SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Rekomendasi Olahraga saat Puasa Biar Selalu Bugar

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh harus tetap terjaga. Sebab, meski sedang berpuasa, segala kewajiban seperti bekerja maupun melakukan kegiatan lain tetap harus berjalan seperti biasa.


Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Lantas, bagaimana dan jenis olahraga apa yang aman dilakukan orang berpuasa dengan kondisi tubuh tanpa asupan kurang lebih selama 13 jam?


Sejumlah ahli kesehatan maupun olahraga mengatakan, olahraga saat puasa justru dapat membantu tubuh tetap bugar, selama hal itu dilakukan dengan waktu dan jenis yang tepat. Ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan. Berikut diantaranya.


Baca juga : Teknik Podomoro, Manajemen Waktu Paling Efektif Saat Kerja


7 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Puasa


Yoga

Olahraga ini merupakan jenis olahraga ringan  yang bisa dilakukan di rumah dan tidak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Yoga juga mampu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur seseorang.


Jalan Santai

Olahraga ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang berpuasa. Selain ringan, jalan santai juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagian jantung, tulang, serta otot.


Pilates

Pilates merupakan metode olahraga yang berfungsi untuk melatih fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.


Inti dari olahraga ini adalah menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga untuk saling bekerja sama membantu menyegarkan tubuh dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


Bersepeda

Tentunya, di saat menjalani ibadah puasa, bersepeda yang disarankan adalah bukan bersepeda jarak jauh, tetapi jarak dekat saja, sehingga tidak membuat energi benar-benar terkuras.


Selain berguna membakar lemak dan kalori, bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung dan mengencangkan otot-otot.


Baca juga : Memahami Integritas Dalam Bekerja Beserta Contohnya


Bersepeda santai saat sore hari menjelang berbuka juga bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga bisa membuat pikiran terasa lebih santai dan rileks.


Jogging

Olahraga ini bisa dilakukan pada pagi maupun sore hari. Dengan melakukan jogging, kamu akan tetap bisa menjaga kesehatan jantung sehingga aliran darah tetap lancar.


Nggak cuma itu, jogging bisa membuat otot-otot tubuh tetap terjaga kelenturan dan kekuatannya. Dengan demikian, tubuh akan selalu terasa bugar dan tidak mudah lelah.


Tai Chi

Selain ringan, olahraga ini juga mudah dilakukan oleh siapa saja. Tai chi bisa dilakukan kapanpun, seperti sebelum sahur, pagi hari di saat berpuasa, atau sore jelang waktu berbuka.


Olahraga tai chi bukan hanya mampu menjaga kelancaran pernafasan seseorang, tetapi juga menjaga otot-otot tubuh. Selain itu, kelancaran aliran darah dan kesehatan jantung juga tetap terjaga.


Baca juga : Bukan Pemborosan, Ini Manfaat Self Reward


Sit Up dan Push Up

Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Bahkan bisa dilakukan kapan saja dengan mudah. Meski gerakannya sederhana, kedua jenis olahraga ini diyakini bisa menjaga kesehatan jantung tetap terjaga karena aliran darah menjadi lancar.


Selain itu, seluruh otot di tubuh juga akan terjaga kesehatannya, sehingga membuat tubuh jadi tidak mudah lelah meski harus beraktivitas seharian.


Jaga Asupan saat Sahur dan Berbuka Puasa

Namun, ada satu catatan yang perlu diperhatikan kalau ingin berolahraga saat puasa. Salah satunya menjaga asupan saat sahur dan berbuka dengan menu kaya nutrisi.


Baca juga : 7 Menu Sahur Biar Nggak Gampang Lemas Dan Ngantuk Di Kantor


Seperti kandungan karbohidrat, protein, dan lemak, serta kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.


Peringatan lainnya yang perlu diingat adalah waktu tidur harus cukup. Usahakan mendapat waktu tidur berkualitas berkisar 6 hingga 8 jam. Jika waktu tidur kurang, maka kinerja tubuh juga dapat menurun, sehingga membuat tubuh jadi mudah letih dan lesu.


Menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa sangat penting dilakukan, agar produktivitas kerja dan kewajiban lainnya tetap terjaga. Karena bagaimanapun juga, bekerja merupakan bagian dari ibadah.


Jangan lupa kunjungi website SERA www.sera.astra.co.id serta follow media sosial di instagram @serasiautoraya dan Linkedin Serasi Autoraya untuk mendapatkan info tentang tips karir lainnya dan lowongan kerja terbaru.


383
Tags
SERA