SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Langkah Pemerintah Benahi Transportasi dan Logistik Pulau Jawa

Perkembangan Transportasi dan Logistik di Pulau Jawa


Pulau Jawa dan Sumatera merupakan dua wilayah di Indonesia yang memiliki tingkat kepadatan penduduk terbesar. Seiring dengan itu, tingkat konsumsi rumah tangga di kedua wilayah itu pun paling tinggi di Tanah Air.


Meski demikian, pulau Jawa masih yang terdepan. Jika mengacu pada data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa masih jadi provinsi dengan populasi tertinggi, dengan jumlah penduduk sebesar 154,34 juta jiwa atau 56,05 persen dari total jumlah penduduk pada 2022 lalu.


Selain itu, sebaran kawasan industri manufaktur maupun jasa di pulau Jawa juga jadi yang terbanyak. Kehadiran kawasan pusat industri tersebut diharapkan menjadi motor penggerak ekonomi nasional.


Sehingga, pemerintah terus berupaya menghadirkan insentif dan dukungan kebijakan untuk meningkatkan daya saing industri. Salah satunya, dengan menekan besaran biaya produksi baik di hulu hingga ke hilir.


Di sektor hulu, pemerintah terus berusaha menekan biaya transportasi dan logistik barang untuk keperluan bahan baku industri maupun barang jadi siap konsumsi masyarakat. Dengan demikian, hasil produksi industri harganya menjadi bersaing, begitu pun barang siap konsumsi yang diperlukan masyarakat.


Baca juga : Begini Pentingnya Peran Logistik Dalam Proses Distribusi


Meskipun begitu, tingkat inflasi yang diakibatkan oleh ekonomi biaya tinggi di sektor logistik maupun konsumsi masyarakat bisa ditekan. Alhasil, pertumbuhan ekonomi yang terjadi benar-benar riil dan sehat sekaligus berkelanjutan.


Perbaikan Transportasi dan Logistik Pemerintah Fokus Benahi Infrastruktur

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan biaya transportasi dan logistik yang bersaing adalah, dengan melakukan perbaikan, pemeliharaan, hingga memantapkan kondisi jalan nasional. Kebijakan itu diberlakukan untuk jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa, jalan lintas Tengah, Selatan, dan Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.


Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian, mengatakan pemerintah terus memperhatikan semua jalur di jalan itu untuk menekan biaya logistik dan transportasi.


“Total anggaran preservasi jalan nasional di Pantura dari tahun 2018 hingga 2023 sebesar Rp6,52 triliun. memang ini masih sangat kurang dibanding dengan beban jalan nasional kita di Pantura,” papar Hedy dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (12/4) 2023).


Baca juga : Kolaborasi Transportasi Dan Logistik Dalam Pertumbuhan Ekonomi


Selain itu, upaya membuka ruas-ruas baru yang menjadi akses ke kawasan industri dan pertumbuhan baru ekonomi nasional di jalur tol Trans Jawa juga terus dilakukan. Maklum, berdasar riset keberadaan jaringan jalan tol tersebut telah menjadikan output perekonomian Jawa mencapai 23,23 triliun per tahun.


Tak hanya pembenahan infrastruktur jalan dan lainnya, pemerintah juga akan mengimplementasikan National Logistic Ecosystem (NLE). Ini merupakan sebuah platform digital layanan logistik dari hulu hingga hilir dengan memfasilitasi kolaborasi kementerian/lembaga, perusahaan terkait, serta pelaku logistik.


Namun, meski serangkaian perbaikan dan peningkatan infrastruktur dilakukan, dan peningkatan sistem layanan logistik terus dilakukan, jika perusahaan pelaku bisnis logistik dan transportasi sebagai penopang industri tidak efisien, hasilnya tetap tidak maksimal. Oleh karena itu, menggunakan jasa perusahaan logistik yang tepat dan terpercaya merupakan kunci utama.


Baca juga : Perbedaan Freight Forwarder Dan Freight Broker


Jangan Asal Pilih Penyedia Jasa Transportasi dan Logistik

Bicara soal perusahaan transportasi dan logistik terpercaya di Tanah Air, PT Serasi Autoraya adalah jawabannya. Perusahaan yang juga populer dengan sebutan SERA ini merupakan bagian dari bisnis grup Astra International yang bergerak di bidang transportasi.


Lini bisnis perusahaan SERA beragam. Mulai dari penyewaan kendaraan yang dikelola oleh TRAC, jual beli mobil bekas dengan merek mobil88, balai lelang dengan merek IBID, hingga bisnis layanan logistik dengan nama SELOG.


SELOG menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi. DIa hadir dengan komitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang ditawarkan secara lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/

2378
Tags
TRAC SELOG