SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Lakukan Ini Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman tentu menjadi dambaan banyak orang. Ini karena tak kurang dari 8 jam sehari, seseorang harus rela menghabiskan waktunya di tempat kerja. 


Maka tak heran bila banyak yang menganggap kantor sebagai rumah kedua, sehingga banyak yang berusaha untuk menghadirkan kenyamanan di dalamnya.



Baca juga : Ingin Lebih Fit Saat Bekerja? Coba Makan Makanan Berserat Ini



Mulai dari menghias meja kerja dengan barang-barang kesayangan, hingga membawa serta segala keperluan untuk mempermudah proses bekerja. Semua dilakukan demi bisa menghadirkan kenyamanan tersebut.


Meskipun pada akhirnya, rasa nyaman di tempat kerja tidak melulu soal menata meja. Ada yang jauh lebih penting dari itu.


Layaknya sebuah rumah, kantor juga memiliki anggota keluarga. Jika di rumah ada saudara sedarah, di kantor ada saudara seperjuangan yang kita kenal sebagai rekan kerja.


Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bisa dimulai dengan jalinan komunikasi antar rekan kerja. Karena mau sebagus apapun meja kerja Anda, jika tidak ada koneksi yang baik antar sesama karyawan, maka kenyamanan yang diharapkan hanya akan menjadi angan.


Untuk itu, sangat penting menciptakan hubungan baik dengan rekan kerja. Anda bisa coba melakukan beberapa hal sederhana ini demi terciptanya lingkungan kerja nyaman yang banyak diidamkan.\



Baca juga : Asah Skill Kepemimpinan Dengan Lakukan Hal Berikut



5 Kebiasaan Sederhana Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman


Menjalin Komunikasi Yang Baik


Ini menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Lingkungan kerja yang baik hanya bisa tercipta jika ada komunikasi yang baik pula. Di kantor, komunikasi bisa dilakukan secara vertikal dan horizontal. Baik komunikasi dengan atasan maupun dengan sesama rekan kerja.


Komunikasi ini penting, agar sebagai sebuah tim sama-sama mengetahui apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Anda jadi lebih tahu target apa yang ingin diraih berdasarkan kriteria dan standar yang telah ditentukan sejak awal.


Jika dalam prosesnya terdapat kendala, Anda bisa coba minta solusi kepada atasan. Dengan begitu, suasana kerja akan menjadi lebih nyaman dan bisa meraih tujuan yang telah ditetapkan.


Di lain sisi, komunikasi yang baik juga dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman di lingkungan pekerjaan. Jadi, biasakan untuk selalu menjaga komunikasi agar hal-hal buruk yang bisa merusak suasana kerja bisa dihindari.



Baca juga : Empat Cara Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja



Jika Terjadi Masalah Segera Selesaikan


Bukan hanya seputar pekerjaan, tapi cara penyampaian sesuatu yang kurang jelas juga dapat menimbulkan masalah di kantor. Sebelum masalahnya bertambah rumit, segera selesaikan secara empat mata. 


Hindari bersikap cuek atas persoalan yang terjadi. Karena malah akan membuang waktu dan tenaga. Ingat, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Jadi jangan biasakan mengulur waktu untuk menghindar dari masalah.



Tunjukan Rasa Hormat


Seperti pada anggota keluarga di rumah, di kantor Anda juga perlu menunjukan rasa hormat pada sesama rekan kerja. Rasa hormat ini tidak hanya diberikan pada atasan, tapi juga pada semua orang di lingkungan kerja Anda.



Baca juga : Ingin Berkarir di Bidang IT? Simak Beberapa Tips Berikut Ini



Jangan hanya memberi hormat pada rekan kerja yang memiliki jabatan lebih tinggi saja. Berikan juga pada mereka yang secara tidak langsung mendukung segala keperluan dan kebutuhan Anda di tempat kerja. Seperti cleaning service, office boy hingga driver.


Selain itu, rasa hormat juga perlu ditunjukan dalam sebuah rapat kerja. Caranya dengan memberikan kesempatan pada rekan yang sedang menyampaikan gagasannya hingga usai. Jangan pernah coba untuk memotong pembicaraannya di tengah jalan.


Jika ada tanggapan dari Anda, sampaikan saat pembicaraannya usai. Dengan begitu, perdebatan yang mungkin saja terjadi bisa Anda hindari.



Lakukan Kegiatan Hobi


Lingkungan kerja yang nyaman juga bisa dimulai dari kebersamaan di luar kantor. Ajak rekan kerja untuk melakukan kegiatan hobi bersama untuk menjalin keakraban.


Anda bisa coba mencari tahu kira-kira hobi apa yang mayoritas rekan kerja sukai. Seperti sepak bola, bulu tangkis, atau bersepeda.


Sempatkan waktu di luar jam kerja untuk melakukan kegiatan tersebut. Dengan keakraban yang terjalin, lingkungan kerja yang nyaman akan sangat mungkin tercipta.



Baca juga : Agar Cepat Diterima, Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Melamar Pekerjaan



Makan Siang Bersama


Ini mungkin terdengar biasa. Namun jangan salah, makan siang bersama bisa jadi pemicu Anda untuk saling mengenal karakter masing-masing rekan kerja lebih jauh lagi.


Anda bisa saling bercerita apapun di luar konteks pekerjaan. Dari membicarakan hobi sampai membahas sesuatu yang sifatnya pribadi.


Suasana menyenangkan yang dibangun saat makan siang bersama, tak jarang akan membuat Anda larut dalam kedekatan yang tentu berdampak baik dalam hubungan pekerjaan.


Dengan begitu, Anda akan jauh lebih paham untuk bersikap seperti apa jika di kemudian terjadi konflik di lingkungan kerja.


Itulah beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan demi terciptanya lingkungan kerja yang nyaman. Upaya-upaya ini penting dilakukan, sebagai cerminan baik dari sebuah perusahaan dalam menghadirkan budaya kerja yang menyenangkan, seperti yang dilakukan PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/


2736
Tags
SERA