This site uses cookie, to continue browsing this site means you agree to our cookie policy Find out more here. Use Latest Chrome version for the best experience.
Dalam kegiatan ekspor-impor maupun distribusi logistik, pengiriman barang berukuran besar dan berat selalu menjadi tantangan tersendiri.
Umumnya, kategori barang besar mencakup muatan dengan berat lebih dari 30 kilogram, volume di atas 0,5 meter kubik, atau yang memerlukan alat bantu khusus saat proses pemindahan.
Untuk memastikan seluruh proses pengiriman berjalan aman dan efisien, perusahaan perlu bekerja sama dengan penyedia jasa pengiriman barang besar profesional dan berpengalaman.
Berikut beberapa hal penting yang bisa jadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan.
Langkah pertama, pastikan memilih penyedia jasa pengiriman yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik di kalangan pelaku bisnis.
Baca juga: Penyebab Keterlambatan Pengiriman Barang
Perhatikan bagaimana mereka menangani kliennya, mulai dari layanan pelanggan, keamanan pengiriman, hingga ketepatan waktu.
Sebagai tambahan, bisa juga cek portofolio proyek atau testimoni pelanggan sebelumnya untuk memastikan kredibilitas layanan yang ditawarkan.
Setiap jasa pengiriman memiliki jenis layanan dan moda transportasi yang berbeda. Ada yang fokus pada pengiriman laut, kargo darat, atau kargo udara.
Jadi pastikan pahami dulu karakteristik barang dan rute pengiriman agar bisa memilih layanan yang paling sesuai.
Memilih layanan yang tepat akan membantu efisiensi biaya dan waktu. Terutama kalau pengiriman rutin dilakukan dan dalam jumlah besar ke berbagai wilayah.
Sebelum menjalin kerja sama, pelajari dulu keunggulan yang dimiliki penyedia jasa. Pertimbangkan aspek-aspek penting, seperti efisiensi biaya, ketepatan waktu, serta keandalan sistem pelacakan.
Baca juga: Perbedaan Truk Tronton, Trintin, dan Trinton
Layanan yang memiliki sistem monitoring real-time, serta dukungan pelanggan yang responsif juga bisa memberikan nilai tambah.
Setiap pengiriman barang besar pasti melibatkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, pastikan jasa pengiriman memberikan rincian biaya yang transparan di awal.
Faktor yang perlu diperhatikan antara lain:
Jarak dan rute pengiriman
Berat dan volume barang
Moda transportasi yang digunakan
Dengan mengetahui detail tersebut, Anda jadi lebih bisa membuat perencanaan anggaran logistik yang lebih efisien dan terukur.
Salah satu penyedia jasa pengiriman besar yang bisa jadi pilihan adalah SELOG, lini bisnis dariPT Serasi Autoraya (SERA) yang juga bagian dari grup Astra.
Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun,SELOG hadir menawarkan berbagai kebutuhan jasa logistik yang komprehensif dan end to end. Mulai dari Trucking, Shipping, Freight Forwarding, Warehousing, serta Project Cargo.
Baca juga: Mengenal Kontainer, Peti Kemas di Dunia Logistik
Layanan SELOG juga didukung penggunaan teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis, salah satunya dengan teknologi Astra Fleet Management Solution (AstraFMS) dan Warehouse Management System (WMS).
Informasi lebih lanjut tentang profil dan layanan SELOG, kamu bisa mengunjungi website resmi SELOGwww.selog.astra.co.id serta media sosial di instagram@selog_astra danLinkedin SELOG.