SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Cara Membuat CV Menarik Agar Lamaran Kerja Cepat Dilirik

Membuat CV Menarik Memberikan Nilai Tambah


Membuat CV menarik menjadi salah satu modal yang perlu dipersiapkan saat melamar kerja. Sebab, dalam CV tersebut, perekrut dapat melihat beragam informasi yang dibutuhkan terkait calon karyawan sebagai pertimbangan saat proses seleksi.


Dengan setumpuk lamaran yang masuk, CV yang Anda kirim tentu harus berlomba untuk menarik perhatian perekrut. Untuk itu, disinilah fungsinya membuat CV menarik. Anda akan terlihat lebih “niat” dalam mencari kerja, dan tentu saja membuat lamaran jadi cepat dilirik.


Namun, membuat CV menarik bukan berarti harus menyajikannya dengan perpaduan warna ataupun gambar yang tampak mentereng. Melainkan lebih kepada isi dan informasi yang tersaji dapat mudah dipahami secara rinci.


Meski terlihat sepele, nyatanya masih banyak juga para pencari kerja yang kewalahan dalam membuat CV ini. Setidaknya ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam membuat CV menarik sebelum dikirimkan kepada perusahaan impian.


Baca juga : Tips Melamar Kerja Setelah Lebaran


5 Tips Membuat CV Menarik


1. Sampaikan Informasi Diri Secara Rinci

Saat membuat CV, hal pertama yang perlu dimasukan adalah informasi tentang data diri. Sampaikan beberapa informasi yang dinilai cukup penting dan relevan saja dengan kebutuhan Anda sebagai seorang pencari kerja. Jangan menjadikan CV seperti “buku diary”. Toh nyatanya perekrut juga tidak membutuhkan itu.


Informasi tentang diri Anda memang harus diberikan secara rinci, namun juga singkat dan padat. Sehingga perekrut tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempelajari karakter dan kepribadian Anda. Buat perekrut tertarik, meski CV yang dikirim hanya secarik.


2. Gunakan Kalimat yang Tepat

Sudah menjadi sesuatu yang lumrah saat akan melamar kerja Anda harus menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat. Karena sebagai tempat yang berisikan orang-orang profesional, perekrut tentu juga menyaring calon karyawannya berdasarkan salah satu kriteria tersebut.


Sampaikan kesan profesionalitas Anda lewat perpaduan kata yang tertuang dalam CV dan surat lamaran. Salah satu caranya Anda bisa mengganti beberapa kata yang nampak familiar. Seperti “Pekerja Keras” ganti dengan “Inovatif” atau “Kreatif”, serta “Bisa Bekerja Dibawah Tekanan” menjadi “Bekerja Secara Konsisten”.


Baca juga : Tips Menjaga Semangat Kerja Usai Libur Lebaran


Dengan begitu, perekrut dapat melihat Anda sebagai calon karyawan dengan pribadi yang berbeda. Sehingga bukan tidak mungkin, kesempatan untuk diterima juga akan jauh lebih besar.


3. Berikan Pengamalaman yang Relevan

Jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja, cantumkan beberapa informasi terkait jobdesk yang pernah dikerjakan sebelumnya. Informasi ini penting diketahui perekrut, untuk memastikan kecocokan antara pengalaman yang Anda miliki dengan posisi yang dilamar. Jika nampak relevan, kemungkinan besar CV yang Anda kirim akan diproses ke tahap seleksi berikutnya.


Namun jika Anda adalah seorang fresh graduate, Anda juga bisa menyampaikan beberapa pengalaman yang pernah dilalui saat masa kuliah. Seperti mengikuti kegiatan organisasi, atau beragam pelatihan hard skill maupun soft skill.


Malah saat ini mayoritas Universitas juga telah mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Jadi bisa modal penting juga tuh!


4. Buat Desain yang Profesional

Membuat CV menarik salah satu caranya tentu saja dengan menyajikan desain yang tak biasa. Anda bisa mengemas beragam informasi yang perlu masuk ke dalam CV agar terlihat lebih profesional. Dengan begitu, perekrut akan lebih mudah terpikat dengan struktur CV yang tertata dan rapi.


Apalagi saat ini sudah banyak website yang menyediakan template desain menarik yang bisa digunakan untuk membuat CV menarik, seperti Canva, dll.


5. Berikan Kontak yang Masih Aktif

Hal terakhir yang kerap kali terlupa disampaikan oleh pelamar kerja adalah informasi tentang kontak aktif yang bisa dihubungi. Karena banyak kasus, perekrut kesulitan menghubungi calon karyawannya karena kontak yang diberikan sudah tidak lagi aktif.


Baca juga : Segera Hindari, Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Produktivitas Kerja


Jadi pastikan untuk mengecek secara detail informasi kontak yang diberikan, setidaknya masukan nomor handphone dan alamat email. Karena hanya akan jadi percuma CV dan lamaran yang Anda kirim kalau pada akhirnya tidak bisa dihubungi oleh pihak perusahaan.


Setelah mengetahui beberapa tips jitu dalam membuat CV menarik, sekarang saatnya bagi Anda untuk mencari berbagai informasi lowongan pekerjaan.


Saat ini banyak lowongan kerja bertebaran di internet dari perusahaan-perusahaan ternama, salah satunya PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

2099
Tags
SERA