SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ternyata Ini Penyebab Air Aki Mobil Cepat Habis

Cek Kondisi Aki Mobil Saat Beli Mobil Bekas


Aki mobil merupakan salah satu komponen penting yang tak boleh diabaikan. Sebab, komponen ini memiliki fungsi utama memasok daya listrik untuk berbagai komponen di kendaraan bermotor roda empat tersebut.


Tanpa aki, berbagai komponen kelistrikan di dalam mobil tidak dapat berfungsi secara optimal. Bahkan, saat kondisi aki mobil terganggu atau bermasalah sedikit saja, maka fungsi komponen lainnya juga akan terdampak.


Salah satu jenis aki mobil yang kerap digunakan adalah aki basah. Aki mobil jenis ini masih menggunakan cairan elektrolit untuk menghasilkan arus listrik dan air aki ini harus dipantau secara berkala untuk menghindari sel di dalam aki menjadi kering.


Ini merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada aki basah di mana cairan aki yang cepat kering atau berkurang. Jika ini terjadi, maka komponen aki, antara lain sel aki akan cepat rusak, sehingga komponen tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal atau bahkan tidak berfungsi lagi.


Baca juga : Beli Mobil Bekas Jangan Lupa Cek Bagian Knalpot


Penyebab Air Aki Mobil Berkurang


Jarang Diperiksa

Penyebab utama air aki mobil lebih cepat habis biasanya disebabkan karena pemilik mobil jarang mengecek komponen tersebut. Banyak pemilik mobil yang lalai, sehingga terlambat melakukan pengisian air karena tidak pernah mengecek kondisinya.


Beban Terlalu Besar

Beban listrik yang harus dipasok aki ke berbagai komponen berlebih atau melampaui batas standar. Kondisi ini biasanya terjadi jika pemilik mobil melakukan modifikasi peralatan di kendaraannya dan membutuhkan asupan arus listrik yang lebih banyak.


Akibatnya, terjadi overcharge. Cairan aki pun cepat menguap karena suhu di dalam aki cepat memanas. Aki pun akan bermasalah atau rusak.


Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin beli mobil bekas, memeriksa dan memastikan kondisi aki mobil yang akan dibeli tersebut merupakan langkah yang wajib dilakukan.


Baca juga: Biar Tidak Salah Pilih, Perhatikan Ini Saat Memilih Showroom Jual Beli Mobil Bekas


Sebab, meski saat ini penggunaan aki kering atau aki yang tidak memerlukan pengisian cairan secara berkala, banyak pabrikan mobil yang masih menggunakan aki basah untuk produk mereka. Terlebih, jika mobil bekas yang akan dibeli tersebut telah berusia di atas lima tahun.


Memang, untuk memeriksa dan memastikan kondisi aki membutuhkan keahlian dan kecermatan maupun pengalaman khusus. Karena, secara kasat mata, aki yang telah bermasalah tidak akan terlihat jelas.


Bisa saja, aki mobil yang bermasalah terlihat masih bagus dan volume cairan yang masih normal, dengan indikator yang menunjukkan kondisi tidak ada masalah. Padahal, sejatinya aki telah mengalami penurunan kualitas yang besar.


Beli Mobil Bekas di Showroom mobil88

Tetapi, kerepotan seperti itu tidak akan terjadi jika Anda beli mobil bekas dilakukan di showroom mobil terpercaya dan punya bereputasi yang baik. Bicara showroom mobil bekas dengan karakter seperti itu, mobil88 adalah jawabannya.


Baca juga : Mobil Diatas 10 Tahun Masih Layak Dibeli? Simak Info Berikut


Showroom mobil bekas mobil bekas milik PT Serasi Mitra Mobil (anak perusahaan PT Serasi Autoraya). Sebab, mobil bekas yang dijual di mobil88 telah menjalani inspeksi atau pemeriksaan secara ketat dan menyeluruh.


Sehingga inspeksi itu bisa menjadi acuan jaminan kondisi mobil untuk diinformasikan kepada pelanggan. Hasil pemeriksaan itu pula yang menjadi acuan penetapan harga, sehingga harga jual mobil bekas di mobil88 menjadi lebih kompetitif.


Dengan pengalaman yang lebih dari 34 tahun, mobil88 memiliki sistem dan cara kerja profesional yang diakui kredibilitasnya. Kini telah memiliki 20 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Medan, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, DKI Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, serta Denpasar. 


Untuk mengetahui secara jelas dan rinci tentang mobil88, Anda bisa mengunjungi situs resmi www.mobil88.astra.co.id

5344
Tags