SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Segera Hindari, Pola Pikir Ini Bisa Menghambat Produktivitas Kerja

Dalam dunia kerja, setiap orang tentu dituntut untuk dapat menyelesaikan setiap tanggung jawab yang diberikannya. Karena hal itu berkaitan dengan hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan.


Sebagai pemberi kerja, perusahaan pasti menginginkan hasil kerja yang baik dari setiap karyawannya. Karena untuk mencapai tujuan perusahaan, tentu dibutuhkan kerja nyata dan profesionalisme karyawan untuk selalu produktif.



Baca juga : Lakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman



Yang pada akhirnya juga pasti akan berdampak baik pada benefit yang diterima karyawan atas hasil kinerjanya tersebut.


Bicara soal produktivitas, ini tentu berkaitan dengan hasil yang dicapai oleh setiap karyawan selama jam kerja. Perusahaan tentu tidak ingin merugi, karena telah memberi gaji yang cukup namun hasil kerja yang didapat malah nihil.


Maka tak heran bila aspek produktivitas ini selalu menjadi poin penting dalam indikator penilaian karyawan. Perusahaan sadar betul, produktivitas karyawan akan berimplikasi langsung dengan target dan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.


Namun terkadang ada saja hal-hal yang bisa mengganggu produktivitas karyawan saat proses kerja berlangsung.



Baca juga : Ingin Lebih Fit Saat Bekerja? Coba Makan Makanan Berserat Ini




Yang biasanya itu dipengaruhi oleh pola pikir atau mindset yang kurang baik. Sehingga memang perlu ditinggalkan, demi menjaga profesionalitas dalam menciptakan hasil nyata di tempat kerja.


Sejatinya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki produktivitas yang terganggu. Seperti berolahraga, manajemen waktu yang baik, hingga membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan.


Namun kembali lagi, karena persoalannya terkadang ada pada pola pikir yang salah maka sebaiknya segera perbaiki hal tersebut. Agar produktivitas kerja tidak terganggu, dan pekerjaan dapat diselesaikan secara maksimal.



Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut




4 Pola Pikir Penghambat Produktivitas Kerja


Menunda Pekerjaan


Terkait pola pikir ini, ada ungkapan Benjamin Franklin yang cukup populer. “Don’t put off till tomorrow, what you can do today”.


Terkadang ada saja orang-orang yang kerap meremehkan waktu untuk tidak segera menyelesaikan pekerjaannya. Pola pikir seperti ini tentu sangat tidak baik.


Karena pada akhirnya hanya akan merugikan Anda. Membuat pekerjaan menjadi menumpuk, dan menghadirkan masalah lain di kemudian waktu.


Jadi, apa yang menjadi tugas Anda hari ini, jangan dibebankan untuk esok atau lusa. Segera selesaikan, lalu pulang dan istirahat untuk mempersiapkan diri menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.



Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja




Meremehkan Tips Sederhana


Pola pikir lain yang dapat menghambat produktivitas adalah kebiasaan untuk menghiraukan berbagai tips sederhana yang datang.


Di tempat kerja biasanya orang-orang terbiasa untuk berbagi tips terkait cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mudah.


Namun belum juga menjalani, Anda malah kadung menghiraukan karena menganggap cara tersebut kurang relevan, dan malah mencari cara-cara lain yang padahal belum tentu ampuh juga.


Untuk itu, saat ada tips sederhana yang datang, jangan buru-buru menyimpulkan hasilnya kurang efektif kalau Anda sendiri belum mencoba.



Baca juga : Ingin Berkarir di Bidang IT? Simak Beberapa Tips Berikut Ini




Sebaiknya dicerna terlebih dahulu, toh sejatinya tidak ada masukan yang tidak bermanfaat, selama bisa menerimanya dengan kepala terbuka.



Minder Karena Tidak Produktif


Mungkin tidak sedikit dari Anda yang merasa minder saat tidak menghasilkan banyak hal di tempat kerja.


Karena Anda bukan robot, lengah atas sebuah pekerjaan bisa saja terjadi, dan bisa dimaklumi selama Anda menyadarinya dan segera memperbaiki.


Jadi daripada merasa malu dan malah menyalahkan diri sendiri, sebaiknya lakukan refreshment sejenak dengan melakukan hal-hal yang Anda suka.


Seperti mendengar musik, atau membaca buku, sambil membuat perencanaan untuk menyelesaikan setumpuk tanggung jawab yang sempat Anda abaikan tadi.



Baca juga : Agar Cepat Diterima, Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Melamar Pekerjaan




Mudah Teralih Dengan Hal Lain


Yang terakhir adalah anggapan untuk mengalihkan pekerjaan dengan sesuatu menjadi sebuah pembenaran.


Saat bekerja, terkadang ada saja hal-hal yang membuat pekerjaan terhambat. Seperti laptop atau komputer yang mendadak lemot dan membuat Anda beralih untuk mengecek notifikasi sosial media di handphone.


Yang pada akhirnya membuat Anda kehabisan banyak waktu untuk berselancar di dalamnya, dan malah membuat pekerjaan menjadi terbengkalai.


Meski tidak sepenuhnya salah, namun pola pikir tersebut juga tidak bisa dibenarkan. Karena Anda hanya melewati banyak waktu yang tidak ada kaitannya dengan tanggung jawab Anda.


Jadi, saat bekerja sebaiknya simpan handphone di dalam tas, agar pikiran Anda tidak mudah terdistraksi saat ada notifikasi


Itulah beberapa pola pikir yang keliru dan perlu ditinggalkan demi menjaga produktivitas di tempat kerja.


Sebagai seorang profesional, Anda harus bertanggung jawab untuk memberikan etos kerja yang baik sebagai cerminan dari sebuah perusahaan dalam menghadirkan budaya kerja yang produktif dan punya daya saing, seperti yang dilakukan PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

2014
Tags
SERA