SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Begini Cara Menolak Tawaran Kerja yang Baik dan Profesional

Buat banyak orang, mendapatkan pekerjaan adalah salah satu hal sangat menyenangkan. Apalagi kalau penawaran itu datang dari perusahaan ternama dengan sederet benefit menggiurkan.

Meski begitu, pada kenyataannya ada juga lho orang yang menolak tawaran kerja yang datang kepadanya. Tentu saja mereka juga alasan atas penolakan tersebut.

Misalnya karena gaji nggak sesuai ekspektasi (berdasarkan pengalaman, skill atau kebutuhan finansial), tidak sejalan dengan tujuan karir, atau bisa juga karena lingkungan kerja atau budaya dari perusahaan tersebut.

Tapi, apapun alasannya, menolak tawaran kerja adalah praktik yang lumrah dan wajar di kehidupan profesional. Setelah mengirimkan surat penawaran kerja, HRD perusahaan biasanya akan memberi waktu calon karyawan sekitar 1-3 hari untuk memberi kepastian.

Nah, kalau penawaran yang diterima dirasa kurang cocok, sebaiknya sampaikan penolakan dengan cara yang benar. Berikut beberapa cara menolak tawaran kerja secara baik dan profesional.

Baca juga: Lowongan Kerja Juni 2025 SERA Grup Astra

9 Cara Menolak Tawaran Kerja

1. Segera Beri Jawaban

Kalau kamu sudah mantap untuk menolak tawaran kerja tersebut, segera balas offering letter dan jangan mengabaikannya terlalu lama. Bahkan sebaiknya balas email di hari yang sama agar perusahaan bisa bertindak cepat untuk mencari kandidat lain.

Respon cepat ini menjadi salah satu bentuk profesional sekaligus rasa terima kasih kamu atas penawaran dan kesempatan yang diberikan perusahaan.

2. Ganti Subjek Email

Saat membalas email offering letter tersebut, pastikan kamu mengubah subjek email dengan kalimat yang menggambarkan keputusan. Sebagai contoh: Declining Sales Engineer Offering Letter at Eagle Corporation.

3. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa mengungkapkan rasa terima kasih atas penawaran dan kesempatan yang telah diberikan di bodi email. Contohnya: Thank you for offering me the position of Customer Service with your company. (Terima kasih telah menawarkan saya posisi Customer Service di perusahaan Anda).

4. Sampaikan Hal Positif tentang Perusahaan 

Saat menolak tawaran kerja lewat email, pastikan kamu menyampaikan juga hal yang kamu senangi dari perusahaan tersebut. Selain sebagai bentuk terima kasih, hal ini juga menjadi cara untuk menghargai tawaran yang diberikan sekalipun pada akhirnya kamu tolak.

Baca juga: Tips Jadi Sales Pemula biar Cepat Sukses

5. Tetap Profesional

Saat memberi offering letter, perusahaan tentu berharap kamu bisa menerimanya. Untuk itu, pastikan tetap profesional saat membalas email penolakan tawaran kerja. Hindari penggunaan kata non-formal dan terlalu santai, apalagi dengan kalimat bercanda.

6. Beri Alasan yang Jelas

Apapun alasan kamu menolak tawaran kerja tersebut, sebaiknya tetap sampaikan meski tidak perlu terlalu spesifik. Cukup katakan kalau kamu sudah menerima tawaran di tempat lain, atau menjelaskan kalau tawaran ini kurang sesuai dengan yang kamu harapkan.

Contohnya: I am afraid I must decline the position, because I have accepted a position with another company(Saya terpaksa harus menolak tawaran pekerjaan ini karena telah menerima posisi di perusahaan lain).

7. Jangan Bertele-tele

Cara tepat menolak tawaran kerja adalah dengan langsung ke intinya. Jangan menulis bertele-tele, termasuk saat kamu mengucapkan terima kasih dan hal-hal yang kamu sukai dari perusahaan.

Jangan sampai perusahaan harus membaca tulisan yang panjang tapi hanya sekadar berisi informasi penolakan. Pastikan kamu menyampaikannya dengan sopan dan formal.

8. Jaga Hubungan Baik

Dunia kerja itu kecil, apalagi di sektor atau industri tertentu. Maka, jangan sia-siakan kesempatan untuk menjaga hubungan baik. Sebab ada orang-orang yang melihat penolakan tawaran kerja ini sebagai cara untuk membangun koneksi profesional.

Baca juga: Cara Jawab Alasan Melamar Pekerjaan dan Contohnya

Kamu bisa sedikit berbasa-basi ingin tetap membina komunikasi dengan perusahaan tersebut. Sebagai contoh: It’s been a pleasure getting to know you, and I hope that we cross paths in the future. (Senang bisa mengenal Anda dan saya berharap kita bisa bertemu lagi di masa depan).

9. Cek lagi Sebelum Dikirim

Kamu tentu nggak ingin meninggalkan kesan buruk karena cara penolakan yang ceroboh atau kurang profesional. Jadi sebelum dikirim, baca ulang draft email balasanmu. Pastikan tidak ada typo atau kata-kata yang kurang pas.

Nah, itulah beberapa cara menolak tawaran kerja secara baik dan profesional. Sebelum mengirim lamaran kerja, sebaiknya pastikan dulu perusahaan yang kamu tuju memiliki budaya kerja positif dan prospek karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya, seperti PT Serasi Autoraya atau SERA.

SERA merupakan salah satu perusahaan transportasi dan logistik terbesar di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 22 Maret 1990. Perusahaan yang bernaung di bawah Grup Astra ini, rutin melakukan perekrutan karyawan untuk mengisi formasi atau posisi-posisi tertentu.

Hingga saat ini, SERA masih terus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menduduki sejumlah posisi di perusahaan-perusahaan yang berada di bawah payung bisnisnya.

Informasi lebih jelas tentang lowongan kerja SERA, bisa dilihat di situs resmi www.sera.astra.co.id atau bisa juga mengunjungi tautan berikut https://career.sera.astra.co.id/.

23
Tags
SERA