SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tertarik Membeli Mobil Bekas dengan Aman, Ini Tipsnya!

Beli Mobil Bekas Jangan Asal Mulus, Perhatikan Juga Hal Berikut

Ketika hendak membeli mobil bekas jangan langsung tergiur dengan tampilan luarnya, biasanya hanya melihat unit incaran punya penampilan mulus, pasti hati langsung tergugah. Tapi perlu diingat, saat berburu seperti ini bukan perihal cat mulus. Perlu pengecekan detail supaya mendapat unit berkualitas.


Periksa Panel dan Tulang Bodi

Katakanlah cat kinclong, coba perhatikan dulu nut bodi serta keutuhan panelnya. Di permukaan umumnya semua mobil punya garis samar dan beberapa lipatan. Penting untuk Anda melihat keutuhan tarikan garis ini.

Semuanya harus presisi dan bertemu satu sama lain. Area kiri dan kanan juga umumnya memiliki lipatan bodi yang sama. Jika terindikasi ada yang hilang atau aneh, bisa saja body pernah direparasi bekas kena tabrakan. Atau memang ketika mengecat ulang prosesnya tidak rapi.

Justru, soal cat kusam atau bodi baret lebih mudah diperbaiki. Daripada harus membetulkan panel dan hilangnya nut bodi. Maka dari itu pastikan teliti saat melihatnya.

Begitu pula tulang di balik kap mesin, seharusnya tak memiliki titik las yang aneh. Kiri kanan harusnya presisi. Juga ketebalan tulangnya ketika diraba jari tidak keriting. Lempengan asli pabrik mestinya rata. Berlaku juga di balik pintu bagasi, untuk menghindari unit bekas tabrakan.


Baca juga : Antara Dp Rendah Dan Cicilan Mobil Murah, Pilih Yang Mana?


Awas Bekas Banjir

Penting juga bagi Anda mengecek apakah unitnya pernah terendam banjir parah atau tidak. Proses ini bisa Anda mulai dengan menghirup aroma di dalam kabin. Biasanya, kalau pernah terendam parah muncul bau yang kurang sedap.

Setelah itu, perhatikan warna door trim, jok, sampai dashboard. Bahkan plafon pun bukan tak mungkin menjadi belang kalau pernah kena rendaman air kotor. Dari situ, periksa semua bagian yang tertutup karet. Mestinya tak ada bekas lumpur. Terutama di jalur kabel yang umumnya terletak di samping bawah pintu.


Periksa Kondisi Mesin

Yang paling utama, adalah melihat dipstick oli. Lebih baik warna hitam sekalian atau kalau normal warnanya bakal coklat bening. Kalau sudah jadi kopi susu, sebaiknya Anda bersiap melakukan perbaikan karena berarti ada kebocoran di ruang bakar (Tercampur air). Berlaku juga di reservoir radiator, jangan sampai berwarna kopi susu.

Dari situ coba periksa bagian dekat gasket, apakah ada rembesan oli atau sekadar debu. Anda memang harus menyentuhnya untuk memastikan kotoran atau oli. Yang pasti, bagian blok mesin ini semestinya kering. Jangan lupa liat ke kolong apakah ada yang menetes atau tidak.


Baca juga : Pasar Mobil Bekas Di Indonesia Masih Sangat Menjanjikan


Pastikan Dokumen Lengkap

Apalah artinya mobil bagus jika dokumennya tidak lengkap. Bisa-bisa malah unitnya dianggap mobil bodong dan justru disita aparat berwenang saat apes tak bisa menunjukkan surat-surat. BPKB, STNK, adalah dua hal wajib. Faktur dan lain-lainnya mengikuti saja.

Jangan malas mengecek keabsahan keduanya. Nomor rangka dan mesin harus sama antara STNK, BPKB, serta yang ada pada fisik mobilnya. Bukan tidak mungkin jika pedagang nakal hanya mengakali hal itu, padahal identitas di surat berbeda dengan kondisi fisik mobil. Nantinya malah merepotkan Anda. Baru dari situ, periksa pajaknya dan jika ada keterlambatan cukup cek lewat platform online sesuai daerah masing-masing.


Ajak Teman atau Montir Ahli Jika Tak Paham

Jika tak percaya diri mengecek sendiri, sebaiknya ajak teman atau montir yang paham mengenai mobil. Setidaknya mereka bisa mengingatkan jika menemukan hal ganjil dan bakal merugikan kedepannya.

Atau kalau tak punya kenalan, mudah saja mengajak tenaga ahli dari platform online. Kini sudah bertebaran yang menyediakan jasa pengecekan semacam ini. Dan biasanya membawa alat hingga pengecekannya cukup detail. Membayar ongkosnya tak seberapa kalau dibandingkan dengan keuntungan yang bisa Anda dapat nantinya. 

Solusi terbaik bila ingin membeli mobil bekas, pilihlah dealer yang terpercaya seperti mobil88 yang memiliki standar tinggi ketika menjual mobil bekas pada konsumen. Mobil dipastikan bukan bekas tabrakan, bebas banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, serta nomor rangka dan mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

Selain itu, di mobil88 memberikan jaminan atas kualitas produk dan layanan yang terangkum dalam buku garansi mobil bekas mobil88. Buku garansi hadir sebagai komitmen mobil88 dalam memberikan jaminan bagi konsumen, melengkapi proses seleksi, uji mutu dan layanan jual beli mobil bekas yang dijalankan tim mobil88.

Beli mobil bekas di mobil88 tidak perlu repot, karena merupakan dealer yang sudah berpengalaman dan merupakan unit usaha SERA di bawah naungan Astra. Bukan hanya di Jakarta saja, tapi showroom mobil88 sekarang ini sudah memiliki 21 showroom di 9 kota ; Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Balikpapan.

Anda juga bisa Tukar Tambah apapun Merk dan Type mobil lama Anda di mobil88 dengan mudah hanya dalam waktu 1 jam saja! Tunggu apalagi, langsung saja cek stok unit mobilnya di sini.

3112
Tags