau kamu berpikir bahwa berpura-pura mengerti lebih baik dari pada menanyakan kembali, ini merupakan pendapat yang salah. Hindari memberi jawaban yang dibuat-buat dan tak masuk akal.

Lebih baik berkata jujur dengan sopan bahwa kamu kurang memahami pertanyaannya. Kamu juga bisa menjawab dengan cara yang positif, seperti menjelaskan bahwa kamu berharap diberi kesempatan untuk mempelajari hal tersebut jika diterima kerja nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa menjawab bahwa meskipun belum pernah mengalami masalah tersebut, kamu bisa menjelaskan kira-kira langkah-langkah yang akan ditempuh untuk mengatasinya.

Jangan lupa untuk mengatakan bahwa kamu akan senang untuk mempelajarinya lebih dalam jika diberi kesempatan berkarir di perusahaan tersebut.

Baca juga: Lowongan Kerja Sera Grup Astra Terbaru Mei 2024

Arahkan Topik 

Strategi selanjutnya saat tidak bisa menjawab pertanyaan interview adalah berusaha mengarahkan topik pada hal yang kamu kuasai. Tapi pastikan arah topik itu masih relevan dengan pertanyaan yang diajukan.

Misalnya rekruter bertanya tentang keyword dari research tool sedangkan kamu kurang mengerti atau bahkan tidak paham maksudnya. Maka pastikan dulu apakah tujuan pertanyaan tersebut tentang strategi memilih keyword.

Setelah itu, kamu bisa tawarkan untuk menjelaskan strategi keyword berbeda yang pernah kamu lakukan atau ketahui sebelumnya.

Ulur Waktu 

Meskipun banyak orang mengatakan bahwa waktu tidak dapat dibeli, tapi kamu bisa mengulur waktu agar bisa berpikir lebih lama dalam menjawab pertanyaan. Misalnya saat perekrut menanyakan cara mengatasi konflik dalam tim, kamu dapat mengklasifikasi ulang pertanyaan tersebut.

Contohnya dengan bertanya konflik seperti apa yang dimaksud atau apakah konflik di dalam tim satu divisi atau antar divisi. Pertanyaan klarifikasi itu dapat memberi waktu lebih panjang untuk berpikir. Sambil memperhatikan penjelasan ulang interviewer, kamu bisa putar otak untuk merangkai jawaban yang sesuai.

Ceritakan Pengalaman

Seringkali karena ingin mencari pengalaman, kamu melamar posisi yang kurang relevan dengan latar belakang yang kamu punya. Pastikan kamu sudah mempelajari seluk beluk posisi yang dilamar dengan baik.

Contoh, kamu melamar posisi pemasaran padahal latar belakangmu adalah bidang finansial. Kamu tentu akan mendapat pertanyaan yang agak membingungkan. Tipsnya adalah coba kaitkan dengan pengalamanmu di bidang finansial.

Baca juga: 5 Tips Mudah Mendapat Pekerjaan Impian

Jelaskan dengan jujur bahwa kamu belum pernah memiliki pengalaman pemasaran dan merupakan hal baru bagi kamu. Meski begitu kamu tetap bisa memberi kontribusi di bidang itu dengan  pengalaman di bidang keuangan yang kamu miliki sebelumnya. Seperti bagaimana mengatur pengeluaran anggaran pemasaran agar lebih terukur dan efisien.

Berkata Jujur 

Saat tidak bisa menjawab pertanyaan, ingatlah bahwa nggak ada kandidat yang sempurna. Apalagi bagi fresh graduate. Yang terpenting tunjukkan pola pikir yang siap berkembang dan kegigihan untuk belajar.

Sebaiknya bersikap jujur dari pada memaksa untuk menjawab hal yang sebetulnya nggak kamu pahami. Tapi tetap usahakan untuk nggak sekedar menjawab tidak tahu atau belum pernah melakukannya.

Tetaplah berusaha mempromosikan diri, misalnya dengan mengatakan bahwa kamu senang sekali jika bisa mengasah keahlian yang dibutuhkan sambil menerangkan bahwa saat kuliah dulu kamu berhasil memimpin acara kampus dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba saat tidak bisa menjawab pertanyaan wawancara kerja. Tidak seorang pun tahu jenis pertanyaan apa yang akan dilontarkan pererut. Tapi ada baiknya untuk mempersiapkan diri menghadapi skenario tersulit saat wawancara.

Baca juga : Kerja Sesuai Passion Yakin Bisa Bikin Bahagia?

Selain itu, pastikan juga perusahaan yang dituju punya  budaya kerja yang positif dan memiliki prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan yang punya reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

Jangan lupa juga follow media sosial SERA di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir dan lowongan kerja terbaru.


325
Tags
SERA