SERA
SERA
SERA
SERA
SERA
SERA

Menimbang Untung Rugi Beli Mobil Bekas Melalui Lelang

Cari Mobil Bekas di Balai Lelang, Simak Untung Ruginya


Membeli mobil bekas pakai pemilik sebelumnya bisa jadi solusi bagi sebagian masyarakat untuk mendapatkan mobil idaman. Ada sederet alasan yang mendasarinya. Mulai dari anggaran yang terbatas hingga ingin mendapatkan mobil tipe dan model tertentu.

Perburuan mobil bekas tidak hanya dilakukan masyarakat ke dealer atau showroom saja, tetapi juga melalui toko daring atau secara online. Bahkan, yang kini juga tengah marak diikuti adalah dengan mencari mobil bekas di balai lelang.

Minat masyarakat mengikuti lelang semakin meningkat setelah mengetahui proses lelang yang ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi pembeli dalam partai besar saja, tetapi juga perorangan alias ritel. Terlebih, masyarakat semakin paham ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan membeli mobil bekas lewat lelang.


Baca juga : Flash Auction, Metode Spesial Lelang Mobil Yang Wajib Dicoba


Keuntungan Beli Mobil Bekas Lewat Lelang


Harga Lebih Murah

Keuntungan pertama membeli mobil melalui lelang adalah, harganya yang relatif di bawah harga pasaran. Bahkan jika dikalkulasi ulang, selisih harga mobil di balai lelang dengan di showroom bisa mencapai belasan juta rupiah.

Perbedaan yang cukup mencolok antara harga mobil bekas di balai lelang dengan di showroom bisa saja terjadi. Karena kondisi mobil bekas di jual lewat lelang, umumnya merupakan kondisi asli atau apa adanya. Sehingga mobil tersebut belum mendapatkan sentuhan rekondisi atau perbaikan atas kerusakan-kerusakan yang ada.

Namun, itu justru lebih menguntungkan bagi calon pembeli. Karena jadi lebih tahu seperti apa sebenarnya kondisi mobil yang akan di beli. Sehingga tidak perlu ragu akan salah pilih dan merugi. 

Agar lebih adil, penyelenggara lelang akan menawarkan mobil-mobil tersebut berdasar tingkat (grade) kondisinya. Misal yang terbaik akan diberi grade A, menengah grade B, dan paling bawah masuk ke grade C, sebagai dasar penetapan harga dalam proses lelang.


Baca juga : Pakai Cara Ini Agar Auto Menang Di Lelang Mobil


Keaslian Dokumen Mobil

Keuntungan lainnya adalah kepastian dokumen-dokumen yang menjadi legalitas dari mobil yang dilelang. Seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), bahkan faktur kendaraan. Sehingga pembeli tidak akan kesulitan saat ingin melakukan balik nama kepemilikan atas mobil tersebut.

Namun, segala keuntungan itu juga bisa didapat juga tergantung pada kualitas penyelenggara lelangnya. Apakah benar-benar memiliki sistem dan cara kerja yang profesional dan terpercaya atau tidak. Seperti kualitas yang diterapkan balai lelang PT Balai Lelang Serasi atau IBID.

Balai lelang yang juga anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA) yang bernaung dibawah bendera Grup Astra ini dikenal memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik di Indonesia. IBID juga menawarkan proses yang mudah, baik dalam penawaran (bidding) harga maupun proses administrasi setelah lelang selesai dijalani.


Baca juga : Tips Aman Ikuti Lelang Online Agar Anda Tidak Tertipu


Selain metode offline, balai lelang yang telah hadir sejak 2007 ini juga punya metode lelang online untuk kemudahan proses lelang bagi pesertanya. Caranya dengan mengikuti Live Auction lewat aplikasi IBID yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Salah satu keunggulan metode Live Auction IBID adalah fitur Auto Bid. Dimana peserta dapat mengajukan penawaran yang lebih teratur dan terukur.

Dengan fitur ini juga, peserta bisa mengontrol diri karena telah menetapkan batas maksimal bidding dan besaran nominal harga setiap kali mengajukan bidding. Sehingga cukup memantau jalannya proses lelang lewat layar smartphone.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Caranya nyalakan fitur Auto BID yang tersedia pada aplikasi, lalu masukkan nominal tertinggi untuk setiap penawaran dan batas maksimal total harga yang diinginkan untuk mobil yang dilelang tersebut.

Dengan demikian, peserta bisa mengajukan bidding dari mana saja tanpa harus ke lokasi. Bahkan bisa sambil melakukan aktivitas lain tanpa harus meninggalkannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi https://www.ibid.astra.co.id/

2127
Tags
IBID