SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Tips Memilih Perusahaan Logistik yang Tepat

Ada dua hal yang kini menjadi tuntutan masyarakat ketika menginginkan sebuah barang yang dibutuhkan. Yakni ketersediaan stoknya, kecepatan untuk mendapatkannya, serta harga yang tetap murah. Tuntutan semacam ini tidak bisa ditawar lagi.


Tentu, bagi produsen pembuat barang maupun distributor yang menyebarkan barang tersebut ke pasar atau masyarakat, tuntutan semacam ini sangat merepotkan. Sebab, tantangan yang harus dihadapi semakin besar, terlebih di tengah persaingan di antara sesama produsen barang sejenis juga semakin ketat.


Jika tuntutan tidak dipenuhi, konsumen akan pergi dan berpindah memilih barang buatan pesaing. Oleh karena itu, selalu melakukan pengkajian proses produksi dan distribusi wajib dilakukan secara rutin dan setiap saat.


Meleset sedikit, maka target tidak akan terpenuhi. Barang produksi yang dihasilkan akan ditinggalkan konsumen, dan kerugian pun akan diderita.


Bicara soal proses produksi, komponen yang cukup menentukan besaran biaya adalah sektor transportasi dan logistik. Terlebih, di Indonesia, biaya transportasi dan logistik masih terbilang tinggi (biaya logistik nasional masih sekitar 25 - 26 persen dari Produk Domestik Bruto).


Baca juga : Begini Pentingnya Peran Logistik Dalam Proses Distribusi


Untuk melakukan efisiensi di sektor atau komponen biaya produksi itu perusahaan produsen barang maupun distributor tidak bisa melakukannya secara sendiri.


Terutama, bagi perusahaan yang menggandeng pihak ketiga atau perusahaan lain untuk proses transportasi dan logistik barang bahan baku pembuatan barang maupun distribusi barang hasil buatannya.


Cara Memilih Perusahaan Logistik Agar Tidak Salah Pilih

Oleh karena itu, memilih perusahaan jasa logistik (transportasi dan pergudangan) yang tepat adalah kunci utama bagi mereka untuk mencari solusi persoalan ini.


Efektif dan efisien berkaitan dengan kecepatan dan ketepatan pengiriman barang (baik untuk bahan baku produksi maupun distribusi barang yang dihasilkan), plus efisien dalam biaya menjadi aspek utama yang harus dipertimbangkan di saat akan memilih perusahaan logistik sebagai mitra.


Sekadar berbagi tips saat akan memilih perusahaan logistik sebagai mitra, sebaiknya perhatikan 5 hal ini.


  • Pastikan perusahaan tersebut terpercaya dan reputasinya diakui.

  • Punya jaringan luas dan pengalaman yang lama dalam melayani jasa logistik

  • Memiliki dukungan teknologi terkini yang memudahkan, cepat dan tepat.

  • Layanan yang diberikan efisien karena bersifat one stop service.

  • Biaya yang ditetapkan bersaing  sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan.


Baca juga : Kolaborasi Transportasi Dan Logistik Dalam Pertumbuhan Ekonomi


Pilih Penyedia Jasa Logistik Terpercaya

Bicara soal perusahaan logistik terpercaya di Indonesia, SERA Logistic atau SELOG adalah jawabannya. Group bisnis dari PT Serasi Autoraya yang notabene bagian PT Astra International Tbk ini, telah dikenal luas sebagai salah satu perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia.


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, hingga Courier Services.


Baca juga : Perbedaan Freight Forwarder Dan Freight Broker


Layanan SELOG juga didukung penggunaan teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), yang bisa jadi solusi komprehensif dalam mengelola kendaraan dan transportasi berbasis teknologi informasi.


Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang bisnis SERA dan layanan SELOG, Anda juga bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/

2224
Tags
SELOG