SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Beli Mobil Bekas Jangan Lupa Cek Bagian Knalpot

Pentingnya Cek Bagian Knalpot Saat Beli Mobil Bekas


Saat beli mobil bekas, salah satu komponen yang kerap terlewatkan untuk dicek adalah bagian knalpot. Mayoritas calon pembeli lebih fokus pada body mobil, interior, serta performa mesin. Padahal, bagian knalpot juga bisa memberikan tanda untuk mengetahui mobil bekas yang hendak dibeli berada dalam kondisi yang sehat atau tidak.


Berfungsi sebagai pembuangan gas sisa pembakaran mesin, kondisi mobil yang baik memang bisa diidentifikasi dari asap yang keluar dari lubang knalpot. Umumnya, mobil dengan kondisi normal, akan menghasilkan asap berwarna putih tipis saat di gas. Tidak berbau menyengat, serta tidak membuat perih mata.


Lain halnya jika mobil berada dalam kondisi yang kurang baik. Saat mobil di gas, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna dan pekat.


Baca juga : Mitos Atau Fakta Harga Mobil Bekas Turun Usai Lebaran?


Untuk itu, agar tidak salah pilih saat beli mobil bekas, jangan lupa untuk cek bagian knalpot. Berikut ini ciri asap knalpot sebagai pertanda kondisi mobil yang tidak sehat.


Kenali Tanda Kerusakan Dari Asap Knalpot Sebelum Beli Mobil Bekas


Asap Berwarna Abu

Saat mobil dinyalakan, perhatikan warna asap yang keluar dari lubang knalpot. Jika asap berwarna abu-abu, itu menjadi salah satu pertanda adanya kerusakan pada mobil tersebut.


Jika mobil yang Anda cek bertransmisi matic, kemunculan asap berwarna abu tersebut disebabkan karena terjadi masalah pada oli transmisi. Biasanya hal itu dipicu oleh kadar oli yang terlalu berlebih dan mengakibatkan rembes.


Indikasi lain, asap berwarna abu tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada katup PVC (Positive Crankake Ventilation). Sehingga menyebabkan katup menjadi macet dan membuat sirkulasi uap dan gas di dalam ruang mesin menjadi tidak optimal.


Warna Asap Putih Pekat

Meski normalnya knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna putih, namun Anda patut waspada saat beli mobil bekas dan mendapati asap putih pekat keluar dari knalpot mobil yang diincar. Karena itu berarti ada masalah serius yang terjadi pada sistem pembakaran mobil.


Baca juga: Biar Tidak Salah Pilih, Perhatikan Ini Saat Memilih Showroom Jual Beli Mobil Bekas


Penyebabnya beragam, yang pasti hal itu dipicu karena terjadi kebocoran oli, sehingga oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Jika ngotot beli mobil bekas dengan kondisi begitu, siap-siap merogoh kocek dalam untuk melakukan perbaikan.


Asap Knalpot Berwarna Hitam

Sama halnya dengan asap berwarna putih pekat, jika mobil bekas yang hendak Anda beli mengeluarkan asap hitam, itu tandanya ada kerusakan pada sistem pembakaran.


Hal itu disebabkan karena terjadi masalah pada beberapa komponen mobil. Seperti injector, saringan udara, karburator, hingga adanya kebocoran pada kompresi.


Jangan sungkan untuk menyampaikan kondisi tersebut pada penjual mobil. Minta untuk memperbaikinya terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kerusakan yang semakin fatal.


Cek Kondisi Katalis Knalpot Mobil

Setelah mengidentifikasi dari warna asap, berikutnya cek kondisi katalis knalpot yang tersedia di dalam tabung knalpot. Katalis knalpot mobil atau Catalytic Converter merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di dalam knalpot.


Baca juga : Mobil Diatas 10 Tahun Masih Layak Dibeli? Simak Info Berikut


Keberadaan komponen ini menjadi sangat vital karena berfungsi untuk menyaring emisi gas buang dari ruang pembakaran agar tidak menyebabkan polusi berlebih. Sehingga sisa pembakaran yang keluar dari knalpot mobil menjadi lebih bersih dan tidak beracun.


Namun, karena terdapat kandungan Palladium yang harganya lebih mahal dari logam mulia, membuat komponen ini kerap dilucuti oleh sekelompok oknum untuk dijual terpisah.


Sehingga Anda perlu lebih teliti lagi untuk memastikan kondisi katalis knalpot pada mobil bekas yang ingin dibeli. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek katalis knalpot mobil.


Cara Cek Katalis Knalpot Mobil


  • Ketuk tabung knalpot. Jika berbunyi nyaring bisa dipastikan katalis knalpot tidak tersedia di dalamnya

  • Cek apakah ada bekas las-lasan atau tidak. Jika iya, berarti knalpot sudah pernah dibongkar untuk diambil katalis knalpotnya. Dan biasanya tanda las terlihat kurang rapi atau berantakan

  • Perhatikan asap yang keluar dari knalpot. Mobil yang tidak memiliki katalis knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih dan pekat. Serta bisa membuat mata menjadi perih

  • Untuk hasil yang lebih valid, lakukan uji emisi


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek bagian knalpot mobil agar tidak terkecoh saat beli mobil bekas. Namun, agar tidak was-was sebaiknya beli mobil bekas di showroom terpercaya dan berkualitas seperti mobil88.


Dengan pengalaman yang lebih dari 30 tahun, mobil88 memiliki sistem dan cara kerja profesional yang diakui kredibilitasnya. Mobil bekas yang dijual di mobil88 telah melewati proses inspeksi atau pemeriksaan secara menyeluruh oleh inspektor bersertifikat dan terpercaya.


Hasil inspeksi itulah yang menjadi acuan jaminan kondisi mobil untuk diinformasikan kepada pelanggan sebagai acuan dalam penetapan harga. Sehingga harga jualnya menjadi lebih adil juga kompetitif.


Untuk mengetahui lebih jelas tentang mobil88, silahkan kunjungi situs resmi https://www.mobil88.astra.co.id/

1840
Tags