SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Persiapan Interview Kerja Agar Tampil Percaya Diri

Interview kerja merupakan momen penting dalam proses melamar kerja. Pada momen itu, Anda diberi kesempatan untuk berjumpa langsung dengan HRD perusahaan, untuk memperkenalkan diri dan keahlian yang dimiliki.


Salah satu kunci sukses dalam menghadapi interview Anda mesti tampil dengan penuh percaya diri. Ibarat jatuh cinta pada lirikan pertama, kesempatan ini menjadi peluang emas bagi Anda untuk menggaet ketertarikan perekrut, agar bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar tampil percaya diri saat interview kerja.


9 Tips Tampil Percaya Diri saat Interview Kerja


1. Riset tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

Riset tentang perusahaan dan posisi yang dilamar akan membantu Anda memahami lebih jauh tentang perusahaan dan seperti apa kandidat karyawan yang dicari.


Dengan melakukan riset, Anda punya bekal cukup informasi agar dapat menjawab pertanyaan perekrut dengan baik. Selain itu pengetahuan lebih tentang perusahaan juga menjadi nilai untuk menunjukkan ketertarikan Anda pada perusahaan tersebut.


Baca juga : Cara Negosiasi Gaji Agar Dapat Sesuai Harapan


2. Persiapkan jawaban atas pertanyaan umum

Perekrut biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan umum saat interview kerja, seperti "ceritakan tentang diri Anda" atau "kenapa Anda tertarik dengan posisi ini?".


Untuk itu, persiapkan jawaban-jawaban tepat atas pertanyaan tersebut. Sehingga saat proses interview berlangsung, Anda dapat menjawabnya dengan lancar dan penuh percaya diri.


3. Latihan interview

Latihan interview dapat membantu Anda menjadi terbiasa dengan situasi interview dan mengurangi rasa gugup. Anda dapat berlatih dengan teman, keluarga, atau memanfaatkan teknologi dengan software simulasi interview.


4. Berpenampilan rapi dan profesional

Kesan pertama adalah hal yang penting. Oleh karena itu, agar dapat menarik perhatian perekrut, Anda harus berpenampilan rapi dan profesional. Pastikan pakaian yang digunakan bersih, rapi, dan sesuai dengan standar karyawan profesional.


5. Jaga bahasa tubuh

Tak bisa dipungkiri, bahasa tubuh juga dapat memberikan kesan percaya diri. Saat interview, pastikan Anda duduk tegak, lakukan kontak mata, dan tersenyum. Hindari bermain-main dengan rambut atau benda lain yang dapat mengganggu suasana.


6. Bicara dengan tegas & jelas

Bicaralah dengan tegas dan jelas saat menjawab pertanyaan perekrut. Jangan ragu untuk menggunakan afirmasi positif untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.


7. Siapkan pertanyaan untuk perekrut

Pada akhir interview, biasanya perekrut akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya. Siapkan beberapa pertanyaan yang dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki ketertarikan dengan perusahaan tersebut. Boleh tentang sejarah, budaya, ataupun lingkungan kerjanya


Baca juga : Lowongan Kerja Paling Banyak Dicari Tahun 2023


8. Tunjukkan antusiasme

Saat interview, tunjukkan sikap kalau Anda begitu terobsesi dengan posisi yang dilamar. Hal ini dapat menjadi gambaran bagi perekrut kalau Anda merupakan orang yang tepat dengan pekerjaan tersebut.


9. Terima kasih atas kesempatan wawancara

Setelah wawancara usai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada perekrut atas kesempatan interview yang diberikan. Dengan begitu perekrut dapat melihat Anda sebagai pribadi dengan karakter yang baik dan cocok dengan budaya perusahaan.


Gimana, jadi makin percaya diri buat interview kerja, dong! Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan pekerjaan, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

573
Tags
SERA