SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Arti Integritas dan Cara Menerapkannya di Tempat Kerja

Apa itu Integritas?

Sebagian besar orang, tak terkecuali pekerja mungkin menganggap skill (keterampilan) atau pendidikan akademik sebagai faktor paling penting untuk menunjang karir.

Nggak ada yang salah memang. Tapi yang perlu juga kamu tahu, berdasarkan hasil survei, 95% perusahaan menganggap bahwa integritas merupakan salah satu nilai utama yang paling penting di dunia kerja. Lalu apa sebenarnya integritas?

Secara definisi, integritas merupakan sikap dimana seseorang bertanggung jawab atas pekerjaan yang yang diberikan padanya dan mengerjakannya dengan penuh profesionalitas, serta menjauhkannya dari kepentingan pribadi.

Jadi seorang karyawan atau pekerja yang punya integritas adalah mereka yang bertindak secara konsisten menyelaraskan perkataan dan tingkah laku dengan nilai-nilai yang dianut di tempat kerja.

Integritas di dunia kerja sangatlah penting, karena punya banyak dampak positif buat karyawan serta perusahaan. Seperti meningkatkan peluang karir, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, hingga pada akhirnya ikut serta membangun reputasi perusahaan dengan baik.

Baca juga: Lowongan Kerja Mei 2025 SERA Grup Astra

Lalu hal apa saja yang termasuk dalam integritas? Bagaimana cara meningkatkannya di tempat kerja? Baca tulisan ini sampai selesai ya!

7 Contoh Integritas di Tempat Kerja

1. Jujur dan Akui Kesalahan

Sebenarnya integritas sudah mencakup sejumlah sikap-sikap positif secara luas. Tapi di dunia kerja, ada sejumlah sikap yang perlu dimiliki untuk mendukung integritas, salah satunya kejujuran.

Karyawan dengan integritas tinggi akan selalu bersikap dan berkata jujur saat bekerja. Termasuk saat melakukan kesalahan, karyawan berintegritas tinggi akan berani mengakui kesalahan secara jujur demi perbaikan diri sehingga jadi sosok yang bisa dipercaya dan diandalkan.

2. Hati-hati dan Bertanggung Jawab

Sikap lain yang termasuk dalam integritas adalah rasa tanggung jawab. Seorang karyawan perlu memahami bahwa setiap tindakan dan keputusan punya konsekuensi.

Dengan begitu, karyawan bisa lebih berhati-hati dalam bersikap dan mengambil keputusan. Kalau pun terjadi sesuatu, mereka akan bertanggung jawab dan siap menanggung setiap resikonya.

3. Konsisten

Menjaga konsistensi antara ucapan dan perbuatan juga termasuk dalam bagian integritas. Karyawan yang punya integritas pasti akan berpikir terlebih dulu sebelum berbicara sehingga perbuatannya selalu terukur dan selaras dengan apa yang diucapkannya.

4. Menghargai dan Adil

Karyawan berintegritas tinggi juga biasanya selalu menghargai dan menghormati orang lain. Mereka akan selalu berusaha bertindak adil pada semua orang, tidak bertindak sewenang-wenang, dan hanya berpihak pada kebenaran. Sikap ini penting untuk mencegah konflik kepentingan di tempat kerja.

Baca juga: Etika Interview Kerja yang Perlu Diperhatikan

5. Menjunjung Kebenaran

Karyawan berintegritas tinggi selalu berani menjunjung kebenaran meski situasinya pahit atau sulit. Sikap tersebut juga biasanya dibarengi dengan keberanian untuk menanggung konsekuensi dari tindakan dan keputusan yang diambil.

6. Tepat Waktu

Disiplin waktu dalam hal apapun merupakan satu sikap integritas. Kalau di dunia kerja misalnya dengan selalu mematuhi peraturan jam masuk, tidak korupsi waktu istirahat, hingga tidak mengurangi waktu kerja dengan pulang lebih awal atau aktivitas yang nggak penting.

7. Menjaga Rahasia

Salah satu bentuk integritas lainnya adalah bisa dipercaya untuk menjaga rahasia. Baik itu rahasia pribadi teman kerja ataupun perusahaan. Karyawan berintegritas hanya akan menggunakan data perusahaan untuk kepentingan kerja bukan personal yang bisa menguntungkan dirinya sendiri.

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya sikap integritas di dunia kerja. Selain berusaha untuk menjaga integritas, pastikan juga perusahaan tempat kamu bekerja punya budaya yang positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Baca juga: Tips Anti Gugup saat Interview Kerja

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

23
Tags
SERA