SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Bijak Memilih Balai Lelang Di Tengah Maraknya Penipuan Online

Awas Tertipu Lelang Online Murah! Ini Tips Memilih Balai Lelang Terpercaya


Kegiatan jual beli kendaraan baik mobil atau motor melalui lelang sekarang ini sudah semakin diminati, karena Anda bisa mengikuti lelang online dari mana saja.

Namun semakin populernya lelang kendaraan ini juga diikuti dengan banyak penipuan yang mengatasnamakan balai lelang resmi.

Jadi jangan asal tergiur dengan harga kendaraan lelang yang murah, cek lagi keaslian dari balai lelang yang menawarkan kendaraan tersebut.

Banyak kasus penipuan dengan modus menawarkan mobil lelang dengan harga yang sangat murah. Biasanya diawali dengan pesan singkat melalui SMS, telepon atau juga media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lainnya.


Baca juga : Bisa Menang Lelang Secara Otomatis, Aktifkan Fitur Ini


Sudah banyak yang menjadi korban penipuan ini, pasalnya banyak juga masyarakat yang belum paham tata cara dan prosedur lelang online yang dilakukan di balai lelang resmi.

Itu sebabnya Anda sebaiknya mengikuti tips berikut ini agar tidak tertipu dengan lelang mobil murah.


Tips Aman Ikut Lelang Online


Cek keaslian akun atau profil balai lelang 

Jika Anda dihubungi oleh seseorang yang mengatasnamakan balai lelang terkenal melalui akun media sosial. Paling mudah perhatikan tampilan akun media sosial tersebut, jika memang dari balai lelang resmi seharusnya tidak terdapat tipografi, desain konten atau pengambilan gambar yang buruk. 


Jangan tergiur dengan harga mobil murah 

Korban dari modus penipuan lelang pada umumnya tergiur dengan harga mobil yang sangat murah. Padahal harga lelang tidak akan selalu murah karena penjual atau pemilik barang akan melelang mobilnya sesuai dengan kondisi pasar.

Setiap barang yang dilelang juga akan memiliki nilai limit yaitu harga minimal dari barang yang akan dilelang. Nilai limit ini akan ditetapkan oleh penjual atau pemilik barang. Jadi, kemungkinan besar harga lelang yang terbentuk akan lebih tinggi dari nilai limit yang sudah ditetapkan penjual.


Baca juga : Wajib Tahu, Ini Alasan Kenapa Harga Mobil Bekas di Balai Lelang Bisa Lebih Murah


Cek info rekening untuk pembayaran deposit 

Salah satu syarat mengikuti kegiatan lelang adalah mengirimkan uang jaminan lelang atau deposit untuk memperoleh NPL (Nomor Peserta Lelang). Dana tersebut nantinya akan tetap dikembalikan saat peserta tidak memenangkan lelang yang diikuti.

Agar terhindar dari penipuan, sebaiknya saat membeli NIPL Anda melakukannya secara mandiri tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga. Jangan mudah percaya jika ada seseorang yang menghubungi dan mengaku-ngaku dari balai lelang yang menawarkan jasa pembelian NIPL yang mudah dan murah. 


Cek juga nomor rekening yang digunakan untuk transfer bank 

Setiap balai lelang akan menggunakan nomor rekening instansi untuk menerima dana tersebut. Jika Anda menerima informasi bahwa peserta lelang harus mengirim dana ke nomor pribadi atau individu, maka dapat dipastikan bahwa informasi tersebut merupakan modus penipuan.


Baca juga : Jual Mobil Cepat? Coba Flash Auction di Balai Lelang IBID


Teliti barang yang akan dilelang 

Balai lelang resmi pada umumnya akan memberikan berbagai informasi terkait kegiatan lelang online yang mereka laksanakan. Jadi, untuk mengetahui kebenaran informasi lelang yang diperoleh maka Anda dapat memastikannya dengan membuka website balai lelang tersebut dan membaca pengumuman lelang secara lengkap.

Mulai dari tanggal lelang, jam lelang, kondisi barang yang dilelang, dan lain-lain. Untuk memastikan keberadaan barang lelang, Anda juga bisa mengikuti acara open house yang diadakan oleh balai lelang.

