SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Mengenal Warehouse Management System dan Perannya dalam Bisnis Logistik

Apa itu Warehouse Management System?

Industri logistik pastinya tidak semudah apa yang orang lain bayangkan, karena mengatur ribuan barang tentu butuh alur kerja yang teratur dan juga tempat penyimpanan atau gudang yang sesuai standar. Nah, untuk bisa mengatur operasional gudang dengan lancar tentunya dibutuhkan  Warehouse Management System (WMS).

WMS merupakan sistem yang punya peran penting untuk membuat operasional pergudangan berjalan lancar dan sesuai perencanaan. Tujuannya untuk mempermudah pengelolaan barang yang terdapat di dalam gudang sehingga jadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

WMS jadi solusi cerdas untuk memaksimalkan pengelolaan gudang. Sistem ini menghadirkan alur kerja yang terstruktur dan efisien, meningkatkan akurasi data, dan mendorong produktivitas.

WMS juga memungkinkan proses pelacakan barang secara kontinyu terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Bahkan juga dapat melihat status persediaan barang secara real time.

Baca juga: Wacana Sertifikasi Halal Jasa Logistik, Apa Manfaatnya?

Sistem pada WMS memanfaatkan barcode sebagai kode unik untuk melacak setiap item. Sistem ini mengintegrasikan informasi di seluruh cabang, memberikan lokasi dan penempatan barang secara real-time.

5 Keuntungan Warehouse Management System

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan Warehouse Management System. Berikut diantaranya.

1. Kecepatan Handling Proses

Keuntungan pertama yang paling terasa adalah kecepatan handling proses yang mampu meningkat kecepatan proses suatu barang karena dilakukan secara terkomputerisasi yang mana sebelumnya dilakukan secara manual. Penggunaan WMS membuat seluruh transaksi jadi lebih cepat dan akurat.

2. Mudah Mengatur Tempat Penyimpanan

WMS juga mempermudah dalam mengatur lokasi penyimpanan barang yang lebih optimal. Sehingga setiap jumlah barang yang masuk ke gudang akan lebih mudah diatur sistem penyimpanannya.

3. Meminimalisir Pengeluaran

Sistem WMS yang dilakukan secara terkomputerisasi pada dasarnya hanya menggunakan perangkat komputer atau laptop saja, sehingga mempermudah dalam mengolah berbagai data yang berhubungan dengan stok barang di dalam gudang.

Baca juga : Perbedaan Warehouse Dan Logistik Yang Mesti Dipahami

Sehingga hal itu tentu dapat mengurangi ketergantungan pada pemakaian alat yang masih manual. Dengan begitu perusahaan dapat menghemat pengeluaran atau bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

4. Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Karyawan

Performa dan produktivitas karyawan diyakini akan meningkat kalau perusahaan menerapkan sistem manajemen pergudangan yang tepat. Sistem ini mampu memberikan informasi pada karyawan tentang pekerjaan apa yang harus diutamakan saat bertugas.

5. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Sistem manajemen pergudangan yang tepat akan mampu merampingkan setiap proses pemesanan sampai pengiriman barang, karena rangkaian prosesnya saling terintegrasi . Sehingga, perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan tanggal pengiriman kepada pelanggan.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Warehouse Management System yang bisa jadi untuk menambah pemahaman tentang pentingnya manajemen gudang yang baik.

Tapi kalau mau lebih praktis dan efisien dalam proses manajemen gudang, kamu bisa gunakan layanan WMS dari perusahaan logistik terpercaya dengan reputasi dan kredibilitas yang baik juga.

Salah satunya SELOG perusahaan logistik yang merupakan lini bisnis dari PT Serasi Autoraya atau SERA yang telah berpengalaman dan berkecimpung lama dalam industri ini.

Baca juga: Ini 5 Ciri Perusahaan Logistik Yang Baik

SELOG hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda. Mulai dari Contract Logistics, Shipping Services, Shipping Agency, Freight Forwarding, Warehouse and Yard Management, serta Courier Services.

Layanan SELOG juga didukung pengguna teknologi digital terkini yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga efektif dan efisien bagi bisnis pelanggan.

Melalui Astra Fleet Management Solution (FMS), SELOG menyediakan solusi komprehensif dalam pengelolaan kendaraan dan transportasi di Indonesia dengan  berbasis teknologi informasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan SELOG, silahkan mengunjungi halaman berikut https://www.sera.astra.co.id/id/page/35/selog

150
Tags
SELOG