SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Aman Melewati Tanjakan Pakai Mobil Manual

Saat berkendara dengan mobil manual, pernahkah kamu mengalami mobil tiba-tiba mundur ketika berada di antrian gedung parkir bertingkat yang menanjak? Atau mungkin kamu pernah melihat mobil lain yang mundur tiba-tiba di antrian menanjak tersebut?

Mengemudikan mobil transmisi manual di jalan menanjak memang membutuhkan keterampilan khusus, terutama jika kondisinya macet atau dalam antrian.

Hal itu terjadi saat pengemudi melepas pedal rem untuk beralih menekan pedal gas. Jeda sepersekian milidetik saja cukup untuk membuat mobil mundur tiba-tiba dan membuat panik sang pengemudi.

Karena itu ada beberapa cara tepat mengendarai mobil manual di tanjakan, agar tidak membahayakan si pengemudi dan pengendara lain.

Baca juga: Sewa Mobil Bulanan, Solusi Kalau Pembatasan Kendaraan Berusia 10 Tahun Diberlakukan

3 Teknik Menanjak dengan Mobil Manual

Rem Tangan

Teknik pertama dan yang paling umum digunakan adalah dengan memanfaatkan rem tangan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Injak penuh pedal kopling dengan kaki kiri berbarengan dengan menginjak pedal rem dengan kaki kanan 

  • Masukkan tuas transmisi ke posisi gigi 1

  • Tarik tuas rem tangan secara penuh dengan tangan kiri 

  • Lepas kaki kanan dari pedal rem (mobil tetap diam karena pengereman telah digantikan oleh rem tangan)

  • Lepas pedal kopling secara perlahan berbarengan dengan menekan pedal gas secara perlahan juga hingga terasa bahwa laju mobil agak tertahan oleh rem tangan 

  • Saat terasa bahwa tenaga mobil tertahan oleh rem tangan, segera lepas atau turunkan tuas rem tangan 

  • Lepas pedal kopling secara penuh dan tekan pedal gas sesuai kebutuhan hingga mobil melaju normal 

  • Saat mobil di depan kembali berhenti, lakukan kembali cara seperti di awal dengan menekan pedal kopling dan pedal rem sambil menarik tuas rem tangan

Baca juga: Cara Hitung Biaya Pajak Mobil Tahunan Dan 5 Tahunan

Setengah Kopling

Teknik yang satu ini terbilang paling sulit. Disarankan untuk digunakan oleh para pengemudi yang memiliki keterampilan tinggi atau sudah sangat berpengalaman dalam mengendalikan mobil transmisi manual. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Saat berhenti di jalan menanjak, injak pedal kopling dan pedal rem secara berbarengan

  • Pindahkan tuas transmisi ke posisi gigi 1

  • Jika ingin maju, pindahkan kaki kanan secara cepat untuk menekan pedal gas sekitar 2000 RPM dan di saat bersamaan lepas pedal kopling pada posisi setengah kopling secara cepat agar mobil tidak mundur

  • Setelah mobil tertahan dan tidak mundur karena teknik setengah kopling, tekan pedal gas dan lepas pedal kopling secara bersamaan hingga mobil bergerak maju

Rem Kopling Bersamaan

Teknik ketiga ini hanya bisa dilakukan pada mobil yang memiliki posisi pedal kopling dan rem yang berdekatan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Ketika mobil berhenti di jalan menanjak, injak pedal pedal rem dan kopling secara bersamaan hanya dengan menggunakan satu kaki, yaitu kaki kiri

  • Masukkan tuas transmisi ke posisi gigi 1

  • Saat akan bergerak maju, injak pedal gas hingga sekitar 2000 RPM dan secara bersamaan lepas pedal kopling dan rem dengan perlahan hingga posisi setengah

  • Setelah terasa bahwa tenaga mobil tertahan oleh rem, tekan pedal gas lebih dalam berbarengan dengan melepas pedal kopling dan rem secara penuh hingga mobil melaju normal

Baca juga: Keunggulan Toyota Fortuner, Mobil Sangar yang Asik Buat Harian

Itulah tiga teknik mengemudikan mobil manual saat melewati jalan menanjak. Dari ketiganya, teknik setengah kopling bisa dibilang yang tersulit. Tapi apapun teknik yang digunakan, pastikan kamu telah menguasainya dengan sempurna.

Selain itu, kondisi mobil juga perlu diperhatikan. Lakukan perawatan rutin, agar semua komponen vital, terutama rem dan kopling kondisinya selalu terjaga. Tapi kalau nggak mau ribet dengan urusan perawatan, biar lebih praktis kamu juga bisa rental mobil buat menunjang aktivitas harian.

Tapi jangan sembarangan pilih layanan rental mobil, pastikan dulu reputasi dan kredibilitasnya baik, seperti TRAC. Hadir sebagai pioneer sewa kendaraan, TRAC selalu bisa jadi solusi transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal.

Sebagai pioner layanan sewa kendaraan khususnya rental mobil, TRAC telah berpengalaman lebih dari 37 tahun. TRAC menyediakan pilihan mobil yang beragam, mulai dari city car hingga MPV dan SUV premium.

Untuk jenis hatchback/sedan, tersedia mulai dari Daihatsu Ayla, Toyota Corolla Altis, hingga BMW 5 Series bahkan juga mobil listrik Toyota Prius.

Baca juga: Lebih Untung Mana, Beli Atau Rental Mobil?

Jika membutuhkan MPV, tersedia pilihan mulai dari Toyota Calya, Daihatsu Gran Max hingga Toyota Innova Zenix dan Toyota Alphard/Vellfire. Untuk SUV, tersedia pilihan mulai dari Daihatsu Terios, BMW X6, Lexus RX300 hingga Toyota Land Cruiser.

Selain itu, TRAC memberi jaminan unit-unit kendaraan yang disewakan dalam kondisi prima dan terawat, bahkan model keluaran terbaru. Layanan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, termasuk bantuan pelanggan selama 24 jam penuh.

Di TRAC kamu bisa rental mobil dengan pengemudi atau lepas kunci. Cara pesannya juga mudah, lewat halaman reservasi di website TRAC atau aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Informasi lebih lanjut tentang layanan TRAC kamu juga bisa cek langsung website resmi TRAC di https://www.trac.astra.co.id/ dan follow akun media sosial TRAC di Instagram @trac_astra, Facebook TRAC-Astra Rent a Car, atau Twitter (X) @TRACastra.

69
Tags
TRAC