SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Agar Cepat Diterima, Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Melamar Pekerjaan

Ditengah maraknya gelombang PHK tentu memberi kekhawatiran tersendiri bagi para pencari kerja. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.


Setelah pandemi covid-19 yang sempat menggemparkan dunia, kini isu resesi global mencuat dan membuat banyak perusahaan panik dan mengambil langkah besar.


Perusahaan terpaksa harus membuat keputusan dengan mengurangi jumlah karyawan, dan mengencangkan ikat pinggang, untuk memangkas pengeluaran demi menjaga kestabilan ekonomi perusahaan.



Baca juga : Begini Cara Mengatasi Pekerjaan Menumpuk Menjelang Akhir Tahun



Fenomena ini tentu memprihatinkan. Bagaimana tidak, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2022, angka pengangguran Indonesia tercatat mencapai 8,42 juta orang. Angka ini jelas menjadi sebuah tamparan. Bagaimana sulitnya masyarakat Indonesia dalam menemukan pekerjaan.


Apalagi, mengingat jumlah penduduk usia produktif  (15-64 tahun) saat ini yang mencapai 190,83 juta jiwa, kian membuat persaingan dalam mencari pekerjaan impian menjadi lebih ketat.


Ada banyak upaya yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan pekerjaan impian. Namun hal yang paling utama adalah mencari peluang pekerjaan sebanyak-banyaknya. Berbagai peluang itu bisa didapat dengan mengikuti kegiatan Job Fair yang biasa digelar oleh instansi pemerintah/swasta, atau layanan penyedia pekerjaan yang kini jamak dijumpai di internet.


Setelah menemukan jenis pekerjaan dan perusahaan yang dituju, langkah berikutnya lakukan beberapa persiapan agar profesi yang diidamkan mendarat dalam genggaman.


Setidaknya ada 3 (Tiga) hal penting yang perlu dilakukan agar lamaran pekerjaan yang dikirim menarik minat perusahaan. Apa saja? Simak informasi selengkapnya.



Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut



Jelaskan Kemampuan dan Pencapaian Personal


Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan melamar pekerjaan adalah berikan penjelasan secara detail tentang siapa diri Anda. Apakah Anda seorang profesional, pekerja yang telah memiliki cukup pengalaman atau bahkan pelamar yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, dan tengah mencari pengalaman untuk pekerjaan pertama.


Perusahaan tempat Anda melamar harus mengetahui semua informasi tersebut. Karena perusahaan tentu tidak ingin membeli kucing dalam karung. Sehingga segala informasi personal tentang calon karyawannya, akan menjadi poin pertama yang diperhatikan.


Hal tersebut juga tentu berkaitan dengan lowongan pekerjaan yang dibuka. Perusahaan pasti akan sangat teliti mencari karyawan yang secara personal memiliki kecocokan untuk mengisi posisi tersebut.


Dengan begitu, saat mengirim lamaran pekerjaan pastikan Anda menyertakan juga beberapa dokumen pendukung agar bisa menjadi pertimbangan perusahaan. Mulai dari informasi pada CV, harus dijelaskan secara detail.

Atau bila Anda telah berpengalaman sebelumnya, lampirkan juga portofolio hasil kerja Anda, bisa dalam bentuk video atau situs pribadi. Jangan lupa sertifikat-sertifikat atas pelatihan yang pernah Anda ikuti, bisa memberi nilai tambah pada lamaran.



Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja



Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Perusahaan Tempat Melamar


Ungkapan tak kenal maka tak sayang, rasanya cocok untuk menggambarkan hal ini. Sebagai calon karyawan  perusahaan tersebut, menjadi hal yang wajib bagi Anda untuk menggali informasi sebanyak mungkin.


Anda perlu melakukan riset mendalam tentang berbagai aktivitas perusahaan yang Anda lamar. Mulai dari produknya apa, sejarahnya bagaimana, hingga budaya perusahaan yang tercipta di dalamnya seperti apa. Salah satu caranya Anda bisa melihat review dari beberapa karyawan maupun mantan karyawan yang pernah berkarir di perusahaan tersebut.


Informasi-informasi seperti itu sangat penting untuk Anda dapatkan. Setidaknya bisa menjadi modal saat Anda mendapat panggilan interview tahap awal.


Anda tentu akan lebih percaya diri, dan lebih bisa mengendalikan suasana interview. Karena biasanya perekrut akan menggali pengetahuan Anda tentang perusahaan, sehingga proses tanya jawab saat interview bisa Anda selesaikan tanpa hambatan.



Percaya Diri Dengan Peluang Anda


Tidak ada ada gunanya langkah-langkah tadi jika Anda tidak mempunyai kepercayaan diri untuk mengejar pekerjaan yang Anda inginkan. Sering kali para kandidat kehilangan begitu banyak peluang karena rasa takutnya sendiri. Ada kekhawatiran karena merasa tidak cocok untuk pekerjaan itu, dan berbagai alasan ketakutan lainnya.



Baca juga : Ingin Berkarir di Bidang IT? Simak Beberapa Tips Berikut Ini



Paradigma seperti itu harus segera diubah. Mencari pekerjaan merupakan suatu usaha yang menyenangkan. Rasa takut merupakan hal yang wajar. Tapi Anda tidak akan pernah tahu kualitas diri Anda dan bisa saja akan selalu kehilangan peluang, jika Anda tidak berani mencoba.


Semua orang yang Anda lihat nyaman di tempat kerjanya sekarang, itu bermula dari keberanian dan kepercayaan dirinya untuk mencoba. Jadi, tinggalkan segala keraguan, percaya pada kemampuan diri Anda, dan dapatkan pekerjaan yang Anda telah impikan tersebut.


Jika beberapa hal tadi sudah coba untuk Anda terapkan, bukan hal mustahil pintu karir di perusahaan-perusahaan ternama akan terbuka lebar untuk Anda. Salah satu perusahaan ternama yang rutin membuka kesempatan berkarir adalah PT Serasi Autoraya atau yang lebih familiar dengan sebutan SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia, yang juga merupakan bagian dari PT Astra International. Perkembangan bisnis SERA terus meningkat dan meluas, bahkan kini telah memiliki cabang yang tersebar di 26 kota di Indonesia.


Saat ini pun, demi menjawab tantangan bisnis yang semakin kompetitif,  SERA juga membuka beberapa posisi untuk Anda mengembangkan karir dan berkarya didalamnya. Jika Anda tertarik untuk bergabung mengisi lowongan posisi yang ditawarkan di lini bisnis SERA, Anda dapat mengunjungi situs resmi www.sera.astra.co.id dan mengklik kanal karir https://career.sera.astra.co.id/


2154
Tags
SERA