This site uses cookie, to continue browsing this site means you agree to our cookie policy Find out more here. Use Latest Chrome version for the best experience.
Banyak orang berasumsi kalau bekerja dengan durasi lebih lama menunjukan tingkat kerajinan. Bahkan tidak sedikit yang rela lembur untuk mendapatkan hasil kerja yang lebih maksimal.
Padahal sebenarnya pola kerja seperti itu juga tidak menjamin karyawan menjadi lebih produktif. Malah bisa jadi membuat karyawan kelelahan hingga burnout.
Kalau tidak mau itu terjadi, kamu mesti menerapkan pola kerja cerdas dan efektif. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien. Serta, mencegah pekerjaan menumpuk, terutama saat akan libur panjang.
Agar bisa kerja dengan lebih efektif, pahami terlebih dahulu apa yang harus menjadi prioritas. Ketahui tujuan yang ingin dicapai agar lebih mudah menentukan prioritas pekerjaan.
Baca juga: Karir Terasa Stuck? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya
Kalau tidak, kamu pasti akan kesulitan membedakan mana pekerjaan penting dan tidak. Buat to do list dan selesaikan pekerjaan yang penting lebih dulu.
Konsisten dengan waktu kerja bukan sekadar pulang ke rumah tepat waktu, tapi juga bagaimana cara mengatur waktu bekerja agar setiap tugas bisa bisa selesai sampai tuntas.
Menyelesaikan pekerjaan secara konsisten tidak hanya menunjukan kalau kamu bisa kerja lebih efektif dan efisien, tapi juga untuk menonjolkan integritas yang dimiliki. Tapi konsistensi ini juga mesti didorong kedisiplinan dan fokus yang tinggi.
Banyak orang berpikir bahwa bekerja secara multitasking bisa mempercepat penyelesaian pekerjaan. Padahal itu justru membuat otak manusia kesulitan karena harus melakukan banyak tugas secara bersamaan.
Hal itu bisa terjadi karena kapasitas otak manusia yang terbatas. Makanya kamu tidak akan bisa bekerja dengan fokus, bahkan rentan mengalami kesalahan. Kalaupun kamu bisa, hasilnya pasti tidak akan maksimal.
Jadi meskipun ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, hindari multitasking. Selesaikan pekerjaan satu per satu dengan fokus, sehingga hasilnya lebih maksimal.
Baca juga: 5 Rekomendasi Pekerjaan Gen Z Paling Prospektif
Kamu bisa kerja lebih efektif dan efisien kalau menemukan cara kerja yang nyaman. Misalnya bekerja sambil mendengarkan musik dengan favorit. Kalau sudah begitu, kamu pasti akan lebih nyaman dan fokus menyelesaikan pekerjaan.
Terakhir, jauhi distraksi agar pekerjaan cepat selesai. Misalnya, kalau kamu mudah terdistraksi oleh smartphone, sebaiknya matikan dulu notifikasinya selama jam kerja.
Memang bukan hal yang mudah. Tapi selalu ingat kalau distraksi itu bisa membuat pekerjaan selesai lebih lama. Jadi sebisa mungkin segala hal berpotensi menjadi distraksi.
Jika merasa jenuh, coba istirahat sebentar dengan berjalan kaki atau menyeruput secangkir kopi. Setelah itu, coba fokus lagi dan lanjutkan bekerja.
Itulah beberapa cara agar bisa bekerja lebih efektif dan efisien sehingga pekerjaan bisa cepat selesai dan tidak menumpuk. Tapi pola kerja yang baik tentu juga sedikit banyak dipengaruhi dari lingkungan kerja yang baik juga.
Makanya saat mencari kerja, pastikan perusahaan yang dilamar punya lingkungan kerja positif, serta jenjang karir yang jelas. Pilih perusahaan dengan reputasi dan kredibilitas baik di bidangnya.
Baca juga: Cara Jawab Pertanyaan Kekurangan Diri saat Interview Kerja
Salah satunya sepertiPT Serasi Autoraya (SERA), perusahaan transportasi, logistik dan lelang yang bernaung di bawah Grup Astra.
Sejak berdiri pada 22 Maret 1990, SERA terus berkembang dan membuka kesempatan bagi talenta terbaik untuk bergabung di berbagai posisi strategis.
Kunjungi website SERAwww.sera.astra.co.id serta follow media sosial di instagram@serasiautoraya dan LinkedinSerasi Autoraya untuk mendapatkan berbagai informasi seputar tips karir danlowongan kerja terbaru.