SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Ikuti Teknik Ini Agar Punya Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu yang baik merupakan kunci keberhasilan dalam kehidupan personal maupun profesional. Saat Anda dapat mengelola waktu dengan efisien, Anda akan selalu merasa produktif setiap harinya


Tak hanya itu, kemampuan manajemen waktu yang tepat juga bisa berdampak lebih besar. Seperti berkurangnya tingkat stres, hingga menciptakan keseimbangan hidup antara pekerjaan, keluarga, dan waktu pribadi.


Berikut ini beberapa teknik yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan ini. Sehingga setiap detik yang Anda lewati, selalu memberikan dampak yang baik.


7 Teknik Manajemen Waktu


Buat Rencana Harian

Langkah pertama yang penting dalam memulainya adalah dengan membuat perencanaan setiap harinya. Sebelum memulai aktivitas, susun daftar tugas yang perlu diselesaikan.


Urutkan tugas-tugas itu sesuai dengan tingkat urgensi dan prioritasnya. Dengan perencanaan yang tepat, Anda akan memiliki panduan yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan. Sehingga tidak akan kebingungan atau tergesa-gesa salam menyelesaikannya.


Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro merupakan metode yang melibatkan pekerjaan selama periode waktu tertentu. Polanya dengan menerapkan 25 menit kerja, lalu istirahat singkat selama 5 menit. Setelah empat periode kerja, Anda dapat mengambil istirahat lebih lama, sekitar 15-30 menit.


Baca juga : Cara Menghilangkan Stress Saat Bekerja Di Kantor


Metode ini dapat membantu Anda untuk tetap fokus dan efisien dalam mengerjakan setiap tugas yang ada. Sambil menjaga kondisi tubuh tetap rileks, sehingga bisa terus produktif.


Hindari Multitasking

Multitasking mungkin terlihat efisien. Tapi cara kerja seperti ini sebenarnya bisa mengganggu Anda. Saat mencoba melakukan beberapa tugas sekaligus, Anda cenderung kehilangan fokus karena harus membagi waktu untuk beralih dari satu tugas ke tugas lainnya.


Sebaliknya, fokus pada satu tugas saja. Jika sudah selesai, istirahat sejenak untuk lanjut menyelesaikan tugas lainnya.


Gunakan Alat Manajemen Waktu

Ada banyak perangkat yang dapat membantu Anda mengelola waktu dengan lebih efisien. Aplikasi seperti Google Calendar, Trello, atau Todoist dapat membantu Anda mengatur jadwal, mengingatkan Anda tentang tugas-tugas yang harus diselesaikan, dan mengelola proyek yang sedang dikerjakan agar selesai tepat waktu.


Pelajari Keterampilan Pengambilan Keputusan

Manajemen waktu yang baik juga melibatkan kemampuan mengambil keputusan yang bijak tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu.


Pertimbangkan tingkat urgensi dan prioritas setiap tugas, lalu belajar untuk mengatakan "tidak" atas urusan-urusan tidak penting apalagi bukan tanggung jawab Anda.


Hal ini dapat membantu Anda tetap fokus pada hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda.


Baca juga : Beberapa Mitos di Dunia Kerja yang Sering Terdengar


Evaluasi dan Sesuaikan

Manajemen waktu yang efektif juga melibatkan proses evaluasi berkelanjutan. Setiap akhir hari atau ketika libur, luangkan waktu untuk meninjau apa yang telah Anda capai dan apa yang perlu ditingkatkan. Selalu siap untuk menyesuaikan rencana Anda seiring perubahan kebutuhan dan prioritas yang ada setiap hari.


Tetapkan Batas Waktu

Buat batasan yang jelas tiap kali Anda bekerja. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari membuang-buang waktu dengan kegiatan yang tidak produktif.


Ketika waktu yang ditetapkan habis, pindah ke tugas berikutnya, bahkan jika tugas sebelumnya belum selesai. Anda dapat kembali ke tugas tersebut kemudian jika perlu.


Manajemen waktu yang baik adalah keterampilan yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti teknik-teknik ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan mencapai lebih banyak dalam hidup Anda.


Ingat selalu bahwa manajemen waktu merupakan proses yang terus-menerus. Jadi terus berkomitmen secara konsisten dan berkelanjutan. Agar Anda dapat terus merasa produktif tanpa dan merasakan dampak positif setiap harinya.


Baca juga : Hati-Hati, Kenali Ciri Dan Modus Penipuan Lamaran Kerja


Gimana, sekarang sudah paham cara manajemen waktu saat bekerja kan? Setelah mengetahui tipsnya, sekarang saatnya untuk mencari lowongan kerja di perusahaan ternama, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.


SERA merupakan perusahaan layanan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.


Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.


Untuk mengetahui lebih jelas informasi lowongan kerja, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/

573
Tags
SERA