Pada acara ini, peserta akan diberi kesempatan untuk melihat kondisi fisik barang lelang. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kondisi fisik mobil lelang secara mendetail dan memastikan apakah mobil tersebut benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan. 


Pahami prosedur lelang online 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak orang yang menjadi korban penipuan berkedok lelang online karena mereka tidak benar-benar memahami bagaimana prosedur lelang.

Oleh karena itu, tips selanjutnya agar bisa terhindar dari modus penipuan adalah memahami bagaimana prosedur lelang online yang akan Anda ikuti.

Jika ada prosedur yang kurang Anda pahami sebaiknya langsung tanyakan hal tersebut kepada balai pelaksana lelang. Dengan demikian, berbagai informasi yang diperoleh bisa benar-benar valid karena didapat dari sumber yang terpercaya.

Salah satu balai lelang yang terpercaya adalah Balai Lelang Serasi (IBID) yang telah berdiri sejak 2007. Sebagai balai lelang yang bernaung di bawah grup Astra, IBID selalu melakukan berbagai inovasi baik dari segi pelayanan, proses, hingga objek lelang. 


Baca juga : Keunggulan IBID Dibanding Tempat Lelang Lainnya


Apalagi di kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang melakukan segala sesuatu dengan cara online. Ikut lelang di IBID pun semakin mudah dan menguntungkan, daripada ikut lelang di tempat lain. 

Jadi sekarang ini ada banyak pilihan atau banyak cara untuk bisa ikut lelang. Di balai lelang IBID pun sekarang ini juga sudah memudahkan konsumennya dengan teknologi digital melalui lelang online.

Tidak hanya itu, saat ini di IBID Anda juga bisa melakukan titip jual mobil lama dengan metode lelang. Fitur ini namanya Flash Auction yang bisa membuat mobil bekas Anda bisa laku dengan cepat.

Lantas apa bedanya fitur Flash Auction ini dengan metode lelang yang lain di IBID seperti Timed Auction? 

Flash Auction merupakan cara baru lelang online di IBID yang diselenggarakan secara cepat, tidak terikat dengan jadwal lelang manapun. Selain itu, peserta lelang dapat melihat unit melalui Live Streaming dan mengajukan pertanyaan interaktif melalui Live Chat. 

Flash Auction adalah solusi bagi penjual yang ingin mobil bekasnya cepat laku. Sedangkan bagi pembeli, metode ini juga akan membantu Anda menemukan mobil bekas terbaru yang dilelangkan di IBID. Jadi, Anda sudah tidak perlu menunggu jadwal reguler lagi.

Sementara untuk Timed Auction adalah versi terbaru dari lelang online yang diadakan oleh IBID. Berbeda dengan flash auction yang dapat dilakukan melalui website dan aplikasi. Penawaran lelang pada timed auction hanya dapat dilakukan melalui aplikasi IBID saja. 

Jadwal lelang timed auction dan flash auction juga berbeda. Pada umumnya, timed auction memiliki periode lelang lebih panjang yaitu dua hari hingga seminggu. Sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam manajemen waktu dalam mengikuti lelang tipe ini. 

Sementara flash auction memiliki jadwal lelang yang cepat sesuai Namanya, sehingga Anda bisa mendapatkan mobil atau menjual mobil lama dengan lebih cepat. 

Lelang online antara timed auction dan flash auction tidak terlalu berbeda jauh. Untuk jenis NPL yang digunakan juga sama yaitu NPL timed auction. Sedangkan, waktu pelaksanaan timed auction jauh lebih panjang.

Anda bebas menentukan mau ikut tipe lelang yang mana, jika suka persaingan ketat yang menantang dan selesai di hari itu juga, Anda bisa memilih flash auction. Namun, kalau Anda suka persaingan yang santai tidak terlalu mengikat maka sebaiknya menjajal timed auction.

Dengan metode flash auction dan timed auction, Anda bisa ikutan lelang dari mana saja tanpa harus datang ke cabang IBID terdekat. Anda juga bisa mengecek kondisi objek lelang dengan membaca detail di setiap lot yang tersedia. Ayo ikut lelang mobil di IBID sekarang! Kunjungi www.ibid.astra.co.id

3136
Tags
IBID