SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Memasuki Tahun Politik, Begini Proyeksi Pertumbuhan Sektor Logistik

Sektor Logistik Diprediksi Alami Peningkatan Signifikan

Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) sering diartikan masyarakat sebagai kegiatan yang kontraproduktif terhadap sektor ekonomi. Maklum, agenda yang disebut sebagai pesta demokrasi itu, kerap berlangsung dengan ketegangan politik tensi tinggi.


Namun, faktanya tidak melulu demikian. Banyak kalangan yang justru melihat tahun politik akan jadi katalis positif untuk sektor logistik dan rantai pasok. 


Kepala Badan Logistik dan Rantai Pasok Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Akbar Djohan dalam Focus Group Discussion "Harapan Dunia Usaha Terhadap Pemerintahan Mendatang" di Jakarta, belum lama ini mengatakan pergerakan barang logistik selama tahun politik justru mengalami kenaikan yang cukup besar.


“Mulai dari promosinya, bahan baku, sampai tenaga kerjanya, pergerakan uangnya tidak sedikit. Kami melihat itu sebagai sebuah opportunity,” ungkap Akbar.


Menurut Akbar, distribusi barang kebutuhan pemilu membutuhkan jasa logistik yang tepat sasaran dan tepat waktu. Selain itu, proses itu juga akan membutuhkan harga yang optimal dan sesuai dengan jasa yang disediakan.


"Ini yang ditunggu oleh para pelaku bisnis logistik. Mereka memiliki kesempatan untuk menaikkan pendapatan dan nilai tambah bagi perusahaannya," lanjutnya.


Baca juga : Proyeksi Bisnis Logistik Di 2024, Siap-Siap Cuan


Besarnya potensi meraup untung bisnis di tahun politik juga diprediksi Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam Asian Development Outlook beberapa waktu lalu. Lembaga itu menyebut, kendati perhelatan politik bisa menyebabkan stagnasi pertumbuhan ekonomi, namun juga membuka peluang yang cukup signifikan.


Senior Country Director ADB Henry Ma menyebut salah satu potensi itu muncul dari sektor konsumsi, baik konsumsi domestik atau rumah tangga maupun dari sektor industri.


Hal itu seiring dengan meningkatnya permintaan hasil produksi sektor industri seperti makanan dan minuman, pakaian, dan lain sebagainya.


Sebab, logistik Pemilu yang dibutuhkan bukan hanya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden saja. Tetapi, juga rangkaian pemilihan anggota legislatif pusat (DPR), DPRD Provinsi,  Kabupaten/Kota, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), hingga Kepala Daerah.


Baca juga : Mengenal Jasa Logistik Dan Perbedaannya Dengan Freight Forwarding


Pentingnya Memilih Layanan Logistik yang Tepat

Meski begitu, tidak semua pelaku usaha sektor logistik nasional dapat meraih peluang tersebut karena kemungkinan keterbatasan jejaring maupun kompetensi sumber daya yang dimiliki.


Pada sisi lain, pengguna jasa logistik membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu, harga, hinggabiaya yang benar-benar optimal. Serta kemampuan untuk melakukan mitigasi terhadap segala kemungkinan risiko yang berpotensi terjadi.


Oleh karena itu, perlu memilih penyedia jasa logistik profesional, berpengalaman, serta punya reputasi dan kredibilitas yang baik. Agar proses distribusi kebutuhan logistik pemilu bisa lebih efektif dan efisien.


Salah satu perusahaan logistik itu adalah SELOG yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA, serta bagian dari PT Astra International Tbk yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.


SERA yang pada awalnya perusahaan jasa penyewaan kendaraan, kini telah menjelma menjadi perusahaan penyedia transportasi yang terbesar dan terdepan.


Baca juga : Mengenal Jenis Kapal Kargo Sebagai Alat Transportasi Logistik


Dengan pengalaman 32 tahun lebih dan terus berinovasi, SERA menawarkan layanan jasa logistik yang efektif, efisien, dengan kualitas tinggi melalui perusahaan SERA Logistic (SELOG).


SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.


Layanan SELOG didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.


Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.


Perusahaan ini juga memiliki armada kendaraan yang senantiasa terawat kondisi maupun kelengkapannya, sehingga siap digunakan setiap saat. Untuk mengetahui profil SERA dan layanan yang diberikan, termasuk SELOG, Anda bisa mengunjungi situs resmi  https://www.sera.astra.co.id/


499
Tags
SELOG